Contoh Essay Beasiswa Indonesia Maju, Auto Tembus Beasiswa!

Beasiswa Indonesia Maju atau BIM adalah salah satu beasiswa bergengsi yang diberikan oleh Kemdikbud Ristek. Beasiswa ini memberikan kesempatan untuk mengenyam pendidikan S1 di luar negeri secara gratis. Salah satu syarat mendaftar beasiswa ini adalah menulis essay. Di artikel ini kita akan bahas panduan dan contoh essay beasiswa Indonesia maju. 

 

Instruksi Menulis Esai

Pada beasiswa BIM, kalian diminta untuk menulis 3 buah esai dalam bahasa Inggris dengan panjang masing-masing 200 hingga 300 kata. Berikut adalah pertanyaan-pertanyaan yang harus kalian jawab pada masing-masing esai:

1. What are you passionate about, why and how has this influenced what you want to study at university?

2. Tell us about your leadership, extracurricular, and socio-cultural activities. Why have you chosen these activities and how have these experiences developed your skills, leadership, and character?

3. Do you  want to contribute to Indonesia? If so, in what way and why do you think this is an important issue to address?

Baca baik-baik dan coba gali kira-kira pengalaman apa yang dapat kalian ceritakan dan kembangkan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas? Setelah itu, buatlah sebuah outline agar kalian dapat melihat kesinambungan poin-poin dalam esai kalian. Selain itu, outline juga membantu kalian agar tidak terlalu banyak menceritakan hal yang tidak berhubungan langsung dengan pertanyaan. 

 

Panduan Menulis Esai

Esai pertama

1. Jelaskan pengalaman kamu yang berkaitan dengan jurusan tujuan kamu, misalnya saat naik motor kamu merasa banyak polusi karena polusi berdampak buruk bagi lingkungan dan kesehatan. Kamu tertarik untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan polusi serta mencari tahu apakah ada teknologi atau metode yang efektif untuk mengurangi polusi. Kemudian, kamu memilih jurusan tersebut karena ketertarikan tersebut dan ingin berkontribusi nantinya.

2. Bisa juga alasan kamu karena terinspirasi oleh seseorang. Misalnya karena melihat orang tua bekerja pada bidang tersebut dan kamu diajarkan sedikit tentang jurusan itu, atau karena kamu terinspirasi oleh seseorang yang berada pada lingkup bidang itu seperti ilmuwan, orang yang bekerja di bidang tersebut, atau aktivis. Hal ini membuat kamu ingin suatu saat nanti bisa berkontribusi seperti mereka, sehingga kamu memilih jurusan tersebut.

3. Jangan lupa untuk mengaitkan bahwa di kampus tersebut menawarkan course yang berkaitan dengan interest kamu, sehingga kamu dapat mengembangkan minat dan bakat kamu di bidang yang sesuai dengan tujuan akademik dan karir kamu di masa depan.

Esai kedua

1. Tuliskan pengalaman yang menunjukkan kemampuan kepemimpinan kamu, keterlibatan dalam komunitas yang berbeda seperti OSIS, Palang Merah Remaja, Pramuka, ekskul, kepanitiaan, dan lain sebagainya. 

2. Jelaskan kontribusi yang kamu berikan, dengan fokus pada kontribusi individu walaupun kegiatan dilakukan bersama dengan tim. Sertakan skill dan/atau knowledge yang kamu gunakan pada kegiatan tersebut sebagai contoh dari pengalaman kamu yang terbaru di SMA. Sertakan juga hasil dari kontribusi kalian dalam penjelasan kuantitatif ataupun kualitatif.

3. Gunakan metode STAR (Situation, Task, Action, Result)

 

Baca Juga: Simak Syarat Serta Panduan Beasiswa Indonesia Maju

 

Esai ketiga

1. Bagikan semangat kamu dalam menciptakan perubahan positif bagi Indonesia. Jelaskan kontribusi yang berarti bagi masyarakat dan negara, serta tunjukkan bahwa kamu bersedia dan bersemangat memberikan kontribusi untuk kemajuan di Indonesia dengan banyaknya pengalaman dan pengetahuan yang akan kamu peroleh. 

2. Jika kamu menjelaskan sebuah isu atau masalah terkini yang sedang terjadi di Indonesia atau di lingkungan sekitar, pastikan berdasarkan fakta dan data, bisa dari pengalaman pribadi, isu di tempat tinggal, pengalaman observasi atau penelitian. Jelaskan peran yang kamu lakukan dalam mengatasi tantangan atau menciptakan perubahan tersebut, serta jelaskan tindakan atau aksi yang kamu lakukan dalam peran tersebut.

3. Tunjukkan menunjukkan skill dan kreativitas yang kamu gunakan, atau dengan siapa kamu bekerja sama dalam menyelesaikan masalah yang kalian ceritakan tadi. 

4. Tunjukkan bahwa kamu bisa menjadi seseorang yang memiliki target dan tujuan yang realistis dan relevan dengan bidang yang kamu tekuni, serta mengaitkan tujuan masa depan kamu dengan visi dan misi Indonesia atau kontribusi yang ingin kamu berikan untuk Indonesia.

 

Contoh Essay Beasiswa Indonesia Maju

Esai pertama

My passion lies in the intertwined realms of biology and basketball. My fascination with biology arose from an innate curiosity about the living world around us. Winning the Biology Olympiad accentuated my love for this field and inspired me to pursue a university degree in it. Understanding the complexities of life on a molecular level is a challenge I am eager to undertake. In parallel, my love for basketball, marked by our national tournament victory, taught me discipline, teamwork, and resilience. These sports values, when juxtaposed with my academic interest, have shaped my aspiration to integrate biology and sports science in university, potentially leading to advancements in athlete performance and health.

Esai kedua

As a team captain in the basketball tournament and a team member in the Biology Olympiad, I’ve had the chance to develop my leadership skills, teamwork, and perseverance. Leading a team under high-pressure situations and making strategic decisions were opportunities for me to grow. Moreover, participating in these competitions has also honed my problem-solving and analytical skills, which are crucial in both basketball games and biological research. These experiences have shaped my character, making me more resilient, adaptable, and determined.

Esai ketiga

My contribution to Indonesia lies in the field of sports science. I envision using my knowledge of biology and my experience in sports to improve our athletes’ training methods, nutrition, and injury prevention. Improving these areas can significantly enhance our athletes’ performance, making Indonesia more competitive on the international stage. I believe this is important to address because sports serve as a powerful tool to unite our nation, inspire the youth, and foster a healthy lifestyle among Indonesians. This aligns perfectly with my passion, and I am determined to make a significant contribution to our nation in this way.

 

Baca Juga: Raih Beasiswa S2 Bersama Beasiswa Indonesia Maju!

 

Bimbingan Menulis Contoh Essay Beasiswa Indonesia Maju

Ingin dapat lebih mahir menulis essay untuk beasiswa? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan daftar universitasmu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan dapat universitas luar negeri? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

contoh essay beasiswa indonesia maju