Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah Gratis yang Bisa Kamu Coba!

Tips & Trik, 09 Sep 2022

Salah satu impian yang banyak diinginkan oleh semua orang adalah dengan menimba ilmu setinggi mungkin. Seperti yang kita ketahui di dalam kehidupan, kebutuhan pendidikan menjadi salah satu hal yang tentu akan sangat bermanfaat bagi banyak orang. Terlebih, bila Hunters menimba ilmu setinggi ambisi maka akan mendapat jaminan peluang karier, kehidupan, dan beberapa manfaat lainnya yang setimpal dengan jerih payah yang dikerahkan. Namun, bagaimana sih cara mendapatkan beasiswa kuliah gratis?

Salah satu tingkat pendidikan yang banyak didambakan khalayak adalah pendidikan tingkat sarjana seperti S-1, S-2, bahkan hingga S-3, dan gelar tinggi lainnya. Namun, salah satu hambatan terbesar dari bisa mendapatkan pendidikan tinggi yang layak adalah masalah biaya. 

Oleh karena itulah, beberapa cara banyak dilakukan untuk bisa berkuliah di perguruan tinggi tanpa perlu mencemaskan biaya pendidikan yang mahal. Salah satunya caranya, yaitu dengan menempuh program beasiswa yang banyak diberikan oleh berbagai kampus, lembaga pendidikan, hingga dari pemerintahan.

Melalui program beasiswa, setidaknya bisa menjembatani para calon pendaftar untuk yang serius ingin menempuh atau melanjutkan pendidikan di tingkat perguruan tinggi. Kendati demikian, untuk bisa meraih program beasiswa ini, harus melalui berbagai persyaratan yang ketat serta tidak bisa sembarang orang bisa mendapat program beasiswa tersebut.

Nah, bagi Hunters yang memang sedang atau akan berminat mengikuti program beasiswa untuk bisa melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, berikut Minters sajikan artikel bagaimana cara mendapatkan beasiswa kuliah gratis yang bisa Hunters kuliti satu per satu.

Melakukan Riset dan Kumpulkan Informasi Seputar Beasiswa

Hal pertama yang perlu Hunters lakukan adalah jangan ragu atau malas untuk melakukan riset dan mengumpulkan informasi beasiswa dari mana saja, misalnya seperti mencari informasi ke pihak sekolah, saudara, teman, atau alumni kampus, atau bisa mengirimkan pesan surel kampus serta lembaga penyedia beasiswa yang memang ingin Hunters tuju. Selain itu tadi, Hunters bisa juga mencari informasi beasiswa di media sosial atau laman web resmi kampus yang ingin Hunters ketahui.

Menguasai Bahasa Asing Sebaik Mungkin

Cara berikutnya untuk bisa mendapat beasiswa kuliah gratis yang wajib Hunters lakukan adalah dengan mulai menguasai bahasa asing sebaik mungkin. Terlebih lagi pandai dalam menguasai bahasa internasional seperti bahasa Inggris atau bahasa Mandarin. Apabila Hunters memang ingin mengambil beasiswa kuliah ke luar negeri, kemampuan berbahasa asing yang baik menjadi salah satu kunci paling utama agar bisa sukses meraih beasiswa tersebut. Misalkan saja Hunters menargetkan kuliah di negara Jepang, selain harus berbahasa Inggris, Hunters harus cakap dalam berbahasa Jepang yang dapat dibuktikan dengan mengikuti tes bahasa Jepang (JLPT). Uji taksiran kemampuan berbahasa Hunters akan dinilai dalam sebuah tes yang biasa kita kenal dengan skor TOEFL, IELTS, JLPT, dsb. Pada umumnya, kampus-kampus tujuan mensyaratkan skor minimal untuk uji kompetensi berbahasa untuk bisa mendaftar beasiswa kuliah.

Mempunyai Riwayat Prestasi

Hal selanjutnya yang tentu sudah harus Hunters persiapkan agar bisa mendapatkan beasiswa gratis tersebut adalah dengan mengumpulkan riwayat nilai dan prestasi yang baik dari segi akademik dan/atau nonakademik. Terus belajar dengan sungguh-sungguh dan selalu meraih predikat dan prestasi yang memuaskan maka kesempatan Hunters untuk bisa meraih beasiswa semakin terbuka lebar. Beberapa kampus tertentu biasanya juga mengharuskan para calon pendaftar beasiswa melampirkan bukti prestasi akademik dan/atau nonakademik yang telah Hunters capai selama ini.

           Baca dulu: Inspiratif! Perjuangan Pemulung Sampah Meraih Beasiswa ke Luar Negeri

Memenuhi Persyaratan Serta Dokumen yang Diperlukan

Tidak luput juga Hunters harus mempersiapkan berbagai dokumen yang diperlukan oleh lembaga penyelenggara beasiswa dan/atau pihak kampus. Bagaimanapun, cara agar Hunters bisa mendapatkan beasiswa kuliah gratis adalah dengan melengkapi dokumen penting yang sifatnya benar adanya dan bisa dibuktikan keabsahannya. Misalnya, beberapa dokumen penting yaitu ijazah, transkrip nilai, surat kelakuan baik, LoA, sertifikat yang selinier, dan beberapa dokumen penting lainnya.

Memenangkan Perlombaan di Kampus 

Tidak dimungkiri, beberapa kampus tujuan mensyaratkan Hunters untuk melampirkan dokumen prestasi akademik dan/atau nonakademik sebagai upaya untuk mendapatkan beasiswa kuliah gratis. Dengan memenangkan sebuah perlombaan terlebih Hunters bisa memenangkannya, peluang untuk bisa lolos beasiswa kampus menjadi amat besar dan menjadi nilai plus tambahan. Misalkan, Hunters mengambil program studi tertentu di suatu kampus, lalu merunut masa ke belakang, Hunters pernah menjuarai sebuah perlombaan yang berkaitan dengan program studi yang saat ini Hunters ambil. Bukti prestasi berupa sertifikat itulah yang bisa Hunters lampirkan saat mendaftar beasiswa kampus.

Memilih Perguruan Tinggi Kedinasan

Siapa yang pernah tergiur dengan perguruan tinggi kedinasan? Pilihan Hunters tidak salah, memang sejatinya perguruan tinggi ikatan dinas menawarkan berbagai keuntungan seperti pemberian bantuan biaya beasiswa penuh selama masa studi. Sejumlah perguruan tinggi negeri dengan sistem kedinasan seperti STAN, IPDN, STIN, AKPOL, AKMIL, STMG, dan beberapa perguruan tinggi kedinasan lainnya memiliki program beasiswa serta jaminan kontrak kerja yang tentu sangat menguntungkan bagi Hunters. 

Mendapatkan Kartu Pintar Indonesia Kuliah

Bagi pengincar beasiswa kuliah dalam negeri, salah satu program pemerintah yang cukup banyak diminati adalah program Kartu Pintar Indonesia Kuliah. Program yang menyasar pelajar SMA dan/atau sederajat ini sangat berguna bagi Hunters yang memiliki keterbatasan finansial dan ingin meraih program beasiswa yang Hunters inginkan. Program penjaringan kartu ini bisa menjadi salah satu pilihan terbaik yang bisa Hunters pertimbangkan untuk mengikutinya.

        Baca jugaKuliah Gratis dengan Beasiswa Jardine di Universitas Top Inggris!

Mendapatkan Beasiswa LPDP

Siapa yang tidak mengenal LPDP? Program beasiswa ini dari tahun ke tahun sudah melenggangkan Scholarship Hunters ke berbagai negara tujuan pendidikan. LPDP diinisiasi oleh pemerintah Indonesia melalui Lembaga Pengelola Dana Pendidikan dan di bawah naungan Kementerian Keuangan. Prog

ram beasiswa ini dihadirkan untuk mencetak berbagai orang-orang profesional yang memiliki intelektual. Program ini pun akan menjamin Hunters dalam meraih berbagai jurusan pendidikan sesuai dengan kebutuhan dan keinginan. LPDP juga menyediakan berbagai jenjang studi mulai dari S-1, S-2, S-3, hingga Profesi.

Mendapat Beasiswa Bidikmisi

Program beasiswa dari Bidikmisi merupakan salah satu program beasiswa yang akan memfasilitasi para calon mahasiswa dengan tingkat prasejahtera. Selama delapan semester Hunters berkuliah, Hunters tidak perlu mengeluarkan biaya sedikitpun untuk berkuliah, dan Hunters akan dibantu dengan sokongan biaya hidup yang sudah dijamin oleh pemerintah. Jadi, Hunters sekarang tidak perlu khawatir harus mengeluarkan biaya kuliah yang tinggi dan bisa sepenuhnya berfokus pada masa menjalani studi.

Mempersiapkan Surat Rekomendasi Beasiswa

Biasanya, penyelenggara beasiswa atau pihak institusi pendidikan kerap mewajibkan pendaftaran beasiswa kuliah untuk melampirkan rekomendasi dari pihak akademik, employment recommendation, dan character reference. Melalui surat referensi inilah Hunters bisa dapatkan informasi beasiswa dari guru atau dosen.

Mempersiapkan Diri untuk Interview

Cara mendapatkan beasiswa kuliah gratis yang terakhir, yaitu Hunters harus siap berhadapan dengan tahapan proses interview. Tahapan ini termasuk sangat penting untuk menjadi penentu apakah Hunters layak atau tidak mendapat beasiswa tersebut. Jadi, sangat dianjurkan  untuk Hunters mempersiapkan diri dari jauh-jauh hari atau bulan sebelum melakukan interview. Pada saat mempersiapkan diri, Hunters bisa melakukan riset secara mendalam terkait beasiswa tujuan, program studi pilihan, dan penguasaan materi lainnya agar proses interview bisa berjalan lancar.

 

Nah, itulah beberapa cara mendapatkan beasiswa kuliah gratis yang bisa Hunters jajal satu per satu. Sebagai peneman langkah study abroad Hunters, Minters memperkenalkan Schoters sebagai jasa layanan tes beasiswa yang telah berpengalaman belasan tahun untuk merangkul banyak Scholarship Hunters untuk mencari beasiswa terbaik sesuai kebutuhan. 

Schoters telah dipercaya oleh ribuan alumni dan telah berhasil menerbangkan Scholarship Hunters ke 43 negara di dunia. Ditunjang dengan 500+ mentor terbaik, Hunters akan dibimbing dan didampingi untuk menentukan pilihan studi lanjutan yang sesuai dengan minat dan bakat. Mau rekomendasi beasiswa yang cocok dan sesuai profil kamu? -> Dapatkan rekomendasinya dari mentor expert Schoters!

Dapatkan juga bantuan untuk melengkapi berkas pendaftaran beasiswa lewat berbagai layanan dari Schoters.