Rincian Biaya Hidup & Biaya Kuliah di Taiwan Untuk Mahasiswa Abroad

Selain persiapan esai dan dokumen lain, perencanaan keuangan juga penting untuk bisa survive ketika kuliah ke luar negeri. Terlebih jika Hunters masih asing dengan negara dan budaya di sana. Berikut informasi tentang kuliah dan biaya hidup Taiwan!

Overview Kuliah di Taiwan

Secara garis besar, lingkungan akademik di Taiwan cukup kompetitif dan berfokus pada kualitas akademik. Hunters akan diminta untuk terus aktif di kelas maupun projek-projek kelas. Namun karena sistem pendidikannya yang kompetitif, Hunters akan mendapatkan kualitas pendidikan terbaik, akses teknologi terbaru dan jaringan profesional yang kuat. Oleh karena itu, banyak lulusan dari Taiwan yang diakui di dunia internasional.

Sedangkan untuk budaya di Taiwan sendiri cenderung dinamis dan beragam. Selain budaya, Hunters juga bisa explore kuliner Taiwan yang terkenal dengan rasanya yang enak.

Baca Juga: Lihat 5 Daftar Beasiswa untuk Studi ke Taiwan

Biaya Hidup di Taiwan

Sebenarnya biaya hidup di Taiwan cenderung lebih mudah daripada negara-negara seperti Amerika Serikat, Jepang atau Korea Selatan. Namun biaya yang Hunters temukan di bawah merupakan angka perkiraan, ya. Perkiraan biaya hidup di Taiwan di bawah ini bisa berubah tergantung lokasi, gaya hidup dan preferensi pribadi.

Akomodasi

Biaya hidup di Taiwan untuk sewa apartemen dengan 1 kamar tidur di Taipei atau Kaohsiung berkisar anatara 10.000 hingga 20.000 NTD per bulan. Namun jika Hunters tidak masalah dengan tinggal di kota-kota yang lebih kecil, maka biaya sewa apartemen akan dapat lebih murah.

Transportasi

Biaya hidup di Taiwan untuk transportasi bisa menggunakan MRT, bus, dan kereta api yang lebih terjangkau. Harga tiket MRT bisa dimulai dari angka 20 NTD (tergantung jarak). Sedangkan bagi Hunters yang ingin lebih menghemat bisa menyewa sepeda yang tersebar di kota.

Makanan

Biaya hidup di Taiwan untuk konsumsi dan makanan tergantung dengan warung, restoran atau preferensi makanan Hunters masing-masing. Biasanya “Warteg” di sana berkisar antara 50 NTD sedangkan rumah makan sekelas restoran bisa mencapai 500 NTD. Namun, jika Hunters pintar-pintar mencari tempat makan atau sering masak, biaya di atas bisa dikurangi.

Pengeluaran Sehari-Hari

Biaya hidup di Taiwan seperti listrik, air dan internet relatif terjangkau. Listrik dan air dengan pemakaian normal dan untuk rumah tangga berkisar 1.000 hingga 2.000 NTD. Biaya internet sebesar 500 hingga 1.000 NTD. 

Kesehatan

Biaya hidup di Taiwan untuk kesehatan dan obat-obatan juga terjangkau. Biaya konsultasi dokter umum di klinik atau rumah sakit berkisar 300 hingga 500 NTD. Namun jika Hunters sudah memiliki asuransi kesehatan luar negeri, maka akan lebih baik. Biaya asuransi kesehatan di Taiwan sendiri berkisar antara 5.000 hingga 6.000.

Baca Juga: Inilah 10 Universitas di Taiwan yang Masuk ke Dalam Top Global

Biaya Kuliah di Taiwan

Sedangkan untuk biaya kuliah di Taiwan sendiri sangat bergantung dengan program studi dan universitas yang Hunters pilih. Biaya kuliah di Taiwan untuk jenjang S1 universitas negeri berkisar antara 30.000 hingga 40.000 NTD. Sedangkan biaya kuliah di Taiwan untuk program S2 universitas negeri bekisar antara 60.000 NTD.

Rekomendasi Bimbingan Persiapan Lolos Universitas di Taiwan

Ingin lolos Universitas di Taiwan? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan daftar universitasmu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan dapat Universitas di Taiwan? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

Banner CTA K2- Schoters (Feb 27, 2023 11:04 AM)