fbpx

Cara Mendapatkan Letter of Acceptance (LoA) Universitas

Info Beasiswa

Halo, Hunters! Kamu ingin mendaftar beasiswa LPDP 2021 yang mensyaratkan adanya LoA dari universitas dan kamu bingung bagaimana mendapatkannya? Tenang, kali ini Schoters akan memaparkan cara untuk mendapatkan LoA. Simak sampai selesai, ya!

 

Mengenal Letter of Acceptance (LoA)

Letter of Acceptance (LoA) adalah surat pernyataan yang dikeluarkan oleh universitas sebagai tanda diterimanya seseorang di kamus tersebut. LoA ini terbagi menjadi dua, yaitu LoA conditional dan LoA unconditional. Nah, untuk beasiswa LPDP sendiri membutuhkan LoA unconditional ya, Hunters! Kita bahas kedua jenis LoA ini sebagai berikut:

LoA conditional artinya penerimaan yang datang dengan ‘conditional’ atau bersyarat. Apabila kamu mendapatkan LoA ini, maka kamu masih harus memenuhi syarat tertentu untuk dapat diterima sepenuhnya oleh universitas. Persyaratan yang perlu kamu penuhi dapat berupa transkrip nilai dari pendidikan sebelumnya, sertifikat kemampuan bahasa, surat rekomendasi, dan lain sebagainya.

Sedangkan LoA unconditional adalah LoA yang tidak bersyarat atau kamu sudah dinyatakan diterima sepenuhnya secara final. Setelah mendapatkan LoA ini, kamu bisa mendaftar beasiswa.

Contoh Letter of Acceptance

Cara Mendapatkan Letter Of Acceptance (LoA)

1. Perhatikan & Lengkapi Persyaratan

Setelah kamu menentukan universitas mana yang akan menjadi tujuanmu berkuliah, perhatikan ketentuan apa saja yang menjadi syarat kamu bisa diterima di sana. Persyaratannya dapat berupa dokumen seperti motivation letter, esai, sertifikat kemampuan bahasa, transkrip nilai, dan lain-lain. 

Pastikan kamu memeriksanya dengan baik, karena persyaratan setiap universitas akan berbeda. Beberapa mensyaratkan dengan mengirimkan dokumen, namun ada beberapa yang memberikan LoA setelah melalui proses tes.

2. Kirim Seluruh Dokumen

Sudah yakin persyaratanmu lengkap? Kalau sudah, saatnya mengirimkan segala persyaratan tadi ke pihak universitas. Kebanyakan universitas membuka pendaftaran melalui daring atau online, jadi kamu cukup mengirimkan atau mengunggah dokumen melalui laman universitas yang tersedia dan menunggu waktu pengumuman.

3. LoA akan Dikirimkan

Apabila pihak universitas menyatakan diterima, kamu akan mendapatkan LoA yang dapat berbentuk conditional maupun unconditional melalui email atau alamat rumahmu. Jika kamu mendapat LoA conditional, silakan lengkapi kembali persyaratan yang belum terpenuhi. Namun, jika kamu mendapatkan LoA unconditional, kamu sudah bisa memasukkan LoA ini sebagai syarat mendaftar beasiswa.

 

Itu dia langkah-langkah yang diperlukan untuk mendapat LoA. Mudah, kan, Hunters? 

Meskipun langkahnya sederhana, tetap diperlukan persiapan yang matang untuk melengkapi berbagai persyaratan beasiswa. Kamu bisa berkonsultasi bersama expert di Schoters untuk mendapat bimbingan persiapan dokumen beasiswa. Klik di sini, ya!

Pin It on Pinterest

Share This