Rata-Rata Gaji Programmer di Jepang Terbaru Tahun 2024

Berkarier di Jepang sebagai programmer sangat menjanjikan. Sebab, rata-rata gaji programmer di Jepang untuk kategori front end developer, back end developer, dan full stack developer, ternyata cukup tinggi. Mereka bisa mendapatkan gaji ratusan hingga miliaran juta rupiah tiap tahunnya.

Lantas, berapa, sih, rata-rata gaji programmer di Jepang di tiap tahunnya? Untuk mengetahui hal tersebut, berikut ini Schoters sajikan rangkuman mengenai rata-rata gaji programmer yang ada di Jepang terbaru tahun 2024 untuk kategori front end developer, back end developer, dan full stack developer. Simak sampai habis, ya, Hunters!

Rata-rata Gaji Programmer di Jepang untuk Kategori Back End Developer

Back End Developer merupakan seorang programmer yang bertugas untuk mengurus sisi back end dari sebuah aplikasi atau website. Mereka bertanggung jawab untuk memelihara server, database, serta menjaga kelancaran interaksi antara server dan pengguna. 

Untuk menjadi seorang back end developer, ada sejumlah bahasa pemrograman yang harus dikuasai. Beberapa di antaranya, seperti PHP, Javascript, Phyton, Go Lang, dan Node. js.

Gaji programmer di Jepang untuk kategori back end developer terbilang cukup tinggi. Dilansir laman Glassdoor, pada 2024 ini, seorang programmer di Jepang untuk kategori back end developer akan mendapatkan gaji sekitar 7 juta yen atau setara Rp724 juta per tahun.

Rata-rata Gaji Programmer di Jepang untuk Kategori Front End Developer

Front end developer merupakan seorang programmer yang bertugas untuk mengurus sisi front end dari sebuah aplikasi atau website. Mereka bertanggung jawab untuk mendesain user interface (UI) dan menjaga tampilan aplikasi atau website agar tetap menarik di mata pengguna. 

Jika Hunters ingin menjadi seorang front end developer, tentunya, ada sejumlah bahasa pemrograman yang harus kamu kuasai. Beberapa di antaranya, seperti HTML, CSS, dan Javascript.

Gaji programmer di Jepang untuk kategori front end developer juga cukup tinggi. Dilansir laman Morgan McKinley, pada 2024 ini, seorang programmer di Jepang untuk kategori back end developer akan mendapatkan gaji sekitar 8,5 hingga 10 juta yen per tahun. Jumlah tersebut setara dengan Rp879 juta hingga Rp1 miliar per tahun. Cukup tinggi, bukan?

 

Baca Juga: Pekerjaan IT Paling Dibutuhkan di Jerman

 

Rata-rata Gaji Programmer di Jepang untuk Kategori Full Stack Developer

Full stack developer merupakan seorang programmer yang bertugas untuk mengurus sisi front end dan back end dari sebuah aplikasi atau website. 

Mereka bertanggung jawab untuk memelihara server, memelihara database, menjaga kelancaran interaksi antara server dan pengguna sekaligus bertanggung jawab untuk mendesain user interface (UI) dan menjaga tampilan aplikasi atau website agar tetap menarik. 

Jika Hunters ingin menjadi seorang full stack developer, tentunya, ada banyak bahasa pemrograman yang harus kamu kuasai. Beberapa di antaranya, seperti PHP, Javascript, Phyton, Node. js, HTML, dan CSS.

Gaji programmer di Jepang untuk kategori full stack developer juga cukup tinggi. Masih dilansir laman Morgan McKinley, pada 2024 ini, rata-rata gaji programmer di Jepang untuk kategori full stack developer mencapai angka 10 hingga 12 juta yen per tahun. Jumlah tersebut setara dengan Rp1 miliar hingga Rp1,2 miliar per tahun.

Rata-rata Gaji Programmer di Jepang Bisa Berubah

Nah, itu dia, Hunters, beberapa ulasan mengenai rata-rata gaji programmer di Jepang terbaru tahun 2024 untuk kategori front end developer, back end developer, dan full stack developer. 

Namun, perlu diingat, data-data di atas bisa mengalami perubahan tiap tahunnya karena beberapa hal, terutama karena situasi ekonomi. Oleh karena itu, rata-rata gaji programmer yang ada di Jepang untuk tahun 2024 bisa saja berbeda dengan rata-rata gaji programmer yang ada di Jepang untuk tahun 2025 mendatang.

Rekomendasi Bimbingan Persiapan Kerja di Jepang

Ingin jadi programmer di Jepang? Yuk, konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan kerja di luar negerimu makin terarah.

Butuh program lain untuk persiapan kerja di luar negeri? Cek program Work Abroad Academy dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.