7 Fakta Najwa Shihab yang Menarik dan Wajib Diketahui

Siapa yang tidak kenal dengan Najwa Shihab. Presenter cantik yang menjadi pembawa acara di Mata Najwa yang disiarkan di Stasiun televisi Trans 7 setelah sebelumnya lama tayang di Metro TV. Selain cantik ia terkenal dengan kecerdasannya. Di acara Mata Najwa, ia sudah mewawancarai banyak tokoh-tokoh terkenal di Indonesia.

Bicara tentang nya, ada hal-hal unik tentang ia yang belum banyak diketahui. Kali ini, Schoters merangkum beberapa hal mengenai Najwa Shihab yang jarang terungkap ke publik. Berikut 7 Fakta yang jarang diketahui Publik.

 

Fakta Najwa Shihab

1. Nama panggilan Najwa Shihab ialah Nana

Keluarganya Najwa Shihab/ instagram @najwashihab

Wanita yang lahir di Makassar pada tanggal 16 september 1977. Ternyata dalam keseharian di keluarganya, ia dipanggil dengan nama Nana.

Najwa Shihab juga merupakan putri kedua, dari tokoh terkenal bernama prof. Dr. Quraish Shihab, yakni seorang cendekiawan muslim Indonesia. Ibunya bernama Fatmawati Assegaf, dan ia mempunyai empat orang saudara.

 

2. Najwa Shihab kuliah S1 di Fakultas Hukum Universitas Indonesia

S1 di Universitas Indonesia/Instagram @najwashihab
S1 di Universitas Indonesia/Instagram @najwashihab

Ia melanjutkan pendidikan di Universitas Indonesia, dan mengambil jurusan ilmu hukum, sampai diwisuda pada tahun 2000.

Luar biasanya, kendati lulus sebagai seorang sarjana hukum, ia lebih memilih terjun di dunia jurnalistik ketimbang menjadi seorang pengacara.

 

          Baca Juga: Lulusan Universitas Indonesia bisa S2 Luar Negeri dengan Beasiswa? Simak 10 Rekomendasi Beasiswa Berikut!

 

3. Menikah di Umur 20 Tahun

Bersama Suami dan anaknya/Instagram @najwashihab
Bersama Suami dan anaknya/Instagram @najwashihab

Ketika menimba ilmu di UI, ia bertemu dengan seniornya, Ibrahim Sjarief Assegaf.

Bersama Ibrahim, mereka memutuskan untuk menikah di usia muda, yakni 20 tahun. Kehidupan pernikahan mereka terlihat sangat damai dan tak pernah diterpa gosip.

 

4. Najwa Shihab meliput Tsunami Aceh 

memberitakan tsunami Aceh/Instagram @najwashihab
memberitakan tsunami Aceh/Instagram @najwashihab

Ketika Tsunami Aceh terjadi, Najwa Shibab memberitakan secara emosional betapa dahsyatnya Tsunami Aceh dan menyebut bahwa pemerintah kurang siap dalam menghadapi bencana tersebut.

Walaupun ketika itu yang menjabat Menko Kesra ketika Bencana Tersebut terjadi adalah pamannya sendiri yaitu Alwi Shihab sehingga menurut pakar Komunikasi UI yaitu Effendi Ghazali menyebut fenomena Shihab vs Shihab.

 

5. Najwa Shihab Raih Young Global Leader Award

Meraih Penghargaan/instagram @najwashihab
Meraih Penghargaan/instagram @najwashihab

Young Global Leader (YGL) adalah Penghargaan dari World Economic Forum (WEF) yang berkedudukan di Geneva, Swiss. Penghargaan YGL diberikan WEF setiap tahun terhadap para profesional muda berusia di bawah 40 tahun dari seluruh dunia.

Ribuan kandidat diseleksi secara ketat oleh sebuah Komite Seleksi yang diketuai Ratu Rania Al Abdullah dari Yordania.

Ia terpilih  sebagai YGL 2011 setelah Komite Seleksi melakukan penyaringan yang sangat ketat terhadap ribuan profesional muda di berbagai disiplin ilmu dan profesi, dari seluruh dunia.

 

          Baca Juga: Cek Fakta Mengenai Melbourne Law School Berikut!

 

6. Menjadi Pembicara di Konvensi Asian American Journalist Association.

Menjadi Pembicara Pembicara/ Instagram @najwashihab
Menjadi Pembicara Pembicara/ Instagram @najwashihab

Pada tahun 2006 ia terpilih sebagai Jurnalis Terbaik Metro TV, dan masuk nominasi Pembaca Berita Terbaik Panasonic Awards.

Pada tahun yang sama, bersama sejumlah wartawan dari berbagai negara, Najwa terpilih menjadi peserta Senior Journalist Seminar yang berlangsung di sejumlah kota di AS, dan menjadi pembicara pada Konvensi Asian American Journalist Association.

 

7. Najwa Shihab Meraih Beasiswa Penuh Australian Leadership Awards

Meraih Beasiswa Australian Leadership Awards/Instagram @najwashihab
Meraih Beasiswa Australian Leadership Awards/Instagram @najwashihab

Meskipun memutuskan untuk total di dunia jurnalistik dan TV broadcast, Najwa terus menerus berupaya memperkuat dan memperkaya wawasan keilmuannya.

Di tahun 2008 lalu, ia terus memperdalam ilmunya, dengan mengambil konsentrasi hukum media di Melbourne Law School Australia, di mana ia memperoleh full scholarship for australian leadership awards.

Itulah 7 Fakta Najwa Shihab yang jarang diketahui publik. Hunters termasuk yang sudah tahu atau baru tahu nih?

 

Raih Beasiswa Luar Negeri Seperti Najwa Shihab!

Masih ragu atau sudah yakin bisa menaklukkan beasiswa incaran kamu?     ->     Konsultasikan keraguan kamu kepada konsultan experts Schoters

Ingin mendapatkan program bimbingan persiapan beasiswa yang paling tepat untuk kamu?     ->     Dapatkan program terbaik di Schoters!

beasiswa s2 fully funded