Ingin kerja di Korea? Simak Cara Kerja di Korea Selatan!

Korea adalah salah satu negara yang membuka kesempatan bagi para pekerja asing untuk bekerja di Korea. Hal ini membuat kerja di Korea menjadi impian bagi banyak orang, terutama karena reputasi negaranya yang baik sebagai negara maju, dan industri-industrinya yang terdepan hingga dikenali oleh seluruh dunia. Artikel ini akan memberikan panduan cara kerja di Korea Selatan dan hal-hal yang perlu diketahui sebelum kerja di Korea Selatan, seperti budaya kerja dan gaji yang didapatkan.

 

A. Budaya kerja di Korea Selatan

1. Disiplin dan tepat waktu

Para pekerja di Korea selatan sangat menerapkan kedisiplinan, menghargai waktu kerja, dan mempertanggungjawabkan pekerjaan mereka. Ketika berangkat kerja, mereka akan selalu sampai di kantor tepat waktu dan mengerjakan tugas mereka sesuai dengan deadline yang ditenggatkan. Mereka sangat tidak mentoleransi pekerjaan yang ditunda-tunda dan keterlambatan.

2. Ritme kerja yang cepat

Ritme kerja yang cepat dan tetap memberikan hasil yang terbaik dari pekerjaan mereka menjadi etos kerja yang kental di dalam diri orang Korea Selatan. Para pekerja di Korea selalu membuat target kerja dengan kurun waktu tertentu untuk memacu agar dapat fokus dalam penyelesaian tugas dan pekerjaan yang harus diselesaikan.

3. Menjadikan kritik dan saran sebagai motivasi pengembangan diri

Para pekerja di Korea sangat profesional dalam mengerjakan pekerjaan yang dikerjakan. Jika ada kesalahan, maka atasan akan langsung mengutarakan hal-hal yang salah dan kritik terhadap pekerjaan tersebut. Namun, uniknya mereka tidak mudah tersinggung sehingga akan menerima kesalahan mereka dengan lapang dan memperbaikinya.

4. Fokus bekerja

Ketika jam kerja, orang-orang di Korea akan fokus bekerja. Tidak ada yang melakukan gosip, malas-malasan, atau main-main ketika bekerja. Selama bekerja, mereka akan menghargai waktu untuk bekerja dan tidak memikirkan hal lain diluar dari pekerjaan.

5. Sopan pada atasan

Meski menjadi bawahan dan pernah mendapat teguran dari atasan, para pekerja di Korea Selatan menjunjung tinggi asas kesopanan kepada atasan. Ketika ada acara makan bersama orang-orang kantor di restoran, para bawahan akan tetap menunjukkan rasa hormat kepada atasan.

6. Menjunjung kejujuran yang tinggi

Kejujuran juga menjadi etos kerja yang diterapkan oleh orang-orang di Korea Selatan. Umumnya orang-orang di Korea Selatan adalah orang yang jujur.

 

B. Gaji yang didapatkan

Gaji yang didapatkan selama bekerja di Korea bergantung pada jenis pekerjaan dan jam bekerja. Upah minimum Korea berkisar ₩9,620 per jam. Jika dirata-ratakan bekerja selama 8 jam dalam 20 hari, maka gaji minimum yang didapatkan adalah ₩1,914,440 atau sekitar Rp21,872,225 per bulan.

 

Baca Juga : Persyaratan dan Persiapan Ikut Lowongan Kerja di Korea

 

C. Cara kerja di Korea Selatan

1. Belajar bahasa Korea

Belajar bahasa menjadi salah satu persyaratan yang harus dikuasai ketika ingin bekerja di luar negeri. Jika Hunters mampu menguasai bahasa Korea, maka akan membantu Hunters untuk bisa berkomunikasi dengan masyarakat Korea.

2. Kenali budaya dan masyarakat Korea Selatan

Agar bisa beradaptasi di Korea dengan baik, penting bagi Hunters untuk mengetahui budaya kerja di Korea dan jam kerja di Korea. Korea. Negara ini termasuk salah satu negara yang cukup disiplin perihal jam kerja. Para pekerja tidak boleh bekerja lebih dari 8 jam per hari. Jadi, dalam sepekan mereka akan bekerja selama 40 jam di luar jam istirahat.

3. Mencari bidang pekerjaan yang diminati

Lakukan riset tentang bidang pekerjaan yang diminati dan perusahaan-perusahaan di Korea yang sesuai dengan minat. Cari tahu tren-tren di dunia industri terkini dan siapkan pertanyaan untuk wawancara.

4. Mencari lowongan pekerjaan pada bidang yang diminati

Cari lowongan pekerjaan pada situs web spesifik untuk pekerjaan di Korea. Hunters dapat mencari lowongan pekerjaan dengan kata kunci “kerja di Korea” atau “lowongan kerja di Korea” atau lebih spesifik sesuai dengan bidang yang dituju.

5. Penuhi persyaratan sebelum kerja di Korea

Setiap sektor industri dan posisi kerja memiliki persyaratan masing-masing yang perlu dipenuhi. Namun, persyaratan secara umum untuk bisa kerja di Korea adalah mendaftar saat usia tidak lebih dari 39 tahun, menyiapkan visa kerja di Korea, dan lulus seleksi ujian kompetensi yang sesuai dengan bidang yang dilamar.

6. Lakukan persiapan fisik dan mental

Perekrut atau perusahaan tentunya tidak ingin menerima pelamar dengan kondisi tubuh dan mental yang kurang baik. Oleh karena itu, biasakan untuk menjaga kesehatan fisik dan mental dengan berolahraga atau menjaga pola makan sehat setiap hari.

7. Latihan wawancara kerja

Jika mendapat undangan wawancara kerja, maka persiapkan dengan baik dengan melakukan latihan wawancara kerja. Pelajari pertanyaan yang biasa ditanyakan dan pikirkan bagaimana Hunters akan menjawab pertanyaan tersebut.

 

Rekomendasi bimbingan persiapan kerja di Korea Selatan

Ingin lolos kerja di Korea Selatan? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan kerja di luar negerimu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan kerja di luar negeri? Cek program Work Abroad Academy dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.