Ingin Cepat Mahir Bahasa Jerman? Simak 7 Tips Ini

Tips & Trik, 14 Sep 2022

Bahasa Jerman merupakan bahasa yang paling banyak digunakan di Eropa, jadi akan sangat berguna buat kamu yang berencana untuk kuliah di Eropa, khususnya di Jerman. Di negara ini, kamu akan menemukan banyak universitas dengan peringkat dunia terbaik, program studi yang tak terhitung jumlahnya, gelar bernilai global, dan biaya kuliah yang terjangkau. Buat kamu yang ingin cepat mahir bahasa Jerman, yuk simak tujuh tips berikut!

1. Tentukan Tujuan Belajar Bahasa Jerman

Sebagai bahasa terpenting kedua di dunia ilmu pengetahuan, belajar bahasa Jerman dapat memberikan banyak manfaat. Sebelum itu, kamu perlu tentukan dulu tujuan belajar bahasa Jerman. Berdasarkan tujuan tersebut, kamu dapat menentukan level belajar bahasa Jerman. Misalnya, belajar bahasa Jerman untuk traveling mungkin tidak akan sekompleks jika kamu ingin melanjutkan studi di Jerman.

2. Pahami Karakteristik Dasar Bahasa Jerman

Sebenarnya, mempelajari bahasa Jerman tidak begitu sulit karena pada dasarnya bahasa ini masih satu keluarga dengan bahasa Inggris. Hanya saja, daripada bahasa Inggris, varian huruf bahasa Jerman lebih banyak. Meskipun begitu, tidak sedikit kosakata dalam bahasa Jerman yang mirip dengan bahasa Inggris. Biar paham, berikut beberapa karakteristik dasar bahasa Jerman:

  • Abjad - Dalam bahasa Jerman, di samping 26 abjad dari huruf A-Z, sejumlah abjad tambahan huruf vokal yang diberi tambahan tanda titik dua di atasnya (ä Ä, ö Ö, ü Ü) juga digunakan. Ada juga esjet yang dikenal dengan simbol “ß” yang dilafalkan sebagai “ss” (double s).
  • Kata kerja berakhiran “en” - Kata kerja berakhiran “en” adalah infinitif dalam bahasa Jerman, yaitu “pengaturan asli” dari suatu kata kerja. Kata kerja dalam bahasa Inggris diawali dengan “to”, misalnya “to do”. Sementara itu, bahasa Jerman menggunakan akhiran “en” untuk membuat akar kata kerja, misalnya “machen” atau “kommen”.
  • Gender pada kata benda - Ada istilah simbol gender di belakang maupun di depan dari kata benda dalam kamus bahasa Jerman. Contoh, simbol f mempunyai arti feminin, simbol m memiliki arti maskulin, dan simbol n berarti neuter atau netral.

3. Belajar dengan Aplikasi

Kamu juga bisa, lho, bermain sambil belajar lewat aplikasi, misalnya menggunakan game yang bisa membantu mempelajari bahasa Jerman. Kamu bisa unduh aplikasinya di smartphone, jika sedang ada waktu luang bisa digunakan untuk bermain sambil belajar. Dengan metode bermain seperti ini, bahan ajaran bahasa Jerman pun akan terasah secara berulang-ulang sehingga sangat membantu menghafal kosakata bahasa Jerman.

          Baca juga: Mau Kuliah Di Jerman? Kamu Harus Tahu 10 Hal Tentang Jerman Ini

4. Tonton Film Berbahasa Jerman

Film tidak hanya untuk hiburan, namun juga bisa menjadi media untuk belajar bahasa asing, termasuk Jerman. Kamu bisa tonton film-film berbahasa Jerman untuk memperkaya pemahaman bahasa. Dari film, kamu juga bisa belajar bentuk bahasa yang lebih alami dengan kosa kata dan bahasa gaul yang autentik.

5. Ubah Pengaturan Smartphone ke Bahasa Jerman

Mengubah settingan smartphone ke bahasa yang ingin kamu pelajari juga bisa membuatmu lebih cepat mahir menguasai bahasa tersebut. Nah, kamu bisa ubah settingan smartphone ke bahasa Jerman  untuk membantumu menjadi lebih termotivasi belajar. Jika terus-menerus melihat kata dan frasa dalam bahasa Jerman, kemungkinan besar kamu jadi ingin belajar lebih banyak.

6. Gabung ke Komunitas

Kamu juga bisa gabung ke komunitas untuk belajar bahasa Jerman dengan efektif dan efisien. Coba cari informasi tentang ketersediaan komunitas yang ada di sekitarmu. Contohnya, ke Pusat Budaya Jerman atau bergabung dengan klub bahasa Jerman di kotamu.

7. Ikut Kursus Bahasa Jerman

Terakhir, kamu bisa ikut program kursus bahasa Jerman. Pastikan kamu memilih tempat kursus bahasa Jerman yang kredibel dan berpengalaman. Pilihlah kelas belajar bahasa Jerman yang kurikulumnya dirancang khusus untuk pemula agar kamu tidak kesusahan saat pertama kali belajar bahasanya. 

          Baca juga: 3 Negara yang Memberikan Kuliah Gratis untuk Mahasiswa Internasional

Rekomendasi Kursus Bahasa Jerman Terpercaya

Belajar bahasa Jerman ternyata tidak sesulit kelihatannya, kan? Dengan melakukan berbagai tips di atas, kamu bisa lebih cepat mahir menguasai bahasa Jerman. Agar lebih mudah, bergabung saja dengan kelas bahasa Jerman di Schoters yang menyediakan berbagai layanan bimbingan sesuai kebutuhanmu. 

Dengan mengikuti program kursus bahasa Jerman dari Schoters, kamu bisa melatih skill berbicara sehari-hari dalam bahasa Jerman. Kamu juga akan mendapat banyak pilihan level sesuai kebutuhan belajar dan bisa kursus bahasa Jerman online dari rumah. 

Informasi lengkap mengenai German Academy dan kelas persiapan lainnya bisa Hunters dapatkan di sini, ya.

bahasa jerman