Biaya Hidup di Australia: Panduan & Tips Hemat untuk Pelajar

Biaya hidup di Australia menjadi pertanyaan bagi pelajar-pelajar yang ingin melanjutkan pendidikan ke Australia. Pada artikel ini akan dibahas fakta berkuliah di Australia serta biaya hidup dan biaya kuliah selama di Australia.

Fakta berkuliah di Australia

Jika Hunters ingin melanjutkan kuliah di Australia, ada banyak universitas terbaik dengan menawarkan pelayanan untuk pelajar internasional seperti akademik, perlindungan konsumen, dan belajar bahasa Inggris.

Program studi yang disediakan juga banyak, tentunya pelajar internasional yang berkuliah di Australia dapat memilih perguruan tinggi negeri atau universitas yang diinginkan.

Selain itu, peluang untuk mendapatkan pekerjaan setelah lulus kuliah sangat mudah. Mahasiswa juga diperbolehkan untuk menempuh kuliah sambil bekerja dalam waktu 40 jam tiap dua minggunya.

Pemerintah Australia memperbolehkan para alumninya secara temporer untuk bekerja dengan menyediakan Temporary Graduate Visa untuk lulusan doktoral, master, dan sarjana. Hal ini dilakukan untuk mengurangi tingkat pengangguran dan perekonomian di Australia menjadi meningkat.

 

Baca Juga: Ini Dia 3 Jalur Agar Dapat Berkuliah Gratis di Australia dengan Beasiswa

 

Biaya hidup di Australia

Hidup dan tinggal di Australia tentu saja membutuhkan tempat tinggal yang nyaman dan aman. Hunters juga perlu mengetahui biaya yang akan dikeluarkan sebelum tinggal di negara ini.

1. Biaya rata-rata

Rata – rata orang yang tinggal di Australia mengeluarkan biaya hidup sebesar 1500-2500 AUD/bulan atau setara dengan Rp14.957.250 hingga Rp24.928.750 per bulan.

Jika kamu ingin tinggal di kota – kota besar, seperti Sydney biaya hidupnya sekitar 1900 AUD / Rp20.000.000 per bulan. Biaya hidup bervariasi yang tergantung daerah tempat tinggal dan gaya hidup.Menyewa tempat tinggal di Australia akan dihitung perminggu.

2. Akomodasi kampus

Biasanya, untuk mahasiswa, akomodasi yang populer adalah akomodasi kampus. Biaya akomodasi dari kampus sangat membantu para mahasiswa karena lebih hemat dan bisa bertemu dengan teman – teman. Tarif yang disediakan oleh kampus sebesar $AUD 90 hingga $AUD 280 per minggu.

3. Biaya makan dan minum

Tidak hanya menyewa tempat tinggal, kebutuhan akan bahan makanan sangatlah penting. Disarankan memiliki budget sebesar $AUD 280 per minggu atau $AUD 1120 tiap bulannya.

Namun, jika kamu pintar memasak tentu saja bisa menghemat pengeluaran dan bisa makan sepuasnya yang kamu mau. Sedangkan untuk minuman, perlu mengeluarkan uang $AUD 1,45 atau Rp15.000 untuk membeli susu se-liter.

4. Biaya transportasi

Selain tempat tinggal dan makanan, hal yang tidak kalah penting adalah transportasi. Bagi mahasiswa dengan jarak kampus yang dekat maka tidak memerlukan transportasi, hanya saja berjalan kaki menuju kampus atau pusat perbelanjaan.

Tetapi, ketika jarak tempat tinggal ke kampus cukup jauh, maka disarankan untuk membeli tiket yang dapat digunakan selama sebulan. Tiket bus atau kereta sekali jalan berkisar 2 hingga 4 dollar. Sedangkan tiket transportasi bulanan berkisar $AUD 145 atau Rp1.450.000.

Pengeluaran biaya hidup di Australia tergantung bagaimana cara Hunters hidup dan pengeluaran yang tidak terlalu penting.

Untuk memilih tempat tinggal dan menghemat pengeluaran, jika kamu berusia 18 tahun dapat mengambil homestay yang sudah mencangkup makan pagi dan malam, listrik, dan air. Untuk menambah uang saku dan menghemat pengeluaran, kamu dapat mencari pekerjaan part time di daerah sekitar.

 

Baca Juga: Daftar 10 Universitas yang Perlu Kamu Ketahui Jika Ingin Berkuliah di Australia

 

Biaya kuliah di Australia

Setelah membahas biaya hidup di Australia, kini Schoters akan membahas biaya kuliah di negara ini. Biaya kuliah di negara ini dihitung per mata kuliah dalam artian tergantung jumlah mata kuliah yang diambil.

1. Sarjana (S1)

Biaya kuliah untuk S1 umumnya memiliki rata – rata per tahun sebesar $AUD 30.000.

Jurusan kedokteran hewan dan kedokteran, akan memiliki nominal yang lebih tinggi. Biaya kuliah untuk program Pascasarjana, rata – rata pelajar internasional akan dikenakan biaya sekitar $AUD 20.000 – 37.000 per tahun.

2. Pascasarjana

Tingkat mahasiswa Pascasarjana memiliki program beasiswa, program pendanaan, dan hibah penelitian yang biasanya ditawarkan oleh Universitas.

Namun, untuk mendapatkan salah satu program tersebut, Hunters disarankan meneliti penelitian mereka secara menyeluruh dan mengajukan permohonan bantuan keuangan.

 

Rekomendasi bimbingan persiapan lolos Universitas di Australia

Ingin daftar Universitas di Australia? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan daftar universitasmu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan masuk Universitas di Australia? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

Banner CTA K2- Schoters (Feb 27, 2023 11:04 AM)