Ini 11 Cara Belajar Bahasa Jepang Otodidak yang Bikin Mahir!

Saat ini, bahasa Jepang adalah salah satu bahasa yang gemar dipelajari oleh banyak orang selain bahasa Inggris. Ditambah lagi, akan ada begitu banyak kesempatan yang didapatkan jika memiliki kemahiran berbahasa Jepang, seperti sekolah di Jepang, bahkan peluang kerja di Jepang.  Artikel ini akan memberikan panduan secara lengkap tentang cara belajar bahasa jepang otodidak yang dapat Hunters coba untuk menguasai bahasa Jepang.

 

11 Cara belajar bahasa jepang otodidak

1. Buat tujuan yang jelas

Tentukan tujuan Hunters untuk belajar bahasa Jepang karena itu akan menjadi motivasi agar terus berproses. Dengan menetapkan tujuan, Hunters akan lebih semangat dalam belajar dan menemukan tipe belajar yang sesuai dengan Hunters. 

2. Tentukan jadwal belajar

Setelah mengetahui tujuan belajar bahasa Jepang, maka selanjutnya adalah menentukan jadwal belajar. Masukan jadwal belajar bahasa Jepang sebagai rutinitas setiap hari. Hunters bisa mulai dari belajar 30 menit sehari hingga 1 jam perhari.

3. Awali dengan belajar hiragana dan katakana

Langkah pertama untuk dapat belajar bahasa Jepang adalah dengan mulai dari mempelajari huruf hiragana dan katakana. Hal ini merupakan langkah utama dan dasar bagi Hunters agar dapat membaca kosakata bahasa Jepang. Hunters dapat mempelajari huruf-huruf ini dengan cara latihan menulis di buku kotak-kotak sebagai wadah menulis.

4. Mempelajari kosakata sehari-hari

Setelah dapat membaca huruf hiragana dan katakana, Hunters dapat belajar kosakata bahasa Jepang sehari-hari. Hunters dapat belajar kosakata mulai dari ucapan salam atau sapaan, angka dan nama-nama hari, atau nama-nama benda yang sering digunakan sehari-hari. 

5. Mempelajari pola kalimat dalam bahasa Jepang

Kalimat dalam bahasa Jepang sangat berbanding terbalik dengan kalimat di bahasa Indonesia. Ketika menerjemahkan ke dalam bahasa Jepang, urutannya adalah dari belakang ke depan. Hunters dapat mempelajari pola kalimat dengan cara menggunakan buku-buku bahasa Jepang sebagai media belajar.

6. Latihan berbicara dengan bahasa Jepang

Cara selanjutnya adalah latihan berbicara dengan bahasa Jepang dari kosakata yang telah dihafal. Hunters dapat mencoba berbicara bahasa Jepang dengan teman atau berbicara sendiri ketika melihat benda atau sesuatu yang berhubungan dengan kosakata yang telah dihafal sebelumnya. Dengan cara ini, Hunters dapat mengetahui kemajuan diri Hunters dalam mempelajari bahasa Jepang.

7. Menonton film anime

Menonton film adalah cara efektif yang digunakan orang-orang untuk meningkatkan kemampuan bahasa, termasuk bahasa Jepang. Dengan menonton film, Hunters akan mengetahui cara pelafalan yang benar dari kalimat dalam bahasa Jepang. Juga, cara ini akan meningkatkan kemampuan listening dan kosakata baru bahasa Jepang.

8. Mendengarkan lagu bahasa Jepang

Sama halnya seperti menonton film, Hunters juga dapat meningkatkan kemampuan listening dan mempelajari kosakata baru melalui lagu-lagu bahasa Jepang. Melalui lirik lagu, Hunters akan memahami struktur dan pola kalimat yang digunakan sehari-hari.

9. Membaca kalimat-kalimat bahasa Jepang

Cara selanjutnya adalah dengan membaca buku bahasa Jepang. Hal ini akan melatih Hunters agar meningkatkan kemahiran membaca huruf-huruf yang telah dipelajari sebelumnya.

 

Baca Juga: Rekomendasi Buku Kamus Bahasa Jepang

 

Mau lebih lancar berbahasa Jepang? Atau mau belajar bahasa Jepang dari nol? Schoters punya kelas intensif bahasa Jepang yang bisa membantu Hunters lancar membaca, menulis, hingga berbicara bahasa Jepang dengan materi yang sudah disesuaikan dengan JLPT (Japanese Language Proficiency Test).

 

Silakan klik tombol “Konsultasi Kelas Bahasa Jepang” di bawah ini dan Hunters bisa bebas tanya apapun 👇

 

cara belajar bahasa jepang otodidak

 

10. Buat catatan

Satu hal yang tidak kalah penting adalah mencatat kosakata atau kalimat-kalimat penting di catatan kecil. Nantinya hal ini akan sekaligus menjadi kamus untuk Hunters mengingat kembali kosakata yang telah dipelajari.

11. Ikut bimbingan belajar bahasa Jepang

Cara cepat belajar bahasa Jepang lainnya adalah dengan mengikuti bimbingan belajar bahasa Jepang. Program bimbingan belajar ini akan membantu Hunters menentukan rutinitas dan tingkatan belajar bahasa Jepang. Juga, Hunters dapat berkonsultasi kesulitan yang Hunters rasakan selama belajar bahasa Jepang secara otodidak.

 

Rekomendasi bimbingan belajar bahasa Jepang

Ingin jago dalam bahasa Jepang? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar kemajuan berbahasa Jepangmu lebih terarah.

Butuh program bimbingan lainnya untuk belajar bahasa asing? Cek program terbaik dari Schoters, dijamin terlengkap.