Tata Cara Masuk Harvard University dan Beasiswanya

, 14 Jan 2023

Hunters, siapa yang tidak tahu Universitas Harvard? Salah satu kampus ternama dunia yang telah mencetak banyak tokoh berpengaruh dunia ini merupakan universitas impian banyak orang. Apalagi mengingat fasilitas, kualitas pendidikan dan jaringan alumni yang kuat. Bagi Hunters yang memiliki cita-cita bersekolah di kampus ini, berikut step by step cara masuk Harvard University yang dirangkumkan Schoters untukmu!

Sekilas Harvard University

Harvard University merupakan kampus prestige di Amerika Serikat dan telah berjasa besar untuk perkembangan pendidikan di sana. Harvard University pertama kali diresmikan pada 8 September 1030 oleh seorang filantropi, John Harvard, yang kini profilnya diabadikan menjadi patung iconic di Harvard University.

COVER-4

Selama berdirinya, Harvard University telah menjadi bagian dari Amerika Serikat. Mulai dari peristiwa Revolusi Amerika di tahun 1700-an, dibukanya Observatorium Harvard pada 1800-an, “The Harvard-Yale Football Game”, dibukanya mata kuliah arsitektur dan perencanaan kota pertama kali pada 1900-an, menjadi “saksi bisu” beberapa presiden Amerika Serikat, komputer IBM Mark I, Helen Keller sebagai wanita pertama yang menerima Harvard Honorary Degree, dan lain sebagainya.

 

Alumni Penting Dunia Harvard University

Sebagai kampus tertua di Amerika Serikat dengan reputasinya yang kuat, tidak perlu kaget jika Harvard University telah mencetak banyak tokoh penting dunia. Berikut beberapa list dari mereka:

  1. John Adams - Presiden ke-2 Amerika Serikat

  2. John Quincy Adams - Presiden ke-6 Amerika Serikat

  3. Rutherford B. Hayes - Presiden ke-19 Amerika Serikat

  4. Theodore Roosevelt - Presiden ke-26 Amerika Serikat

  5. Helen Keller - Penulis, Aktivis, Dosen

  6. Ban Ki Moon - Sekretaris ke-8 United Nations

  7. Barack Obama - Presiden ke-44 Amerika Serikat

  8. Jennifer Doudna - Biochemist dan peraih Nobel

  9. Mark Zuckerberg - Pendiri Meta (dulu Facebook)

Apakah kamu kenal dengan beberapa nama di atas? Atau kamu semakin termotivasi untuk menjadi salah satu alumninya? Yuk baca terus info jurusan dan cara masuk Harvard University.

 

15 Sekolah di Harvard University

Tidak seperti di Indonesia, Harvard University memiliki 15 sekolah yang memiliki spesifikasi masing-masing. Ke-15 sekolah tersebut antara lain:

  1. Division of Continuing Education

  2. Harvard Business School

  3. Harvard College

  4. Harvard Divinity School

  5. Harvard Graduate School of Arts and Sciences

  6. Harvard Graduate School of Design

  7. Harvard Graduate School of Education

  8. Harvard John A. Paulson School of Engineering and Applied Sciences

  9. Harvard Kennedy School

  10. Harvard Law School

  11. Harvard Medical School

  12. Harvard Online

  13. Harvard Radcliffe Institute

  14. Harvard School of Dental Medicine

  15. Harvard T.H Chan School of Public Health

Ke-15 sekolah di atas, juga terbuka untuk program Sarjana dan Pascasarjana. Berikut panduan cara masuk Harvard University!

 

Panduan Cara Masuk Harvard University

Cara masuk Harvard University sebagai mahasiswa internasional tidaklah susah. Terlebih kampus tidak memberikan kuota tertentu untuk berapa banyak mahasiswa internasional yang bisa bersekolah di sana. Proses seleksi kandidat juga sudah menggunakan website resmi mereka. Berikut beberapa dokumen yang harus kamu persiapkan.

  1. Transkrip Nilai dengan bahasa Inggris.

  2. Laporan sekolah tengah tahun.

  3. Laporan sekolah akhir tahun (bagi yang diterima)

  4. 2 Surat Rekomendasi

  5. Sertifikat TOEFL

  6. Hasil tes SAT/ACT

  7. Sertifikat penghargaan

  8. Biaya pendaftaran sebesar $85 atau sekitar IDR 1.314.780

Sedangkan syarat khusus harus kamu cek melalui website Harvard School yang kamu pilih ya. Sedangkan untuk berkas yang membutuhkan tes, seperti TOEFL dan SAT/ACT, kamu harus segera mempersiapkan dirimu ya. Untuk panu dan lebih detailnya, kamu bisa cek langsung laman cara masuk Harvard University berikut ini

. i

Informasi Harvard Scholarships untuk Pelajar Internasional

Sebagai perguruan tinggi yang telah membuka dirinya kepada mahasiswa internasional. Universitas Harvard juga membuka program beasiswa sendiri, terlebih bagi para pelajar yang memiliki kondisi ekonomi di bawah rata-rata dan sedang menempuh pendidikan PhD di bidang Ilmu Sosial dan Hukum.

Harvard Scholarship mencakup beberapa manfaat seperti tunjangan per bulan sebesar USD 17.000, tunjangan kegiatan penelitian, dan mengajar. Cara masuk Harvard University melalui beasiswa ini cukup mudah. Kamu hanya perlu untuk membuat akun, mengisi data dan mengirimkan beberapa dokumen penting seperti:

  1. Cover Letter

  2. Resume

  3. Proposal Penelitian maksimal 2.500 kata.

  4. Transkirp program PhD

  5. 3 Surat Rekomendasi

Kelima persyaratan di atas harus kamu jadikan format .pdf terlebih dahulu ya. Dan bagi kamu ingin melanjutkan studi di Harvard University, yuk persiapkan dirimu sebaik mungkin! Melalui bimbingan beasiswa Schoters kamu akan diberikan lebih banyak tips cara masuk Harvard University yang kamu cari! Klik linknya di bawah ini.



Artikel Lainnya