Mulai Langkah Karier ke Luar Negeri dengan BFD Jerman!

BFD Jerman adalah program kerja di luar negeri sebagai volunteer bagi generasi muda untuk berkontribusi pada kegiatan di sektor sosial, terutama untuk pendaftar dengan usia lebih dari 27 tahun sampai 45 tahun. Kegiatan sukarelawan ini akan berlangsung selama beberapa bulan di Jerman. Simak berbagai informasi lengkap yang wajib diketahui untuk bisa mengikuti BFD Jerman.

 

A. Hal-hal yang dilakukan saat BFD Jerman 

BFD adalah pendidikan sosial di lokasi tertentu atau di kalangan masyarakat. Saat BFD Jerman, Hunters akan banyak terlibat dalam kegiatan sosial, seperti melakukan kegiatan di panti jompo, rumah sakit, fasilitas orang cacat, kantor pelestarian cagar budaya, asosiasi olahraga, pusat penitipan anak, layanan medis atau penyelamatan, gereja, situs bersejarah, museum, klub budaya, arsip, klub remaja, sekolah, hingga pemadam kebakaran remaja dan layanan sosial rawat jalan.

 

Jam kerja selama penugasan bergantung pada lokasi penugasan. Bisa saja mengikuti peraturan Arbeitszeit Verordnung tentang jam kerja, bisa juga ditentukan berdasarkan kesepakatan publik. Disamping itu, Hunters juga akan mengikuti pelatihan atau workshop dan mendapatkan asuransi sosial, seperti asuransi kesehatan dan asuransi perawatan jangka panjang.

 

B. Gaji program BFD Jerman

Gaji yang didapat selama mengikuti BFD Jerman adalah sekitar €700 hingga €800 per bulan, bergantung pada tempat penugasan. Selain itu, Hunters juga akan mendapatkan konsumsi, akomodasi, dan penggantian biaya perjalanan.

 

C. Persyaratan melamar BFD Jerman 

Persyaratan utama jika ingin melamar BSD Jerman adalah mampu menguasai bahasa Jerman hingga tingkat B1. Belajar bahasa Jerman menjadi hal utama karena pada proses wawancara dengan pihak perusahaan dan pembuatan visa wajib menggunakan bahasa Jerman. Jika Hunters sudah menguasai bahasa Jerman di tingkat B1 maka selanjutnya adalah mempersiapkan kebutuhan dokumen.

 

D. Persiapan dokumen yang dibutuhkan 

1. Sertifikat lulus ujian bahasa Jerman minimal tingkat A2.

2. Motivation letter dalam bahasa Jerman.

3. Curriculum Vitae dalam bahasa Jerman.

4. Surat lamaran kerja dalam bahasa Jerman.

5. Ijazah pendidikan terakhir dan transkrip nilai yang diterjemahkan dalam bahasa Jerman oleh penerjemah tersumpah.

6. Jika telah diterima BFD, maka akan diberikan kontrak kerja BFD sebagai syarat pembuatan visa.

 

Baca Juga : Cari Tahu Juga Informasi program Aupair Jerman!

 

Rekomendasi bimbingan persiapan kerja BFD Jerman

Ingin lolos program BFD Jerman? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan daftar kerja di luar negerimu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan kerja di luar negeri? Cek program Work Abroad Academy dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.