Chulalongkorn University: Info Lengkap Profil dan Beasiswa

Bagi kamu yang ingin melanjutkan studi di kawasan Asia Tenggara, Thailand bisa jadi pilihan menarik loh! Kualitas pendidikan di Negeri Gajah Putih ini tidak boleh dipandang sebelah mata. Thailand tercatat sebagai negara ketiga dengan sistem pendidikan terbaik di ASEAN. Salah satu universitas bergengsi yang ada di Thailand adalah Chulalongkorn University. Universitas ini merupakan perguruan tinggi tertua di Thailand. Ingin tahu lebih banyak soal Universitas Chulalongkorn? Berikut informasi selengkapnya!

Tentang Chulalongkorn University

Didirikan pada tahun 1917, Chulalongkorn University merupakan universitas pertama dan tertua di Thailand. Sesuai namanya, universitas ini dibentuk atas dasar pemikiran Raja Chulalongkorn yang pada saat itu ingin memperkuat pemerintahan agar terhindar dari pengaruh kolonialisme. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan memajukan sistem pendidikan sehingga dapat melahirkan sumber daya yang berkompeten. Raja Chulalongkorn juga memegang teguh prinsip bahwa semua lapisan masyarakat memiliki kesempatan yang sama untuk memperoleh akses pendidikan. Kini Chulalongkorn Universty telah berkembang hingga menjadi universitas nomor 1 di Thailand serta berada pada urutan ke-36 dalam QS Asian University Ranking 2022 dan urutan ke-224 dalam QS World University Ranking 2023. Universitas ini juga tercatat menempati peringkat pertama di Asia untuk Times Higher Education Impact Rankings 2021 dan peringkat ketiga di Thailand untuk UI GreenMetric World University Ranking 2019.

 

Program studi Chulalongkorn University

Universitas ini memiliki 20 fakultas serta 23 colleges dan research institutes. Menurut Times Higher Education World University Rankings by Subject, kampus ini juga unggul untuk bidang Business and Economics, Computers Science, Education, dan Social Science. Lebih lanjut, inilah daftar bidang studi yang terdapat di Chulalongkorn University:

Group 1

  1. Allied Health Sciences
  2. Architecture
  3. Biomedical Sciences
  4. Communication Arts
  5. Dental Biomaterials Science
  6. Dentistry
  7. Engineering
  8. Environment Science and Psychology
  9. Environmental Management
  10. Human Sexuality
  11. Medical Microbiology
  12. Medicine
  13. Nanoscience and Technology
  14. Nursing
  15. Pharmaceutical Sciences
  16. Pharmacology
  17. Psychology
  18. Public Health
  19. Research for Health Development
  20. Science
  21. Sports Science
  22. Veterinary Science

Group 2

  1. Agricultural Resources Administration
  2. Arts
  3. Commerce and Accountancy
  4. Cultural Management
  5. Economics
  6. Education
  7. Energy Technology and Management
  8. English as an International Language
  9. Environment Development and Sustainability
  10. European Studies
  11. Fashion Studies
  12. Fine and Applied Arts
  13. Human and Social Development
  14. Korean Studies
  15. Law
  16. Logistics Management
  17. Maritime Administration
  18. Political Science
  19. Population Studies
  20. Russian Studies
  21. Southeast Asian Studies
  22. Technopreneurship and Innovation Management

 

Biaya kuliah Chulalongkorn University

Non Degree

Group Undergraduate Level Graduate Level
Group 1 16.375 baht/semester 43.250 baht/semester
Group 2 15.375 baht/semester 40.000 baht/semester

Degree Student

Group Undergraduate Level Graduate Level
Group 1 65.500 baht/semester 86.500 baht/semester
Group 2 61.500 baht/semester 80.000 baht/semester

 

Tertarik kuliah di Chulalongkorn University dan ingin berkonsultasi lebih lebih lanjut dengan konsultan expert? Schoters bisa bantu kamu mulai dari persiapan memilih jurusan, beasiswa, persiapan dokumen, hingga interview. Silakan klik tombol Konsultasi Kuliah di Luar Negeri” di bawah ini dan kamu bisa bebas tanya apapun👇

[Schoters] Form Konsultasi Harvester

 

Info beasiswa Chulalongkorn University

Chulalongkorn University’s Graduate Scholarship Programme for ASEAN or Non-ASEAN Countries

Beasiswa untuk mahasiswa pascasarjana ini memberikan fasilitas berupa tiket pesawat PP, biaya kuliah, serta tunjangan bulanan dan akomodasi.

Chulalongkorn University Overseas Students Scholarship

Ditujukan untuk mahasiswa S2 dan S3, beasiswa menyediakan fasilitas tiket pesawat PP (khusus negara ASEAN), biaya kuliah, biaya akademik lainnya, biaya hidup, dan akomodasi tempat tinggal

Teaching/Research Assistant Scholarship

Khusus mahasiswa pascasarjana yang ditugaskan menjadi asisten dosen atau asisten praktikum akan mendapat tunjangan sebesar 7000 baht/bulan untuk S2 dan 9000 baht/bulan untuk S3. Selain beasiswa-beasiswa di atas, terdapat pula berbagai beasiswa S1 yang ditawarkan oleh masing-masing fakultas di Chulalongkorn University. Informasi lebih lanjut mengenai beasiswa-beasiswa tersebut dapat dilihat di sini.

 

Baca Juga: Beasiswa S2 dan S3 di King Mongkut’s University of Technology North Bangkok-TGGS, Thailand

 

Info lainnya seputar Chulalongkorn University

Sebagai perguruan tinggi terbaik di Thailand selama 8 (delapan) tahun berturut-turut, Chulalongkorn University sering menjadi pilihan utama pelajar internasional yang berminat melanjutkan pendidikan tinggi di Thailand. Tapi, sebelum kamu memutuskan untuk mendaftar ke universitas pertama yang berdiri di Thailand ini, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui terlebih dahulu – mulai dari biaya hidup, sistem pendidikan, hingga bahasa yang digunakan di Thailand. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Biaya hidup yang dibutuhkan untuk kuliah di Thailand

Secara garis besar, biaya yang harus dikeluarkan untuk melanjutkan pendidikan di Thailand tergantung dari universitas, program studi, dan jenjang pendidikan yang dipilih. Meskipun demikian, biaya pendidikan tinggi di Thailand biasanya jauh lebih murah dibandingkan biaya pendidikan di negara-negara barat.

Untuk pelajar internasional di jenjang sarjana, rata-rata biaya kuliah yang harus dibayarkan di Thailand biasanya berkisar US$17.000 – US$28.000 dan untuk pelajar internasional di jenjang pascasarjana, biaya pendidikan yang harus dikeluarkan bisa berkisar antara US$8.000 hingga US$16.000.

Selain biaya pendidikan, pelajar internasional juga perlu memperhitungkan biaya hidup yang dibutuhkan saat menempuh studi di Thailand seperti biaya makan dan minum, transportasi, serta akomodasi di Thailand. Umumnya, pelajar internasional harus mengeluarkan biaya hidup sekitar US$600-US$1200 setiap bulannya untuk menutupi keperluan hidup di Thailand.

Tentu saja, besaran biaya hidup yang dibutuhkan bagi pelajar internasional untuk kuliah di Thailand banyak dipengaruhi dari lokasi tempat belajar, gaya hidup, dan berbagai keperluan hidup lainnya.

Sistem pendidikan tinggi di Thailand

Sistem pendidikan tinggi di Thailand menawarkan berbagai program studi melalui kurang lebih 156 perguruan tinggi yang dibagi menjadi beberapa kategori termasuk di antaranya :

  1. Universitas
  2. Institutes of Technology/Rajamangala Institutes
  3. Vocational and Technical Colleges
  4. Teacher Colleges/Rajabhat Institutes
  5. Professional Colleges untuk bidang-bidang studi tertentu seperti nursing, military dan akademi kepolisian.

Kualifikasi pendidikan tinggi yang ditawarkan di Thailand juga berbeda-beda, seperti yang sudah dibagi dalam National Qualifications Framework for Higher Education in Thailand. Kualifikasi tersebut antara lain :

  1. Advanced Diploma
    Dirancang untuk pengembangan pengetahuan dan keahlian yang dibutuhkan di dunia kerja, khususnya untuk bidang-bidang administrasi atau para profesional.
  2. Bachelor
    Dirancang untuk mengembangkan pemahaman yang komprehensif untuk suatu bidang studi.
  3. Graduate Diploma
    Dirancang bagi pelajar yang ingin melanjutkan studi lanjutan secara akademik maupun profesional di jenjang yang lebih tinggi di atas sarjana, namun tidak dapat memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan untuk jenjang master atau untuk pelajar yang tidak berminat melaksanakan riset atau project yang dibutuhkan untuk jenjang master.  
  4. Master
    Dirancang untuk mengembangkan pengetahuan dan keahlian secara akademik maupun profesional di tingkat lanjutan yang lebih tinggi dari jenjang S1.  
  5. Higher Graduate Diploma
    Dirancang sebagai kualifikasi profesional lanjutan (advanced professional qualification) yang diberikan untuk beberapa bidang studi tertentu yang membutuhkan pelatihan professional di tingkat antara Master dan Doktoral. Umumnya, kualifikasi ini diberikan untuk bidang studi seperti medicine, pharmacy dan lain-lain.
  6. Doctor
    Dirancang sebagai kualifikasi tertinggi yang melibatkan proses pembuatan, interpretasi, dan implementasi pengetahuan yang dilakukan untuk mengembangkan disiplin ilmu.   

Bahasa yang digunakan di Thailand

Bahasa nasional yang secara resmi digunakan di Thailand adalah bahasa Thai, sehingga bahasa ini digunakan sebagai bahasa pengantar di berbagai institusi pendidikan. Meskipun demikian, beberapa universitas juga membuka berbagai program studi yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar utama.

 

Rekomendasi bimbingan persiapan lolos Chulalongkorn University

Ingin melanjutkan studi di Chulalongkorn University? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan daftar universitasmu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan dapat universitas luar negeri? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

Sumber :

1. Website resmi Universitas Chulalongkorn.https://www.chula.ac.th/en/