8 Fakta Kerja di Jerman yang perlu Kamu Tahu

Sebelum Hunters memutuskan untuk kerja di Jerman, kamu tentu perlu mengetahui beberapa fakta kerja di Jerman berikut ini. Pengetahuan ini diperlukan agar saat Hunters mulai bekerja di Jerman, kamu tidak akan mengalami culture shock.

Lantas, apa saja fakta kerja di Jerman yang jarang diketahui banyak orang? Untuk mengetahui hal tersebut, yuk, simak ulasannya pada artikel Schoters di bawah ini! 

8 Fakta Kerja di Jerman

1. Semua aktivitas pekerjaan dilakukan dalam bahasa Jerman

Jika Hunters kerja di Jerman, sudah pasti semua aktivitas pekerjaan yang kamu lakukan akan menggunakan bahasa Jerman. Semua aktivitas komunikasi, baik yang dilakukan kepada rekan kerja ataupun atasan, semuanya dilakukan dengan menggunakan bahasa Jerman.

Oleh karena itu, ini menjadi fakta kerja di Jerman yang wajib Hunters ketahui. Sebab, dengan mengetahui fakta ini, Hunters bisa mempersiapkan kemampuan bahasa Jermanmu sebelum kamu memutuskan untuk kerja di Jerman. 

2. Tingginya jumlah upah minimum

Fakta kerja di Jerman selanjutnya yang mesti Hunters ketahui adalah tingginya jumlah upah minimum. Jika Hunters kerja di Jerman, kamu akan mendapatkan jumlah upah minimum lebih tinggi daripada di negara Eropa lainnya.

Dilansir laman Country Economy, jumlah upah minimum nasional di Jerman pada 2024 ini mencapai angka 2.000 euro per bulan. Jika dikonversi ke dalam kurs rupiah, jumlah tersebut setara dengan Rp34,5 juta per bulan. Cukup tinggi, bukan?

3. Perusahaan di Jerman sangat peduli terhadap karyawannya 

Perusahaan di Jerman juga sangat peduli terhadap para karyawannya. Mereka tidak segan-segan memberikan dana tambahan hanya untuk menjaga kesejahteraan para karyawannya. Selain itu, mereka juga tidak pernah terlambat membayar upah dan selalu memberikan bonus kepada karyawannya.

Fakta kerja di Jerman inilah yang membuat tingkat kebetahan (retention) pekerja di Jerman, baik untuk pekerja domestik maupun pekerja asing sangat tinggi. Oleh karena itu, tak ayal jika Jerman menjadi salah satu negara yang sering diincar oleh orang yang ingin kerja di luar negeri.

4. Orang Jerman sangat profesional dalam bekerja

Orang di Jerman juga sangat profesional dalam bekerja. Mereka cenderung perfeksionis dalam mengerjakan tugas-tugas yang diberikan.

Fakta kerja di Jerman ini juga perlu Hunters ketahui. Sebab, saat kamu mulai bekerja di sana, kamu tidak akan merasa kaget dengan kebiasaan orang Jerman dalam mengerjakan dan menuntaskan pekerjaan-pekerjaan mereka.

 

Baca Juga: Profesi Paling Dicari di Jerman Tahun 2024

 

5. Orang Jerman sangat disiplin dalam bekerja

Selain itu, orang di Jerman juga sangat produktif dalam bekerja. Mereka akan melakukan dan menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan secara on time. 

Hal ini lantaran orang-orang di Jerman memiliki tingkat kedisiplinan yang tinggi layaknya orang Jepang. Mereka tidak suka menunda-nunda waktu karena hal tersebut bakal memengaruhi kinerja mereka.

6. Peluang diterima kerja yang besar

Fakta kerja di Jerman ini juga perlu Hunters ketahui. Sebab, Jerman memang sedang membutuhkan banyak tenaga kerja, baik tenaga kerja domestik maupun tenaga kerja asing. Itu terjadi lantaran Jerman saat ini sedang dilanda masalah kekurangan tenaga kerja.

Dilansir DW, pada 2024 ini, Jerman membutuhkan ribuan tenaga kerja untuk mengisi kebutuhan tenaga kerja dalam negeri.  Untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja, Jerman saat ini juga sudah melakukan berbagai kebijakan. Salah satunya adalah menerbitkan Kartu Peluang. Kartu ini berfungsi untuk mempermudah orang-orang asing non-Eropa yang ingin bekerja di Jerman.

7. Sistem kerja Gleitzeit

Fakta kerja di Jerman selanjutnya yang perlu Hunters ketahui adalah sistem kerja Gleitzeit. Sistem kerja ini mnemungkinkan seorang karyawan di Jerman untuk bekerja kapan saja dalam rentang waktu pukul 6 pagi sampai pukul 10 malam.

Dengan kata lain, dengan sistem kerja Gleitzeit, Hunters tidak perlu bekerja dengan mematuhi jam kerja yang ada, seperti yang terjadi di Indonesia. Jadi, jika Hunters kerja di Jerman, kamu bisa kerja kapan saja dari pukul 6 pagi hingga pukul 10 malam asalkan tugas-tugasmu dapat terselesaikan dengan baik. 

8. Outfit menjadi hal penting saat kerja di Jerman

Outfit juga menjadi hal penting yang harus Hunters perhatikan jika kamu kerja di Jerman. Sebab, outfit yang kamu pakai saat bekerja di kantor akan menggambarkan tingkat kedisiplinan kamu.

Oleh karena itu, pakailah outfit formal atau outfit simpel, tetapi sopan. Itu diperlukan agar kamu terlihat profesional saat kamu bekerja di Jerman.

Cara Kerja di Jerman Lewat Program Ausbildung

Jika Hunters ingin kerja di Jerman, kamu bisa mengikuti program Ausbildung. Ausbildung sendiri merupakan program pelatihan vokasional non-akademik yang diselenggarakan oleh Pemerintah Jerman. Program ini bertujuan untuk menghasilkan tenaga kerja terlatih di berbagai bidang.

Program Ausbildung sendiri terdiri dari berbagai jurusan, mulai dari IT, kesehatan, teknik, perhotelan, dan masih banyak lagi. Adapun persyaratan yang harus Hunters penuhi jika kamu ingin mengikuti program ini adalah sebagai berikut:

  1. Sertifikat kompetensi bahasa Jerman B1 atau B2 dari Goethe Institute.
  2. Motivation letter yang ditulis dengan bahasa Jerman.
  3. CV yang ditulis dengan bahasa Jerman.
  4. Surat lamaran yang ditulis dalam bahasa Jerman.
  5. Ijazah pendidikan terakhir dan transkrip nilai yang diterjemahkan ke dalam bahasa Jerman oleh penerjemah tersumpah.    

 

Baca Juga: Keuntungan Ikut Program Ausbildung

 

Rekomendasi Bimbingan Persiapan Kerja di Jerman

Ingin kerja di Jerman? Yuk, konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan kerja di luar negerimu makin terarah.

Butuh program lain untuk persiapan kerja di luar negeri? Cek program Work Abroad Academy dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.