fbpx

Cek Biaya Kuliah di Turki, Ternyata Murah Loh!

Artikel Pilihan, Fakta Menarik

Scholarship Hunters, pasti banyak yang beranggapan bahwa kuliah di luar negeri itu mahal, baik dari segi biaya kuliahnya maupun biaya hidupnya. Eits, tapi jangan salah kira dulu karena ada nih negara yang biaya kuliahnya murah dan kualitas pendidikannya juga kelas dunia, yaitu negara Turki. Biaya kuliah di Turki gak jauh beda dengan biaya kuliah di Indonesia, bahkan ada beberapa kampus yang biayanya lebih murah dari kampus di Indonesia. Selain itu, biaya hidup seperti uang makan dan akomodasi tempat tinggal juga tidak begitu mahal dibanding negara-negara lainnya. Penasaran berapa rincian biayanya? Yuk kita lihat di bawah ini.

Biaya Kuliah

Seperti halnya di Indonesia, biaya kuliah di universitas negeri Turki lebih murah dibandingkan universitas swasta Turki. Untuk biayanya pun beragam dan biasanya jika kamu kuliah menggunakan bahasa Turki, biayanya akan lebih murah dibanding kuliah dengan bahasa pengantar bahasa Inggris

Biaya kuliah di Turki dengan bahasa pengantar Turki kurang lebih sekitar 300 sampai 600 dolar Amerika atau setara dengan 4,5 juta sampai 9 juta rupiah per semesternya. Jumlah tersebut berlaku untuk mahasiswa internasional termasuk Indonesia ya.

Bagi kamu yang ingin mengambil jurusan dengan bahasa pengantar Inggris, biasanya  biaya kuliahnya akan lebih mahal, yakni sekitar 600 sampai 1.500 dolar atau setara denga 9 juta sampai 20 juta ya. Tenang saja, biaya yang tercantum di atas ini biaya kuliah jika kamu bayar sendiri kok. Di Turki tersedia berbagai macam beasiswa, baik beasiswa dari universitas yang kamu daftarkan (biasanya berupa diskon) atau beasiswa dari pemerintah Turki.

Baca juga: Kuliah di Turki dengan beasiswa Turkiye Burslari

Biaya Hidup

Untuk biaya hidup di Turki, jumlahnya beragam tergantung kota kamu tinggal atau berapa tanggunganmu. Tapi tenang saja, biaya hidup di Turki sama seperti biaya kuliah di Turki yang cukup murah atau terjangkau. Seorang mahasiswa internasional rata-rata menghabiskan sekitar 300-400 USD per bulan atau setara dengan 4 juta sampai 6 juta per bulannya untuk biaya rumah, hiburan, transportasi umum, dan telepon. Biaya buku dan administrasi lainnya di kampus sekitar $100 per semester atau 1,5 juta rupiah.

Untuk rincian harga tempat tinggal dan makanan di Istanbul, kurang lebih seperti ini:

  • Sewa bulanan (apartemen 1 kamar tidur): 1400 TL (2,4 juta rupiah)
  • Utilitas seperti wifi dan pulsa (rata-rata bulanan): 500TL (850 ribu rupiah)
  • Tiket transportasi umum bulanan: 275 TL (450 ribu rupiah)
  • Makanan (restoran murah): 30 TL (50 ribu rupiah)
  • Kopi: 15 TL (25 ribu rupiah)
  • Susu (1 liter): 6 TL (11 ribu rupiah)
  • Sayuran (1kg): 3 TL ( 3 ribu rupiah)
  • Telur (lusin): 13 TL (22 ribu rupiah)
  • Air (1,5 liter botol): 2,30 TL (4 ribu rupiah)
  • Daging Sapi (1kg): 70 TL (117 ribu rupiah )
  • Roti: 3,10 TL (5 ribu rupiah)

Persiapkan dirimu untuk mendaftar beasiswa di Turki yuk! Expert di Schoters siap membantumu. Klik di sini untuk mulai konsultasi beasiswa.

INGIN KAMI BANTU KULIAH KE LUAR NEGERI ?

Konsultasikan Rencana Beasiswa & Kuliah Keluar Negeri-mu bersama Konsultan Expert Kami. 100% Free! Tanpa Bayar.

Pin It on Pinterest

Share This