Contoh Essay LPDP, Simak dan Peroleh Hasil yang Maksimal!

Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) di bawah naungan Kementerian Keuangan Republik Indonesia menyediakan beasiswa untuk lulusan D-4/S-1 dan S-2 yang hendak melanjutkan pendidikan ke jenjang S-2 dan S-3. Beasiswa tersebut dikenal dengan nama beasiswa LPDP. Beasiswa ini merupakan beasiswa penuh yang membiayai biaya kuliah dan biaya lainnya, termasuk biaya tempat tinggal untuk menunjang kelancaran studi di berbagai universitas dunia. Salah satu persyaratan beasiswa LPDP adalah membuat essay. Simak cara membuat dan contoh essay LPDP yuk!

Ketentuan penulisan dan contoh essay LPDP

Informasi menganai ketentuan essay LPDP bisa dengan mudah Hunters baca di website resmi penyelenggara LPDP. Setelah melihat ketentuan essay di website resmi LPDP, yuk, simak tips berikut untuk membuat essay yang bagus!

1. Jelaskan kontribusi untuk beasiswa LPDP

Tulislah essay LPDP dengan jujur. Jangan menuliskan hal yang tidak benar tentang kamu atau bahkan memanipulasi topik atau permasalahan yang kamu angkat dalam essay. Saat menuliskan kontribusi yang ingin kamu berikan setelah menerima beasiswa, jangan menulis hal yang Hunters sendiri merasa tidak mampu melakukannya.

Contohnya:

a. Dampak sosio-ekonomi di Indonesia akibat pandemi COVID-19, ketimpangan sosial, dan lainnya. Jelaskan secara relevan apa yang bisa kamu perbuat berdasarkan program dan pengalaman yang kamu punya dan yang akan kamu pelajari.

b. Salah satu rencana konkret saya setelah menyelesaikan studi adalah mendirikan sekolah inklusif yang menerapkan metode pembelajaran terbaik bagi anak-anak dengan kebutuhan khusus. Selain itu, saya juga berencana untuk mengadakan pelatihan bagi guru-guru di berbagai daerah di Indonesia tentang pentingnya pendidikan inklusif dan bagaimana cara mengimplementasikannya dengan baik.

2. Kenali diri sendiri

Pernah merasa bingung saat menulis essay? Barangkali Hunters belum mengenal diri kamu dengan baik. Coba ingat-ingat lagi pengalaman, kelebihan, dan kekurangan kamu. Kira-kira kontribusi apa yang sekiranya bisa Hunters berikan setelah menerima beasiswa.

Contohnya:

a. Saya seseorang yang gigih. Jika fokus pada suatu tujuan, saya akan menindaklanjutinya hingga tercapai. Saat itu, saya sedang mempersiapkan diri untuk tes TOEFL sambil bekerja dua pekerjaan penuh waktu dan sukses dapat skor 590 sebagai hasilnya.

b. Saya tidak pandai berbicara di depan umum. Namun, saya memiliki pengalaman presentasi di depan 100 orang lebih sebagai perwakilan tim dalam kompetisi karya ilmiah, di mana saya melakukannya dengan baik karena saya berlatih setiap hari.

3. Mulai dengan kalimat pembuka yang menarik

Pendahuluan yang menarik bisa membuat pembaca ingin terus membaca essay Hunters. Hal ini sangat penting mengingat banyaknya essay yang harus dinilai oleh tim seleksi.

Contohnya:

a. Dalam perjalanan saya mengajar di salah satu sekolah dasar di Jawa Tengah, saya sering kali bertemu dengan anak-anak yang memiliki kebutuhan khusus. Mereka adalah individu yang cerdas dan penuh semangat.

Namun, sering kali terpinggirkan karena kurangnya fasilitas dan pemahaman masyarakat tentang pendidikan inklusif. Melihat hal ini, saya merasa terpanggil untuk memberikan kontribusi lebih kepada tanah air melalui pendidikan yang inklusif dan merata.

4. Hindari kalimat klise

Frasa-frasa seperti “saya ingin mengubah Indonesia” atau “saya ingin menjadi agen perubahan” mungkin sudah sering didengar. Cobalah untuk menyampaikan ide atau tujuan Hunters dengan cara yang lebih spesifik dan personal.

Contohnya:

a. Kontribusi ini, meski mungkin tampak kecil, saya percaya dapat memberikan dampak besar bagi masa depan anak-anak Indonesia. Dengan pendidikan yang merata dan inklusif, setiap anak, tanpa terkecuali, memiliki kesempatan yang sama untuk mencapai potensi terbaiknya dan berkontribusi bagi kemajuan bangsa.

Kategori beasiswa

LPDP menyediakan tiga skema utama beasiswa di mana masing-masing skema utama terbagi lagi menjadi beberapa kategori sebagai berikut:

  1. Reguler (umum): Beasiswa Perguruan Tinggi Utama Dunia (PTUD), Beasiswa Reguler, dan Beasiswa Co-funding;
  2. Afirmasi: Beasiswa Putra-Putri Papua, Beasiswa Daerah Afirmasi, Beasiswa Penyandang Disabilitas, dan Beasiswa Prasejahtera;
  3. Targeted: Beasiswa Pendidikan Kader Ulama; Beasiswa PNS, TNI, dan POLRI; Beasiswa Kerja Sama Bidang Metalurgi dan Sains Material; dan Beasiswa Kewirausahaan.

 

Syarat daftar beasiswa 

Apabila hendak mendaftarkan diri pada beasiswa ini, harus memenuhi persyaratan berikut:

  1. Warga negara Indonesia (WNI);
  2. Sudah lulus program D-4/S-1 dari perguruan tinggi terakreditasi;
  3. Tidak sedang menempuh studi degree/non-degree S-2;
  4. Tidak sedang mendaftar, menerima, atau akan menerima beasiswa lain;
  5. Program studi dan perguruan tinggi tujuan sesuai dengan ketentuan LPDP;
  6. Apabila Hunters merupakan lulusan universitas luar negeri, maka harus melampirkan hasil penyetaraan ijazah dan konversi IPK;
  7. Melengkapi profil pendaftaran;
  8. Menandatangani surat pernyataan pada aplikasi pendaftaran;
  9. Menuliskan komitmen kembali ke Indonesia, rencana pasca studi, dan rencana kontribusi setelah; menyelesaikannya;
  10. Menulis tautan atau riwayat publikasi ilmiah (apabila ada).

 

Nah, salah satu persyaratan daftar beasiswa LPDP yaitu harus membuat esai berupa komitmen kembali ke Indonesia, rencana pasca studi, dan rencana kontribusi setelah menyelesaikannya. Lantas, apakah Hunters sudah mengetahui cara menulis esai untuk beasiswa LPDP? Yuk simak!

 

Tertarik dengan beasiswa LPDP dan ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan konsultan expert? Schoters bisa bantu kamu mulai dari persiapan memilih universitas, beasiswa, persyaratan dokumen hingga interview.

Silahkan klik tombol “Konsultasi Kuliah di Luar Negeri” di bawah ini dan kamu bisa bebas tanya apa pun. 👇

[Schoters] Form Konsultasi Harvester

 

Baca Juga : Ketahui Tahapan Seleksi LPDP Disini!

 

contoh essay lpdp

 

Baca Juga : Jangan Sampai Ketinggalan Infonya! Seputar Informasi Beasiswa LPDP 2024 Terbaru!

 

Persiapan pendaftaran beasiswa LPDP bersama Schoters!

Ingin lolos beasiswa LPDP? Yuk, konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan beasiswamu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan beasiswa LPDP? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

Banner CTA K2- Schoters (Feb 27, 2023 11:04 AM)