7 Tips Efektif Belajar Bahasa Inggris untuk Pemula

Tips & Trik, 15 Sep 2022

Bahasa Inggris bisa disebut sebagai bahasa universal. Di era globalisasi, memiliki kemampuan bahasa Inggris sudah menjadi keharusan karena akan sangat bermanfaat untuk memperluas wawasan maupun karier. Tidak heran mengapa saat ini banyak masyarakat Indonesia yang mencari penyedia layanan kursus belajar bahasa Inggris untuk pemula.

Ketika mulai belajar bahasa asing, sebagian besar orang menyerah sebelum mahir. Belajar bahasa Inggris untuk pemula memang tidak mudah, tapi kalau kamu tahu cara yang efektif untuk mempelajarinya, menguasai bahasa Inggris pasti menjadi lebih mudah. Apa saja tipsnya? Simak detailnya berikut ini, ya!

1. Pelajari dan Pahami Tenses

Tahapan pertama belajar bahasa Inggris untuk pemula yang harus kamu lakukan adalah dengan mempelajari tata bahasa. Kamu bisa mempelajarinya dari yang paling sederhana terlebih dahulu, yaitu tenses.

Kalau keperluan belajar bahasa Inggris kamu cuma untuk urusan informal, mempelajari tata bahasa sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan. Namun, perlu diketahui juga bahwa penguasaan tata bahasa yang baik dan benar akan sangat bermanfaat kalau kamu memiliki tujuan untuk mengikuti tes formal seperti TOEFL, IELTS dan lain-lain. Ada tiga jenis utama tenses yang harus kamu ketahui, yaitu present tenses, future tenses, dan past tenses

2. Perkaya Kosakata

Setelah menguasai tenses, kamu bisa lanjut belajar bahasa Inggris dengan memperkaya kosakata kamu. Tidak perlu ribet, kamu bisa melakukannya semudah mencatat kata bahasa Inggris yang kamu temukan di buku dan tidak diketahui artinya, atau mencari tahu arti lirik lagu-lagu terkenal, maupun memperhatikan dialog dan subtitle film yang kamu tonton.

3. Pakai Alat Bantu Visual

Hanya mengandalkan membaca mungkin akan membuat kamu cepat jenuh dalam belajar bahasa Inggris. Tapi tenang saja, ada satu tips efektif belajar bahasa Inggris untuk pemula, yaitu dengan memanfaatkan berbagai alat bantu visual seperti poster maupun yang paling tren saat ini, flashcard.

Flashcard adalah kartu yang berisi kata-kata tertentu dalam suatu kategori. Misalnya, flashcard tentang binatang, warna, atau makanan. Belajar bahasa Inggris dengan cara seperti ini sudah terbukti ampuh untuk memperkaya kosa kata karena kata-kata diulang terus menerus. Tidak perlu khawatir, kamu juga bisa bikin sendiri flashcard versimu. Kalau tidak mau ribet, kamu bisa juga menemukan banyak flashcard dengan gambar menarik di toko online.

           Baca juga: 7 Manfaat Penting Kursus Bahasa Inggris

4. Dengarkan Musik atau Menonton Film

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, mendengarkan musik atau menonton film bisa membantu kamu dalam menguasai lebih banyak kosa kata. Hal ini terjadi karena kamu akan lebih enjoy dalam mempelajarinya sehingga penguasaan kosakata menjadi lebih mudah diingat sekaligus dilafalkan.

5. Biasakan Membaca Teks Inggris 

Bisa karena terbiasa; ungkapan ini selalu relevan ketika kamu sedang mempelajari suatu hal baru. Nah, begitu juga ketika mempelajari bahasa Inggris. Agar bisa lebih mudah mengerti dan fasih melafalkan kata-kata dalam bahasa Inggris, kamu harus membiasakan diri untuk membaca berbagai teks dalam bahasa asing tersebut.

Di era digital saat ini, tidak susah, kok, untuk bisa menemukan bacaan berbahasa Inggris. Kamu bisa menemukannya di platform berita, e-book, novel, komik, dan masih banyak lagi yang lainnya.

6. Dengarkan Podcast Bahasa Inggris

Kalau membaca bisa memperkaya kosa kata, mendengarkan podcast akan meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Inggris kamu. Melalui podcast, kamu akan langsung mendapatkan contoh mengenai bagaimana seharusnya sebuah kata dalam bahasa Inggris dilafalkan. Jika terus-menerus diulang, hal tersebut akan membuatmu semakin fasih dalam melafalkan kosakata bahasa Inggris.

7. Ikut Kursus Bahasa Inggris

Dari semua cara efektif di atas, cara terbaik belajar bahasa Inggris untuk pemula adalah dengan mengikuti kursus karena selain mendapatkan teori, kamu juga bisa praktik langsung sesuai standar internasional. Bahkan kamu juga akan mendapatkan bimbingan dan feedback langsung dari mentor. Dengan begitu, pembelajaran bahasa Inggris kamu akan menjadi lebih terstruktur dan tidak buang-buang waktu.

Namun, tidak semua kursus bahasa Inggris menyediakan fasilitas yang demikian, hanya layanan kursus bahasa Inggris profesional seperti Schoters yang bisa menyediakannya. Meskipun kemampuan bahasa Inggris kamu masih nol, tidak perlu khawatir karena Schoters menyediakan tutor berpengalaman yang akan memandu kamu hingga bisa benar-benar mahir. 

            Baca juga: Serba-serbi Tes IELTS untuk Persiapan Beasiswa dan Pekerjaan

Rekomendasi Kursus Bahasa Inggris Terpercaya

Walaupun butuh waktu dan cukup menantang, menguasai bahasa Inggris sama sekali tidak mustahil dilakukan. Kamu bisa memulainya dengan menerapkan tips belajar bahasa Inggris untuk pemula seperti yang disebutkan di atas. 

Agar hasil belajarnya maksimal, kamu bisa ikut kursus bahasa Inggris yang berkualitas baik seperti Schoters. Apa pun keperluanmu, baik untuk kuliah di luar negeri, tes TOEFL atau IELTS, hingga kebutuhan bisnis, tersedia kelas bahasa Inggris yang tepat untukmu di Schoters. 

Jika Hunters tertarik dengan kursus bahasa Inggris atau bahasa asing lainnya di Schoters, silakan klik di sini

belajar bahasa inggris untuk pemula