Mengenal Contoh Letter of Intent Beasiswa Turki

Tertarik untuk melanjutkan pendidikan tinggi di Turki dengan beasiswa? Salah satu beasiswa yang bisa kamu coba untuk kuliah di Turki adalah program beasiswa Turkiye Burslari atau beasiswa Turki yang ditawarkan setiap tahun oleh Pemerintah Turki. Untuk mendapatkan beasiswa ini, calon mahasiswa harus memenuhi beberapa dokumen persyaratan termasuk di antaranya Letter of Intent. Apa yang dimaksud dengan letter of intent untuk beasiswa Turki? Lalu bagaimana contoh letter of intent beasiswa Turki yang baik? Simak ulasan singkatnya di bawah ini.

 

Apa Itu Letter of Intent

Secara umum, Letter of Intent adalah salah satu jenis esai beasiswa yang dibutuhkan sebagai salah satu dokumen persyaratan untuk mendaftar beasiswa Turki. Letter of Intent biasanya berisi preferensi studi, harapan serta tujuan karier pelamar beasiswa di masa yang akan datang setelah berhasil menyelesaikan program studi di Turki.

 

Tips Menulis Letter of Intent

Untuk menulis letter of intent dengan baik, berikut adalah 4 tips yang bisa kamu perhatikan.

1. Perhatikan aturan penulisan letter of intent

Untuk menulis letter of intent yang baik, jangan lupa untuk memperhatikan aturan penulisan letter of intent termasuk format dan jumlah karakter maksimal. Biasanya, letter of intent untuk beasiswa Turki ditulis dengan maksimal 3000 karakter (termasuk spasi).

2. Memilih pengalaman yang relevan

Saat memberikan penjelasan mengenai latar belakang pendidikan, jangan lupa untuk menuliskan pengetahuan atau keahlian serta berbagai pencapaian akademik maupun non akademik yang relevan dengan program studi yang dituju. Memilih pengalaman yang relevan akan membantu pelamar beasiswa memberikan justifikasi yang kuat di balik program studi yang dipilih oleh pelamar.

3. Menulis alasan memilih Turki dengan spesifik

Saat menulis letter of intent, jelaskan pula alasan memilih Turki sebagai destinasi studi secara spesifik yang berhubungan dengan program studi yang akan dituju di Turki. Selain itu, kamu juga bisa memasukkan pengetahuan yang sudah kamu miliki tentang Turki tentang budaya, sejarah dan bahasa Turki untuk menunjukkan bahwa kamu pantas menjadi kandidat penerima beasiswa Turki.

4. Menulis rencana pasca studi dengan spesifik

Pelamar beasiswa juga perlu menunjukkan rencana pasca studi yang jelas setelah menyelesaikan program studi di Turki. Rencana tersebut dapat dijelaskan dengan memasukkan berbagai langkah-langkah yang akan dilakukan untuk mencapai rencana pasca studi sekaligus juga penjelasan tentang bagaimana studi di Turki dapat membantu pelamar mewujudkan rencana pasca studi.  

 

Baca Juga: Kupas Tuntas Beasiswa Turkiye Burslari! Yuk Ketahui Info Lengkapnya disini

 

Contoh Letter of Intent Beasiswa Turki   

Mengutip situs Berita Edukasi, berikut adalah contoh letter of intent beasiswa Turki yang bisa dijadikan sebagai salah satu referensi.

Contoh Letter of Intent Beasiswa Turki

 

Baca Juga: Sebelum Kuliah di Turki, Yuk Ketahui Serba-Serbi Kuliah di Turki!

 

Bimbingan Menulis Letter of Intent Beasiswa Turki

Ingin tahu lebih banyak contoh Letter of Intent Beasiswa Turki? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan menulis Letter of Intent untuk daftar beasiswa Turki kamu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan menembus beasiswa Turki? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap. 

Contoh Letter of Intent Beasiswa Turki