Cari Tahu Biaya Hidup di Turki untuk Mahasiswa

Kuliah di Luar Negeri, 20 Okt 2022

Kuliah di luar negeri merupakan impian banyak orang. Akan tetapi, untuk bisa kuliah di luar negeri tidaklah mudah, selain perbedaan bahasa dan budaya, biaya juga menjadi salah satu pertimbangan penting. Nah apakah Hunters tahu, bahwa biaya hidup di Turki termasuk kedalam biaya yang cukup terjangkau?

Negara Turki yang merupakan salah satu tujuan liburan terfavorit, karena banyak tempat wisata yang menarik seperti Masjid Biru, Cappadocia, Istana Topkapi, Hagia Sophia, dan lainnya. Selain itu, ada beberapa alasan mengapa Hunters bisa menjadikan Turki sebagai negara untuk melanjutkan studi. Salah satunya karena Turki memiliki universitas dengan kualitas pendidikan Eropa, dan salah satu negara yang aman dengan tingkat kriminalitas yang rendah sehingga nyaman untuk menuntut ilmu.

Jika Hunters melihat Turki sebagai tujuan potensial untuk menempuh pendidikan, sebaiknya terlebih dahulu mengetahui biaya apa saja yang dibutuhkan. Supaya dapat mempersiapkan rencana keuangan dengan baik dan tepat, berikut beberapa rincian biaya hidup di Turki, mulai dari tempat tinggal sampai dengan biaya kuliah.

1. Tempat Tinggal

Ada berbagai pilihan untuk tempat tinggal di Turki. Asrama menjadi pilihan yang tepat bagi kamu yang ingin menempuh pendidikan. Selain mengurangi biaya transportasi, tinggal di asrama juga mengurangi biaya makan dan utilitas. Biaya bulanan di asrama sendiri berkisar antara TRY 300–TRY 500, biasanya untuk dua orang.

2. Tagihan Utilitas

Tagihan ini harus Hunters bayar tiap bulannya, sudah termasuk listrik, gas dan air. Rata-rata tagihan listrik mencapai TRY 120 per bulan, sedangkan air sekitar TRY 60, dan untuk gas mencapai TRY 200–TRY 400 karena digunakan sebagai pemanas ruangan di musim dingin (di luar musim dingin, hanya berkisar TRY 40– RY 50 per bulannya).

3. Makan dan Minum

Jika Hunters tinggal di asrama, biaya makan yang dikeluarkan hanya sekitar TRY 300 per bulan. Akan tetapi, jika tinggal di apartemen atau di luar asrama, kamu setidaknya membutuhkan TRY 600 per bulan.

           Baca Juga: 4 Beasiswa Turki Gratis untuk Pelajar

4. Transportasi

Bagi Hunters yang tinggal di asrama, tidak perlu lagi mengeluarkan biaya untuk transportasi. Namun, jika ingin berpergian ke tempat lain, kamu bisa menyediakan kartu bulanan untuk bus dengan nominal TRY 60 per bulan.

5. Komunikasi

Biaya komunikasi rata–rata TRY 50 per bulan untuk paket data, sementara jika menggunakan wifi akan ada biaya tambahan sebesar TRY 90 per bulan.

6. Biaya Kuliah

Biaya kuliah di Turki tidak terlalu tinggi seperti negara Eropa lainnya. Satu semesternya universitas negeri, cukup membayar 1.700 lira hingga 10.700 lira, atau jika dikonversi kedalam rupiah sekitar 1.500.000 sampai 10.000.000 tergantung jurusan dan kampus yang dipilih. Sedangkan untuk universitas swasta di Turki, per-semesternya berada di kisaran 3.500 lira sampai 14.000 lira, atau jika di rupiahkan sekitar 3.000.000 sampai 12.000.000.

Oh iya, negara Turki juga memberikan beasiswa untuk pelajar internasional yang ingin menempuh pendidikan disana lho! Ada dua jalur yang sangat mudah diakses, yaitu jalur beasiswa Turkiye Burslari Scholarship (YTB) dan jalur Turkiye Diyanet Vakfi (TDV).

Beasiswa Turkiye Burslari adalah beasiswa fully-funded untuk program S-1, S-2, S-3, penelitian, dan program bahasa Turki untuk mahasiswa internasional. Sementara, beasiswa Turkiye Diyanet Vakfı merupakan program beasiswa yang ditawarkan oleh Turkiye Diyanet Foundation, kepada pelajar internasional untuk melanjutkan studi S-1, S-2, S-3, yang memiliki batasan jurusan, yaitu hanya untuk jurusan Islamic Theology atau Ilahiyah. Penerima beasiswa ini hanya diperbolehkan untuk kuliah di universitas yang telah ditentukan oleh pihak TDV.

Bagaimana, tertarik untuk kuliah di Turki? Persiapkan dirimu untuk beasiswa Turkiye Burslari tahun depan ya!

           Baca Juga: Jangan Kelewatan! Barang yang Wajib Dibawa Saat Kuliah ke Turki

Siap Mendaftar Beasiswa Impianmu?

Masih ragu atau sudah yakin bisa menaklukkan beasiswa incaran kamu? Konsultasikan keraguan kamu kepada konsultan experts Schoters

Ingin mendapatkan program bimbingan persiapan beasiswa yang paling tepat untuk kamu? Dapatkan program terbaik di sini.

biaya kuliah di turki