4 Tipe Contoh Soal IELTS Lengkap dan Pembahasannya

Tips & Trik, 02 Mar 2023

Sejatinya, setiap tes bahasa Inggris yang ada punya tujuan dan tipe soal yang berbeda-beda. IELTS sendiri biasanya digunakan untuk persyaratan beasiswa, masuk universitas luar negeri atau syarat tinggal di suatu negara. Nah bagi kamu yang masih asing dengan tes bahasa Inggris ini, yuk kenali 4 contoh soal IELTS dengan pembahasannya serta tips belajarnya dari Schoters berikut ini!

Pengertian, Tujuan dan Lembaga Penyelenggara IELTS

International English Language Testing System (IELTS) merupakan rangkaian tes bahasa Inggris yang digunakan sebagai syarat untuk tinggal atau bekerja di negara yang menggunakan bahasa Inggris sebagai penutur bahasanya. 

Berdasarkan kepentingannya, kamu hanya bisa mendapatkan hasil tes IELTS yang valid dan diakui pada beberapa lembaga tertentu saja. Seperti Universitas Cambridge, British Council, dan IDP (Australian Universities and Colleges). Karena sering digunakan sebagai salah satu syarat untuk studi ke luar negeri, IELTS dibagi menjadi dua modul, yaitu untuk Modul Umum dan Modul Akademis. 

Perbedaan General IELTS dan Academic IELTS

Tes IELTS biasanya membutuhkan waktu 2 jam 45 menit untuk menyelesaikan keseluruhan tipe soal. Sedangkan perbedaan kedua tes di atas terletak pada tujuannya. Modul Umum biasa digunakan untuk kebutuhan migrasi, sedangkan modul akademis digunakan untuk keperluan studi. Berdasarkan perbedaan tersebut, contoh soal IELTS juga akan berbeda dari modul umum dan akademik.

Contoh soal IELTS Umum akan banyak menggunakan bahasa sehari-hari dan topik yang biasanya ada dalam percakapan seharian. Sehingga contoh soal IELTS Umum akan terasa lebih mudah. Sedangkan contoh soal IELTS Akademik akan banyak mengeluarkan percakapan atau artikel ilmiah yang lebih kompleks makna dan pemilihan katanya. 

4 Format Contoh Soal IELTS

Secara umum, tes IELTS merupakan alat untuk melihat seberapa jauh kemampuan seseorang dalam menggunakan bahasa Inggris melalui kemampuan listening, reading, writing dan speaking. Jadi, tidak ada kata “GAGAL” atau “LOLOS” dalam ujian IELTS. Hanya saja, IELTS mengenal kata “Band Score”, yaitu rentang skor yang didapat oleh seseorang. 

Skor akhir di dapat dari total semua skor di 4 tipe contoh soal IELTS dan dibagi menjadi 4. Kemudian kamu akan mendapatkan skor dari rentang 0 - 9. Deskripsi mengenai setiap nilainya bisa kamu lihat di sini.

 

Contoh Soal IELTS Reading

IELTS Reading Test terdiri dari 3 bagian dengan 40 soal. Kamu akan banyak mendapatkan bacaan dari jurnal ilmiah (banyak di Modul Akademis), laporan berita, majalah, buku, dan lain sebagainya. Contoh soal IELTS Reading biasanya terdiri dari pilihan ganda, mengidentifikasi pernyataan (TRUE/FALSE/NOT GIVEN), mencocokan informasi, dan memberikan jawaban singkat. 

Waktu yang diberikan pada IELTS Reading Test adalah 60 menit dan “Band Score” dari IELTS Reading Test bisa kamu lihat di sini. Beberapa skills yang akan banyak membantumu adalah Skimming dan Scanning!

 

Contoh Soal IELTS Speaking

Pada contoh soal IELTS Speaking kamu akan bertemu dengan penguji secara langsung, baik tatap muka secara offline atau menggunakan ZOOM. Tes ini akan dibagi menjadi 3 bagian, antara lain:

  • Perkenalan dan pertanyaan umum tentang hobi, tempat asal, dan lain sebagainya selama 5 menit.
  • Monolog tentang suatu topik tertentu dengan 2 menit untuk berpikir dan 3 menit untuk menyampaikan pendapat. 
  • Diskusi dua arah, dimana kamu dan penguji akan berdiskusi tentang hal yang lebih luas, tetapi tidak terlalu jauh dari topik yang sudah diberikan sebelumnya.

Selama tes berlangsung, ada baiknya kalau kamu banyak berlatih sendiri di rumah. Karena pada bagian speaking biasanya akan diberikan topik yang sebenarnya sering kamu temui seperti hiburan, makanan tradisional di daerahmu, apakah kamu pernah pergi ke museum dan lain sebagainya. Sedangkan rentang skor untuk contoh soal IELTS Speaking bisa kamu lihat di sini

 

Contoh Soal IELTS Writing

Pada bagian IELTS Writing, kamu akan menemukan dua jenis tulisan dengan rentang skor yang bisa kamu lihat di sini. Tulisan Pertama dilakukan selama 20 menit dengan minimal 150 kata dan Tulisan Kedua dilaksanakan paling lama 40 menit dengan minimal 250 kata. Sehingga total mengerjakannya adalah 60 menit atau 1 jam. Oleh karena ada beberapa hal yang berbeda dari dua contoh soal IELTS Writing ini.

Task 1: Contoh Soal IELTS Writing dan Pembahasan 

Bagian tes pertama akan berupa data seperti diagram batang, peta, diagram garis dan lain sebagainya. Pada bagian pertama ini, kamu akan diminta menjelaskan data di atas dan poin yang paling signifikan. Sehingga karakter tulisannya berupa faktual dan tidak menambahkan opini pribadi. 

Biasanya data tersebut berupa hasil survei, persebaran masyarakat, hasil penjualan produk tertentu ataupun perbedaan dua tempat setelah dan sebelum direnovasi. Berikut contoh soal IELTS Writing Task 1.

You should spend about 20 minutes on this task.

The table illustrates the proportion of monthly household income five European countries spend on food and drink, housing, clothing and entertainment.

Summarize the information by selecting and reporting the main features and

make comparisons where relevant.

Write at least 150 words.

The Proportion of household income five European countries spend on food and drink, housing, clothing and entertainment

  Food and drink Housing Clothing Entertainment
France 25% 31% 7% 13%
Germany 22% 33% 15% 19%
UK 27% 37% 11% 11%
Turkey 36% 20% 12% 10%
Spain 31% 18% 8% 15%

Pembahasan Contoh Soal IELTS Writing Task 1

Dalam menulis jawaban contoh soal IELTS Writing di atas, yang harus kamu sampaikan adalah “Pembukaan” atau menuliskan kembali pertanyaan soa dengan bahasa kamu sendiri. Kemudian membuat “Overview” atau menyampaikan informasi umum atau sekilas dari pembahasan di atas. Kemudian kamu bisa menjelaskan perbedaan yang signifikan dari tabel di atas tanpa menambahkan pendapatmu.

Task 2: Contoh Soal IELTS Writing dan Pembahasan 

Pada contoh soal IELTS Writing bagian 2, kamu akan mendapatkan sebuah pertanyaan yang menanyakan pendapat, setuju atau tidak setuju, memberikan solusi ataupun diskusi mengenai topik yang diberikan.  Contoh Soal IELTS Writing antara lain:

You should spend about 40 minutes on this task.

Write about the following topic:

Some people claim that not enough of the waste from homes is recycled. They say that the only way to increase recycling is for governments to make it a legal requirement.

To what extent do you think laws are needed to make people recycle more of their waste?

Give reasons for your answer and include any relevant examples from your own knowledge and experience.

Write at least 250 words.

Pembahasan Contoh Soal IELTS Writing Task 2

Melalui pertanyaan Contoh Soal IELTS Writing di atas, kamu diminta untuk memberikan pendapat kamu tentang daur ulang sampah rumah tangga. Kamu bisa menjawabnya dengan format “Pembukaan” atau menuliskan kembali pertanyaan soa dengan bahasa kamu sendiri. Kemudian “Opini ke-1 dan ke-2” yang disertai dengan contoh yang bisa kamu temui sehari-hari. Dan terakhir “Kesimpulan” yaitu hasil dari opini yang telah kamu tulis tanpa adanya penambahan informasi lain yang tidak disebutkan.

 

Contoh Soal IELTS Listening

Dalam IELTS Listening peserta akan mengerjakan ujian selama 40 menit dengan 40 soal pertanyaan yang dibagi menjadi 4 bagian. Model contoh soal IELTS Listening antara lain menyempurnakan bacaan, pilihan ganda, gap filling, menuliskan label pada diagram atau peta, mencocokkan percakapan dan menyempurnakan diagram atau tabel. 

Beberapa skills kunci yang yang bisa kamu latih adalah konsentrasi, menemukan keywords dan menambah kosa kata sinonim, Pada bagian ini, rentang skor bisa kamu lihat pada link ini. 

 

Rekomendasi Bimbingan Persiapan IELTS di Schoters

Nah, seperti yang sudah Hunters ketahui di atas. Contoh soal IELTS memang sangat beragam. Jadi bagi Hunters yang belum pernah belajar basic English harus mau untuk belajar dari awal terlebih dahulu sebelum ikut ujian IELTS. Bagi Hunters yang belum bisa basic English ataupun yang sudah tapi ingin ikut IELTS, yuk persiapkan dirimu sebaik mungkin dengan beberapa program Schoters di sini!