Cara Kerja di Luar Negeri Lewat Depnaker Republik Indonesia

Selain agen penyalur tenaga kerja, salah satu lembaga yang bisa membantu Hunters untuk mendapatkan kerja ke luar negeri adalah Departemen Tenaga Kerja (Depnaker) Republik Indonesia. Namun, gimana, sih, cara kerja di luar negeri lewat Depnaker?

Kemudian, bagaimana proses dan apa saja persyaratan yang harus dipenuhi? Untuk mengetahui hal tersebut, pada artikel ini, Schoters akan membahas info lengkap mengenai cara kerja di luar negeri lewat Depnaker. Oleh karena itu, simak sampai habis, ya, Hunters!

Cara Kerja di Luar Negeri Lewat Depnaker Republik Indonesia

1. Mengunjungi Depnaker terdekat di kota masing-masing

Cara kerja di luar negeri lewat Depnaker yang bisa Hunters lakukan dimulai dengan mengunjungi Depnaker terdekat yang ada di kota masing-masing. Setelah sampai, kunjungi bagian pelayanan agar Hunters bisa dibantu untuk melakukan langkah-langkah selanjutnya.

2. Mendaftar secara online

Jika Hunters tidak punya banyak waktu untuk berkunjung ke Depnaker terdekat, kamu juga bisa mengakses situs resmi Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker) Republik Indonesia. Ini juga menjadi cara kerja di luar negeri lewat Depnaker yang bisa Hunters lakukan untuk menghemat waktu dan biaya.

 

Baca Juga: Cara Melamar Kerja di Luar Negeri

 

3. Memilih menu “cari lowongan kerja”

Setelah mengunjungi situs resmi Kemnaker RI, langkah selanjutnya yang harus Hunters lakukan adalah memilih menu “cari lowongan kerja. Di sana, Hunters bisa menemukan banyak lowongan kerja yang sesuai dengan minat, bakat, dan keinginan kamu.

4. Mengecek persyaratan kerja yang dibutuhkan

Setelah menemukan lowongan kerja yang pas, Hunters bisa mengecek persyaratan apa saja yang harus dipenuhi untuk melamar ke lowongan tersebut. Persyaratan ini harus Hunters penuhi agar kamu bisa maju ke tahap selanjutnya.

5. Mengajukan lamaran

Cara kerja di luar negeri lewat Depnaker selanjutnya adalah mengajukan lowongan. Jadi, setelah Hunters memenuhi semua persyaratan di lowongan kerja yang kamu incar, kamu bisa langsung mengajukan lamaran. Namun, sebelum itu, Hunters harus pastikan terlebih dahulu apakah persyaratan lowongan kerja yang sudah kamu penuhi benar-benar valid.

6. Mengecek email secara berkala untuk memantau lamaran

Setelah mengajukan lamaran, Hunters hanya perlu menunggu pengumuman selanjutnya dari perusahaan luar negeri yang kamu lamar. Biasanya, perusahaan akan memberikan informasi melalui email. Oleh karena itu, pastikan Hunters selalu mengecek email secara berkala agar kamu tidak ketinggalan berita. 

Persyaratan yang Harus Dipenuhi

Persyaratan untuk melamar kerja di luar negeri lewat Depnaker tentu bisa berbeda-beda. Itu tergantung dari perusahaan dan posisi yang Hunters lamar. Namun, umumnya, persyaratan yang harus Hunters penuhi jika kamu melamar kerja di luar negeri lewat Depnaker adalah sebagai berikut:

  1. Kartu Tanda Penduduk (KTP);
  2. Kartu Keluarga (KK);
  3. Curriculum Vitae (CV);
  4. Pas foto ukuran 4×6;
  5. Ijazah terakhir;
  6. Transkrip nilai;
  7. Portofolio (jika diperlukan).

 

Baca Juga: Info Lengkap Kerja di Luar Negeri

 

Tips Mencari Lowongan Kerja di Luar Negeri Lewat Depnaker

Setelah mengetahui cara kerja di luar negeri lewat Depnaker, ada sejumlah tips yang bisa Hunters lakukan. Ini bertujuan agar prosesmu untuk mendapatkan pekerjaan impian di luar negeri menjadi makin terarah. Adapun tips-tips yang bisa Hunters lakukan, antara lain, adalah sebagai berikut.

1. Ketahui minat

Sebelum Hunters melamar lowongan kerja di luar negeri, sebaiknya, ketahui dulu apa minat dan bakat yang kamu miliki. Dengan begitu, Hunters tidak akan salah dalam menentukan lowongan kerja yang akan dilamar.

2. Ketahui gaji yang diberikan

Jika Hunters ingin melamar kerja di luar negeri, sebaiknya, cari tahu dulu berapa gaji yang akan kamu dapatkan. Tips ini penting dilakukan agar saat sudah mulai bekerja, Hunters bisa mendapatkan benefit yang sepadan dengan beban kerja yang diberikan.

3. Ketahui kontrak kerja dan fasilitas yang diberikan

Setelah mencari tahu soal gaji, Hunters juga bisa mencari tahu durasi kontrak kerja yang diberikan. Tips ini juga penting dilakukan agar Hunters terhindar dari lowongan kerja palsu dengan kontrak kerja yang tidak jelas.

Nah, itu dia, Hunters, cara kerja di luar negeri lewat Depnaker yang bisa kamu terapkan. Jadi, gimana? Apakah kamu tertarik mencoba?

Rekomendasi Bimbingan Persiapan Kerja di Luar Negeri

Ingin kerja di luar negeri? Yuk, konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan kerja di luar negerimu makin terarah.

Butuh program lain untuk persiapan kerja di luar negeri? Cek program Work Abroad Academy dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.