fbpx

Kupas Tuntas Essay Beasiswa LPDP 2021

Tips & Trik

Halo Scholarship Hunters! Sudah siap untuk mendaftar beasiwa LPDP 2021 yang sudah dibuka ini? Eits, sudah lihat belum syarat-syarat dokumennya apa saja? Salah satu syarat dari seleksi administrasi beasiswa LPDP 2021 ini juga mengharuskan pendaftar untuk membuat essay mengenai kontribusi pasca studi lho! Bingung bagaimana cara menulisnya? Simak artikel berikut yang akan mengupas tuntas essay beasiswa LPDP 2021.

1. Gunakan Bahasa Inggris dan Jangan Terlalu Panjang

Kamu berminat untuk melanjutkan studi ke luar negeri dengan beasiswa LPDP 2021? Kalau gitu, jangan ragu untuk menuliskan essay-mu dengan bahasa Inggris. Dengan cara ini, kamu bisa menunjukan bahwa kamu mampu untuk mendeskripsikan dan menuliskan tujuanmu menggunakan kalimat-kalimat dalam bahasa Inggris. Tentunya dengan melakukan hal ini, akan jadi poin plus untukmu juga lho.

Selain itu, pastikan essay-mu tidak terlalu panjang yaa. Untuk ketentuan panjang essay kontribusi pasca studi, kamu diharuskan menulis sekitar 1500-2000 kata saja. Baiknya, buatlah outline essay sebelum kamu menulis agar kamu bisa pastikan bahwa hal-hal yang dituliskan singkat, padat, dan jelas. Jangan malah curhat ya Hunters!

Baca juga: Tips Menulis Essay untuk Beasiswa

2. Perkenalan Diri

Dalam essay beasiswa LPDP 2021, kamu diharuskan untuk memperkenalkan dirimu. Kalau kamu bingung cara memperkenalkan diri yang baik seperti apa, boleh juga ya pakai poin-poin seperti berikut:

  • Asal Pendidikan
  • Background pekerjaan
  • Pencapaian kamu selama ini
  • Kegiatan kamu saat ini

Contoh paragraf perkenalan diri yang baik jika kamu ingin mendaftar untuk jenjang S2:

My name is [NAMA], I am a student from Indonesia. I graduated from [NAMA KAMPUS S1] with the focus of study in [JURUSAN S1]. I am considering to apply to Master program in [NAMA DEPARTEMEN S2] at [KAMPUS TUJUAN S2].  During my college years, I actively joined  [ORGANISASI YANG KAMU IKUTI], which exposed me to some national and international competitions. With my experience in these competitions, I was appointed as a speaker at [ACARA YANG PERNAH KAMU IKUTI]. This experience leads me to a greater opportunity as I currently become [JABATAN KAMU] at [TEMPAT KERJAMU

Pastikan juga bahwa poin-poin yang kamu jelaskan di atas masih dalam rentang waktu yang relevan ya Hunters. Jangan pencapaian atau kegiatan saat Sekolah Dasar kamu masukkan juga, hehe.

Masih belum paham dengan penjelasan di atas? Konsultasikan essay-mu dengan pakarnya ya di sini.

3. Jabarkan Masalah dan Cari Solusinya

Jangan ngaku kamu orangnya solutif jika kamu belum bisa membuktikannya di bagian ini. Pada essay beasiswa LPDP 2021 ini, mereka juga meminta kamu untuk menjabarkan isu-isu di sekitarmu dan solusi apa saja yang kamu tawarkan. Saat menjabarkan, tuliskan fakta dari sumber yang jelas dan valid ya! Hayo, kira-kira isu apa nih yang mau kamu angkat?

4. Untukmu Indonesiaku

Sebagai anak bangsa yang mendapatkan kesempatan untuk bersekolah di luar negeri, tentunya akan sangat baik jika kamu membagikan ilmu dan kemampuanmu untuk anak bangsa lainnya.

Pastikan juga dalam essay-mu bahwa kamu akan memberikan kontribusi positif yang akan membawa perubahan positif juga untuk sekitarmu. Jelaskan pula langkah praktis yang akan kamu lakukan dan pastikan bahwa hal itu bermanfaat bagi masyarakat sekitarmu ya.

5. Jelaskan Mimpimu

Agar tujuan dan cita-citamu jelas tergambarkan pada essay ini, deskripsikan dengan baik langkah-langkah yang akan kamu lakukan dalam menggapai mimpimu. Jangan lupa juga untuk menjelaskan tujuan jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang yang kriterianya seperti berikut:

  • Spesifik
  • Terukur
  • Dapat dicapai
  • Realistis
  • Tepat waktu

 

Pin It on Pinterest

Share This