Tips dan Cara Membuat CV Beasiswa dengan Mudah

Hunters masih pusing membuat CV  untuk pendaftaran beasiswa atau daftar kerja? Yuk simak artikel berikut untuk panduan membuat CV beasiswa berikut dengan mudah.

Mengapa CV Khusus Beasiswa itu Penting?

 

 

 

Curriculum Vitae (CV) merupakan sebuah dokumen penting yang berisikan informasi mengenai riwayat pendidikan, pengalaman kerja, keahlian, dan kualifikasi lainnya yang dimiliki oleh seorang individu.

CV adalah salah satu part penting yang digunakan untuk mencari pekerjaan atau melamar beasiswa, karena CV memberikan gambaran lengkap mengenai seseorang dan potensinya, sehingga wajib bagi kamu untuk membuat CV yang profesional. CV yang profesional sangat penting karena memberikan kesempatan kepada para rekruter untuk mengevaluasi kualifikasi dan potensi yang dimiliki oleh seseorang dalam melamar kerja atau beasiswa.

Dengan melihat CV, perekrut dapat melihat pengalaman kerja sebelumnya, keterampilan yang dimiliki, pendidikan, sertifikasi, dan prestasi yang relevan. CV juga dapat memberikan gambaran tentang kepribadian dan karakter seseorang melalui informasi tambahan seperti minat dan hobi.

Hal-Hal yang Dibahas dalam CV untuk Beasiswa

CV untuk beasiswa harus mencakup beberapa informasi dibawah ini, yakni:

1. Data pribadi seperti:

  1. Nama lengkap
  2. Nomor HP dilengkapi dengan kode negara
  3. Email
  4. Alamat yang bisa kamu jelaskan secara singkat dengan nama kota dan negara domisili
  5. LinkedIn (jika ada).

2. Latar belakang pendidikan

  1. 1 hingga 2 pengalaman terakhir saja
  2. Lampirkan nilai IPK (jika nilai IPK-mu kurang, lebih baik untuk tidak dicantumkan.

3. Perjalanan Karir

  1. Kamu bisa mencantumkan pengalaman freelance dan intern jika kamu fresh graduate
  2. Sertakan pula tanggung jawab yang kamu kerjakan saat itu
  3. Sertakan pula pencapaian selama kamu bekerja.

4. Sertifikat Prestasi, Karya atau Pubikasi

  1. Jika kamu mendaftar untuk universitas dan beasiswa, silahkan untuk mencantumkan secara rinci prestasi, karya dan publikasi yang sudah kamu dapatkan.
  2. Jika kamu mendaftar untuk pekerjaan, cantumkan yang relevan dengan posisi yang kamu lamar atau dengan pengalaman 5 tahun terakhir.

5. Sertifikat profesional atau kursus. Kamu bisa mencantumkan link sertifikat sebagai bukti.
6. Soft skills dan hard skills yang berhubungan dengan perjalanan karir, pendidikan dan prestasi yang kamu dapatkan.
7. Kemampuan bahasa, kamu bisa mencantumkan hasil tes bahasa dan link sertifikat.
8. Link portfolio (Tidak wajib).

Melalui list di atas, apakah sudah terbayang CV seperti apa yang ingin kamu tulis?

 

Baca Juga: Cara Membuat CV Tembus Harvad University

 

Lebih Baik CV Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris

Jika dalam konteks melamar beasiswa dan universitas luar negeri, tentu saja kamu harus menggunakan CV dalam Bahasa Inggris. Namun jika untuk melamar pekerjaan, tidak ada ketentuan pasti kamu harus menulis CV dalam Bahasa Inggris atau Indonesia. 

Tapi ada beberapa manfaat lebih jika kamu menulis CV dalam Bahasa Inggris. Salah satu manfaatnya adalah Bahasa Inggris lebih universal dan kamu bisa menggunakannya dimana saja sehingga kamu tidak harus bekerja dua kali untuk membuat CV.

Kriteria CV Bahasa Inggris yang Baik

Selain kelebihannya di atas, CV Bahasa Inggris juga membutuhkan perhatian yang lebih. Salah satunya adalah pemilihan kata dan grammar. Jadi, jika kamu tidak terlalu percaya diri dengan kemampuan Bahasa Inggris-mu, kamu bisa menggunakan alat cek grammar atau meminta teman untuk mengecek tulisanmu terlebih dahulu.

Jangan sampai CV Bahasa Inggrismu malah membuat kredibilitas dipertanyakan oleh panitia beasiswa atau recruiter ya. 

Cara Membuat CV Beasiswa dalam Bahasa Inggris

Setelah mengetahui hal-hal yang harus diperhatikan dalam menulis CV beasiswa dalam Bahasa Inggris, berikut panduan lengkapnya:

1. Tuliskan data diri

Di bagian paling awal, tuliskan data diri seperti di atas tapi hindari untuk menggunakan foto kecuali diminta oleh pihak beasiswa, universitas atau perusahaan. Foto sendiri dinilai dapat menciptakan bias.

2. Tuliskan pengalaman pendidikanmu

Setelah data diri, tuliskan pengalam studimu. Jika kamu lulusan SMK/SMA/MA dan S1, tuliskan pengalaman studi terakhirmu saja. Sedangkan jika kamu sudah S3, kamu bisa menuliskan pengalaman S1, S2 dan S3 yang kamu miliki. Tapi hindari untuk menuliskan riwayat pendidikan sejak SD hingga SMP, ya.

3. Detail pengalaman profesional

Kamu bisa menuliskan pengalaman bekerja profesional dari yang paling baru hingga terlama. Jelaskan pula skill, pencapaian dan tanggung jawabmu selama bekerja.

4. Sebutkan pengalaman dan sertifikat

Dalam membuat CV beasiswa, kamu bisa menyebutkan pengalaman organisasi, prestasi, projek relawan, sertifikat profesional dan lain-lain.

5. Cek kembali CV Bahasa Inggris

Setelah menulis CV dalam Bahasa Inggris jangan lupa untuk cek kembali grammer yang kamu gunakan dan hindari error sedikit pun. Berikut panduan penulisannya. Meski terlihat mudah, pastikan kamu untuk meluangkan waktu tertentu untuk fokus menulis CV Bahasa Inggris, ya.

Perbedaan CV Beasiswa untuk Akademis dan Pekerjaan

Cara menulis CV profesional Bahasa Inggris akademis dan pekerjaan sebenarnya tidak terlalu berbeda. Hanya saja kamu harus mengubah point of view dari CV Bahasa Inggris yang kamu gunakan. 

1. Cara menulis CV Bahasa Inggris akademis

Dalam kontek akademis, berarti kamu harus banyak menyampaikan pencapaian akademik, penelitian, kegiatan sosial dan publikasi yang pernah kamu capai. 

Ingat! Kebanyakan beasiswa dan universitas mencari mereka yang mempunyai jiwa kepemimpinan dan prestasi akademis yang baik. Jadi pastikan kalau mereka melihat potensi kamu dari CV Bahasa Inggris yang kamu buat.

2. Cara menulis CV Bahasa Inggris pekerjaan

Berbeda dengan konteks, akademis. CV Bahasa Inggris untuk melamar pekerjaan dibuat untuk melihat pengalaman dan skill  seseorang. Jadi, yang harus kamu highlight dalam CV kamu adalah tanggung jawab apa saja yang pernah kamu kerjakan, prestasi selama kamu ada di posisi itu, dan skills apa saja yang kamu dapat selama bekerja.

Contoh CV Profesional Bahasa Inggris

Bagi kamu yang masih bingung dengan format yang akan kamu pilih, sebenarnya ada beberapa website untuk membangun CV Profesional Bahasa Inggris, baik ATS atau yang kreatif. Untuk CV Profesional Bahasa Inggris ATS kamu bisa mencoba “ResumeAI by Wonsulting” dan untuk versi kreatif kamu bisa banyak melihat contohnya di “Behance.net”.

 

Baca Juga: Motivation Letter Untuk Apply Beasiswa

 

Rekomendasi Bimbingan CV/ Persiapan Berkas Beasiswa

Ingin dibimbing dan direview CV-nya? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar tulisan CV dan persiapan beasiswamu lebih terarah. Butuh program lain untuk persiapan beasiswa dan masuk universitas luar negeri? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

Tips dan Cara Membuat CV Beasiswa dengan Mudah