fbpx

Sejarah, Manfaat, dan Cara Memperingati Hari Buku Nasional

Fakta Menarik

Buku sering diibaratkan sebagai jendela dunia. Melalui buku, kita bisa mengetahui hal-hal baru yang berada di luar jangkauan kita. Dengan peran penting yang dimilikinya, terdapat hari khusus untuk memberikan apresiasi kepada buku lho. Hari tersebut diperingati sebagai Hari Buku Nasional atau Harbuknas. Yuk kita kulik lebih lanjut seputar Harbuknas ini!

Sejarah Hari Buku Nasional

Hari Buku Nasional diperingati setiap tanggal 17 Mei bersamaan tanggal berdirinya Perpustakaan Nasional Republik Indonesia yang didirikan pada tanggal 17 Mei 1980. Harbuknas pertama kali dicetuskan tahun 2002 oleh Menteri Pendidikan Indonesia periode 2001-2004, Abdul Malik Fajar. Selain untuk meningkatkan minat baca dan tingkat literasi, adanya peringatan Harbuknas ini diharapkan juga dapat meningkatkan jumlah penjualan buku di Indonesia. Setiap tahunnya, sektor percetakan di Indonesia hanya menerbitkan sekitar 18.000 buku. Angka tersebut jauh lebih rendah jika dibandingkan jumlah terbitan buku di negara-negara lainnya. Kurangnya minat baca dan tingkat literasi di masyarakat membuat produksi dan penjualan buku di Indonesia pun belum begitu baik. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk bisa mengisi momentum Harbuknas ini dengan kegiatan-kegiatan yang sekiranya dapat mengatasi masalah minat baca dan penjualan di sektor percetakan.

hari buku nasional

Manfaat Membaca Buku

1. Meningkatkan daya ingat dan konsentrasi

Kamu punya masalah ingatan jangka pendek, mudah lupa atau susah fokus? Mungkin kamu perlu memperbanyak aktivitas membaca di keseharian mu. Sebagaimana yang diungkapkan oleh Haskins Laboratories for the Science of the Spoken and Written World, aktivitas membaca buku melibatkan proses berpikir di mana otak akan mencerna dan memvisualisasikan informasi yang diterima. Serangkaian proses tersebut dapat membantu meningkatkan daya ingat dan kemampuan berkonsentrasi.

2. Melatih kemampuan berkomunikasi

Tak jarang kita akan menemukan informasi, perspektif maupun pembelajaran-pembelajaran baru lainnya ketika membaca buku. Dengan membaca, kita akan memiliki wawasan yang luas sehingga bisa lebih matang dalam berpikir dan beropini. Pemikiran dan opini yang matang ini adalah bekal penting untuk bisa berkomunikasi dengan baik. Selain dari segi substansi, kita juga bisa melatih kemampuan berkomunikasi melalui kosakata atau tata bahasa yang ditemui selama membaca buku.

3. Membantu lebih rileks

Ketika membaca buku tentunya kita akan fokus menikmati hal yang sedang dibaca sehingga bisa lebih rileks dan dapat membantu menghilangkan stres. Menurut penelitian yang dilakukan University of Sussex, membaca buku selama 6 menit saja dapat menurunkan tingkat stres sebanyak 68%. Hasil tersebut bahkan lebih tinggi jika dibandingkan dengan hasil untuk aktivitas-aktivitas pengusir stres lainnya seperti jalan-jalan atau mendengarkan musik.

Baca Juga: Suka Baca Buku? Ini Universitas dengan Fasilitas Perpustakaan Terbaik!

Kegiatan untuk Memperingati Hari Buku Nasional

Hal terbaik untuk memperingati Harbuknas adalah dengan menumbuhkan kebiasaan membaca. Namun suatu kebiasaan tentu tidak bisa dibentuk dalam satu hari saja. Oleh karena itu, Harbuknas sejatinya hanyalah momen simbolis yang menjadi pengingat bagi kita untuk terus berupaya memperbaiki tingkat literasi di Indonesia. Nah, berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk membangun kebiasaan membaca:

1. Kenali tujuan membaca

Hal ini berkaitan dengan jenis buku yang akan kamu baca misalnya novel atau self development book. Dengan mengetahui tujuan membaca, kamu bisa mencari buku bacaan yang tepat dan menjadi lebih antusias untuk membacanya. Namun jika kamu tidak memiliki tujuan tertentu, kamu bisa memilih buku yang ingin dibaca secara random atau meminta rekomendasi orang lain.

2. Tentukan target membaca dan konsisten

Ketika membaca, jangan terlalu berambisi untuk menyelesaikan suatu buku dalam jangka waktu tertentu. Terlebih bagi seorang pemula yang baru memulai kebiasaan membaca. Buatlah target membaca yang disesuaikan dengan kemampuan diri sendiri. Misalnya membaca minimal 2 jam sehari atau 1 buku untuk 1 bulan dan lain sebagainya. Jika kamu merasa sudah bisa lebih enjoy dalam membaca buku, tingkatkan target tersebut secara perlahan. Dan jangan lupa, jalankan target tersebut secara konsisten! Konsisten adalah awal dari sebuah kebiasaan.

3. Bagikan kesan dan pendapat kamu

Setelah membaca suatu buku, pastinya kita punya kesan tertentu yang ingin dibagikan mengenai buku tersebut. Akan sangat menyenangkan jika memiliki teman diskusi untuk berbagi kesan dan pendapat satu sama lain. Jika belum memilikinya, kamu bisa membagikan review buku di sosial media. Selain untuk memenuhi kepuasan pribadi dan menemukan teman diskusi, membagikan review buku di sosial media juga bisa menjadi personal branding tersendiri bagi kamu. Sekarang ini sudah banyak lho podcast-podcast resensi buku di platform Spotify atau influencer bookstagram di platform instagram.

Bagaimana Hunters? Setelah menyimak pembahasan seputar Harbuknas ini, jadi lebih termotivasi untuk membaca buku kan? Ingat! Hal terbaik untuk memperingati Harbuknas adalah dengan menumbuhkan kebiasaan membaca. Yuk kita lebih semangat lagi baca bukunya!

hari buku nasional

INGIN KAMI BANTU KULIAH KE LUAR NEGERI ?

Konsultasikan Rencana Beasiswa & Kuliah Keluar Negeri-mu bersama Konsultan Expert Kami. 100% Free! Tanpa Bayar.

Pin It on Pinterest

Share This