Biaya Kuliah di Australia dan Beasiswa Pelajar Indonesia

, 13 Jan 2023

Hai Hunters! Sudah sampai mana nih persiapan kamu untuk melanjutkan studimu di Australia? Tapi selain persiapan berkas dan beasiswanya, biaya kuliah di Australia dan pengeluaran sehari-harinya harus menjadi bagian dari persiapan kamu loh. Berikut rincian biaya kuliah di Australia yang bisa kamu jadikan acuan!

Kenapa Australia?

Sebelum lanjut ke pembahasan biaya kuliah di Australia, kenapa sih kamu harus melanjutkan kuliah di Australia? Berikut beberapa alasan yang bisa kamu pertimbangkan.

Lingkungan Belajar dan Komunitas Budaya yang Beragam

Seperti yang kita ketahui, beberapa universitas di Australia merupakan kampus terbaik di dunia.Sehingga lingkungan belajar yang akan kamu temui akan semakin menunjang proses belajar kamu, terlebih Australia sudah sangat terbuka dengan pelajar internasional. Selain itu kamu juga akan menemukan berbagai komunitas budaya di sini.

Kesempatan Bekerja untuk Pelajar Internasional

Di Australia, para mahasiswa internasional diperbolehkan untuk bekerja 20 jam lebih per minggunya sembari bersekolah. Hal ini bisa menjadi kesempatan kamu untuk memperbanyak pengalaman dan ilmu selama tinggal di Australia.

Biaya Kuliah di Australia

Dibandingkan Inggris dan Amerika Serikat, biaya kuliah di Australia cenderung lebih rendah. Begitu pula dengan biaya kebutuhan sehari-harinya. Terlebih, sebagai mahasiswa internasional kamu diperbolehkan untuk bekerja part-time.  

Biaya Kuliah di Australia pada Universitas Terbaik

Biaya kuliah di Australia sendiri memang sangat tergantung pada dimana kamu tinggal dan bersekolah. Berikut kisaran biaya kuliah di Australia pada beberapa universitas terbaiknya.

University of Queensland

Rp319.088.000/tahun

University of Sydney

Rp368.945.000/tahun

Australia National University

Rp368.945.500/tahun

Tentunya, biaya rincian di atas bisa berubah dan menyesuaikan dengan jurusan apa yang kamu pilih ya. Untuk informasi lebih akurat kamu bisa melihat situs resmi universitas dan bidang studi tujuanmu.

Universitas dengan Biaya Kuliah di Australia yang Paling Terjangkau

Selain list di atas, beberapa universitas di bawah ini menawarkan biaya kuliah di Australia yang cukup terjangkau. Berikut rincian biayanya.

Victoria University

Rp219.373.000/tahun

University of New England

Rp179.487.000/tahun

University of Wollongong

Rp159.544.000/tahun

IPAG Business School

Rp149.572.500/tahun

Apakah ada universitas tujuanmu di atas?

Perbandingan Biaya Hidup di Kota-Kota Australia

Seperti yang disampaikan di atas, biaya hidup di Australia tergantung pada dimana kamu tinggal. Selain biaya kuliah di Australia di atas, berikut beberapa kisaran pengeluaran di beberapa kota di Australia per bulan.

 

Apartemen

Transportasi

Internet

Melbourne

Rp 14 juta

Rp 1,5 juta

Rp763.000

Sydney

Rp 20,4 juta

Rp 2,1 juta

Rp725.000

Perth

Rp11,2 juta

Rp1,38 juta

Rp792.000

Canberra

Rp 14,5 juta

Rp980.000

Rp847.000

Adelaide

Rp 11,4 juta

Rp 1 juta

Rp845.000

Brisbane

Rp 13,7 juta

Rp 1,6 juta

Rp786.000

Darwin

Rp 13 juta

Rp845.000

Rp755.000

Hobart

Rp 12 juta

Rp423.000

Rp698.000

Berikut adalah kisaran pengeluaran per bulan untuk beberapa kota di Australia. Transportasi di atas adalah kartu langganan untuk kendaraan umum ya Hunters. Sedangkan untuk biaya makanan sendiri bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing ya.  

Beasiswa Pelajar Indonesia di Australia

Selain kamu bisa kuliah sambil bekerja, kamu juga bisa mendaftar beberapa beasiswa berikut untuk meringankan biaya kuliah di Australia. Berikut beberapa program yang bisa kamu coba. 

Australia Awards Scholarship (AAS)

Australia Awards Scholarship adalah salah satu beasiswa bergengsi yang menjadi banyak tujuan bagi mahasiswa internasional. Beasiswa ini berlaku bagi jenjang S2 dan S3. Manfaat yang bisa kamu dapatkan sebagai awardee adalah DPT, tiket pesawat, visa, uang saku, biaya kuliah, asuransi kesehatan, hingga dukungan akademis tambahan. Namu 

Australia Government Research Training Program

Seperti namanya, beasiswa dibuka oleh pemerintah Australia melalui seluruh perguruan tinggi untuk mahasiswa yang ingin belajar di jenjang S2 dan S3 melalui jalur penelitian atau HDR (Higher Degree by Research). Kamu bisa mendapatkan informasi lanjutan mengenai beasiswa ini melalui websitenya di sini

Edith Cowan University (ECU)

Beasiswa lain yang bisa menjadi penunjang biaya kuliah di Australia kamu adalah ECU. Beasiswa ini diberikan oleh perguruan tinggi di Western Australia untuk jenjang S1, S2 dan S3. Fasilitas yang bisa kamu dapatkan antara lain biaya kuliah di Australia selama 4 tahun, biaya hidup, asuransi kesehatan, dan biaya pembuatan visa. 

Berikut beberapa informasi mengenai biaya kuliah di Australia yang bisa membantu Hunters untuk merencanakan rencana pendidikannya. Untuk konsultasi lebih lanjut, klik link di bawah ini!



Artikel Lainnya