Info Lengkap Biaya Tes IELTS di 7 Institusi Penyelenggara

Biaya tes IELTS pada umumnya memiliki besaran yang berbeda-beda. Sehingga kalian harus menentukan tes mana yang ingin kalian ambil. Selain biaya tes IELTS, kalian juga perlu mempertimbangkan jadwal melakukan tes IELTS. Hal ini dikarenakan terbatasnya jumlah tes dan kursi yang tersedia pada tiap tes.

Mengambil tes IELTS atau International English Language Testing System sangat penting bagi kalian yang ingin melanjutkan studi ke luar negeri. Tes ini digunakan dan diterima oleh hampir semua universitas di seluruh dunia yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar.

Tes ini juga digunakan untuk mengevaluasi kecakapan berbahasa Inggris kalian. Karena hal inilah, kalian wajib mempertimbangkan untuk mengambil tes. Salah satu komponen yang wajib dipertimbangkan adalah biaya tes IELTS, selain belajar bahasa Inggris untuk mengerjakan tes IELTS.

 

Biaya tes IELTS di berbagai penyedia tes

Berikut ini adalah penyedia tes IELTS beserta lokasi dan besaran harga yang mereka tawarkan. Biaya di bawah ini hanya untuk biaya tes. Biaya pengiriman sertifikat ke universitas tujuan dapat berbeda.

1. IDP Education Indonesia

Lembaga bahasa Inggris yang satu ini memiliki tes IELTS resmi yang diselenggarakan di beberapa kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Surabaya, Medan, Bandung, Yogyakarta, Bali, Makassar dan lain-lain. Harga tes IELTS di IDP Education Indonesia adalah sekitar Rp 4.050.000 hingga Rp 4.400.000.

2. British Council Indonesia

British Council Indonesia menyelenggarakan tes IELTS di beberapa kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Surabaya, Bali, Bandung, dan lain-lain. Harga tes IELTS di British Council Indonesia adalah sekitar Rp 3.750.000 hingga Rp 4.250.000.

3. IALF (Indonesia Australia Language Foundation)

Lembaga bahasa Inggris ini menyelenggarakan tes IELTS di Jakarta, Surabaya, Denpasar, dan Makassar. Harga tes IELTS di IALF berkisar antara Rp 3.500.000 hingga Rp 4.200.000.

4. UN-Malang

Universitas Negeri Malang adalah lembaga pendidikan tinggi di Malang yang menyelenggarakan tes IELTS. Harga tes IELTS di UN-Malang adalah sekitar Rp 2.900.000.

 

Baca Juga: Simak Cara Menghitung Band IELTS

 

5. Central International Education di Batam

Central International Education adalah lembaga pendidikan dan pelatihan bahasa di Batam yang menyelenggarakan tes IELTS. Harga tes IELTS di Central International Education adalah sekitar Rp 3.000.000.

6. SUN English di Surabaya

SUN English adalah lembaga bahasa Inggris yang berbasis di Surabaya dan juga menyelenggarakan tes IELTS. Harga tes IELTS di SUN English adalah sekitar Rp 3.300.000.

7. Sekolah Global Mandiri di Cibubur

Sekolah Global Mandiri adalah lembaga pendidikan di Cibubur yang menyelenggarakan tes IELTS. Harga tes IELTS di Sekolah Global Mandiri adalah sekitar Rp 3.200.000.

Harga tes IELTS di masing-masing lembaga dapat berubah sewaktu-waktu dan bisa berbeda di setiap kota karena alasan kurs mata uang dan lainnya. Oleh karena itu, sebaiknya kalian konfirmasi harga yang terbaru dan juga jadwal tes di masing-masing lembaga di kota yang kalian inginkan sebelum mendaftar.

 

Frequently Asked Question (FAQ):

1. “Kenapa biaya IELTS mahal?”

Biaya tes IELTS berada di kisaran Rp 3.000.000 yang bisa dikatakan cukup mahal. Hal ini dikarenakan tes IELTS sendiri merupakan tes yang disetujui untuk pendidikan dan juga migrasi. Ditambah jumlah penelitian, pengembangan, dan keamanan tes IELTS juga membutuhkan biaya yang membuat tes ini menjadi mahal.

2. “Berapa lama sertifikat IELTS berlaku?’

Peserta yang sudah berpartisipasi mengikuti tes IELTS akan menerima satu formulir laporan tes IELTS atau sertifikat yang akan berlaku selama 2 tahun.

3. “Apa perbedaan TOEFL dengan IELTS?”

Tes TOEFL lebih diperuntukkan untuk keperluan studi di Negara Amerika Serikat, Kanada, dan sekitarnya. Sementara tes IELTS diperuntukkan untuk keperluan studi Negara-Negara Commonwealth.

4. “Apakah tes IELTS wajib?”

Jika hunters berencana untuk studi di luar negeri, maka biasanya Hunters akan diwajibkan untuk memiliki sertifikat IELTS sebagai persyaratan umum kuliah di luar negeri.

5. “Bagaimana jika tidak lulus tes IELTS?”

Hunters dapat mengajukan Inquiry on Results (EOR) yaitu mengajukan agar Tes Hunters diperiksa ulang, dimana Hunters dapat memilih bagian tes mana yang ingin diperiksa ulang. Hasil dari EOR dapat tersedia di hari yang sama atau menunggu sampai 21 hari setelah mengajukan EOR.

 

Baca Juga: Info Tes dan Tips Mendapatkan Sertifikat IELTS 

 

Bimbingan Mengikuti Tes IELTS Bersama Schoters

Ingin mendapatkan sertifikat IELTS? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters untuk konsultasi mendapatkan sertifikat IELTS dengan bimbingan dari Schoters!

Butuh program bimbingan persiapan tes bahasa Inggris? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

Banner CTA K2- Schoters (Feb 27, 2023 11:04 AM)