Cara Lanjut Studi D3 ke S1 di Luar Negeri dengan Beasiswa

Kamu mahasiswa D3 ingin lanjut studi, tapi enggak ada biaya? Itu berarti, artikel ini cocok buat kamu! Sebab, pada artikel ini, kita akan membahas cerita dari seorang mahasiswa D3 asal Indonesia yang bisa lanjut studi S1 ke China dengan beasiswa. Ingin tahu gimana kisahnya? Oleh karena itu, simak cerita Lavenia, mahasiswa asal Indonesia yang berhasil lanjut studi d3 ke s1 di luar negeri dengan beasiswa!

Cara lanjut studi D3 ke S1 di luar negeri dengan beasiswa

Hai, aku Lavenia, mahasiswa teknik di Zhengzhou University China. Aku adalah mahasiswa asal Indonesia yang berhasil lanjut studi dari D3 ke S1 di luar negeri dengan beasiswa. Jadi, di artikel ini, aku akan membagikan kisahku bagaimana aku bisa lanjut studi D3 ke S1 di luar negeri dengan beasiswa.

Sebelum lulus, aku sudah mencoba mencari informasi tentang beasiswa dari D3 ke S1 di luar negeri dan memahami syarat-syarat beasiswa pada umumya. Aku mempersiapkan semuanya jauh-jauh sebelum aku lulus.

Cara pertama yang aku lakukan waktu itu adalah mengunjungi semua pameran pendidikan di kota tempat aku belajar. Sebab, di situlah aku bertanya ke representative kampus ataupun pemberi beasiswanya, sambil membawa transkrip nilai. Tak lupa, aku juga bertanya tentang sistem transfer credits.

Cara kedua yang aku lakukan waktu itu aku surfing website universitas incaranku lalu email pihak international admissionnya. Selain itu, tanya juga tentang transfer credits ini dan lampirkan pula transkrip nilaimu di email tersebut.

Cara ketiga aku menghubungi pihak agensi pendidikan. Masih tetap bertanya tentang transfer credits juga. Mereka pasti akan bantu dengan menyesuaikan universitas yang sudah ada kerjasama dengan mereka.

“In results, aku dapat dua universitas di Belanda dan satu di Malaysia. Aku juga berkesempatan untuk bertemu dengan orang Belanda dari School of International Education bagian admission students yang merupakan representatif kampus. Aku banyak dibantu sama representative-nya dan mereka  juga sempat datang dan mengobrol sama ketua departemen jurusanku di kampus untuk berkooperasi dan bantu aku buat transfer kuliah ke kampus mereka.”

 

Tertarik dengan beasiswa D3 ke S1 di luar negeri dengan beasiswa dan ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan konsultan expert? Schoters bisa bantu kamu mulai dari persiapan memilih universitas, beasiswa, persyaratan dokumen hingga interview.

Silakan klik tombol “Konsultasi Kuliah di Luar Negeri” di bawah ini dan kamu bisa bebas tanya apa pun. 👇

 

d3 ke s1 di luar negeri dengan beasiswa

 

Perlu dicatat untuk beasiswa ini

Kasus beasiswa D3 ke S1 memang agak susah untuk dapat yang dibiayai penuh atau full funded. Karena permasalahan biaya, di mana tiga universitas yang menawarkan beasiswa kepadaku tadi masih belum bisa ter-cover semua. Oleh karena itu, aku memilih mundur dari tiga pilihan universitas tersebut.

FYI, aku sempat menghubungi senior yang kuliah di salah satu universitas di Belanda waktu itu. Ada satu mahasiswa D3 yang juga lanjut ekstensi S1 di sana. Kakak tersebut mendapatkan beasiswa penuh dengan biaya kuliahnya dari beasiswa Nuffic Neso.  Aku lupa kalau tidak salah STTHS.

Biaya hidupnya ter-cover dengan beasiswa DIKTI (karna sudah lama banget dan LPDP belum ada). Waktu itu, beasiswa tersebut sudah tidak dibuka di tahun aku mendaftar. Sekarang aku selalu cek di kalender beasiswa yang ada di sini.

 

Baca Juga: Info Beasiswa Ekstensi

 

Fortunately, ada informasi di kampus yang baru-baru ini mengadakan cooperation buat ekstensi ke China. Alhamdulillah, setelah mengurus dokumen, proses seleksi, dan lainnya akhirnya aku bisa kuliah di sini. Sekarang, aku sudah 2 tahun berkuliah di sini.

Mengenai masalah terkait transfer credits, aku cari tahu sendiri dengan cara mengirim email kepihak universitas. Durasi kuliahnya beragam, ya. Bisa 2,5-3 tahun tergantung silabus dan learning outcomes dari masing-masing universitas.

Beasiswa yang aku dapat di sini juga beasiswa sebagian atau partial dari pemerintah Provinsi Henan (mencakup setengah biaya kuliah dan gratis asrama). Nominalnya menurutku hampir sama dengan jumlah yang aku keluarkan kalau aku lanjut ekstensi di universitas dalam negeri.

Begitulah cerita bagaimana aku berhasil lanjut studi D3 ke S1 di luar negeri dengan beasiswa. Terus semangat, ya! Jangan menyerah! Sebab, semua orang bisa lanjut studi D3 ke S1 di luar negeri dengan beasiswa. Asalkan, mereka mau berusaha dan pantang menyerah.

“Orang yang sukses dan yang tidak tak memiliki banyak perbedaan dalam kemampuannya. Yang membedakan cuma keinginan untuk meraih potensi diri mereka,” John Maxwell.

Temui Lavenia di Instagram: @lavenialdp

Rekomendasi bimbingan persiapan D3 ke S1 di luar negeri dengan beasiswa

Ingin lolos beasiswa S3 Manajemen luar negeri? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan beasiswamu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan S3 Manajemen luar negeri? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

d3 ke s1 di luar negeri dengan beasiswa