Seputar Harvard Medical School: Jurusan, Syarat, dan Beasiswa

Sebagai salah satu perguruan tinggi terbaik dunia, reputasi Harvard University sebagai salah satu instansi perguruan tinggi yang menawarkan pendidikan berkualitas kelas dunia jelas sudah tidak diragukan lagi.  Salah satu program unggulan Harvard University yang dinobatkan sebagai salah satu program studi terbaik dunia adalah program studi Life Sciences and Medicine, yang berada di bawah salah satu divisi akademik terbaik di Harvard University yaitu Harvard Medical School. Tidak hanya memiliki program studi terbaik di bidang kesehatan, Harvard Medical School juga sering disebut sebagai sekolah kedokteran terbaik di Amerika Serikat dan dunia. Apa saja keunggulan yang dimiliki Harvard Medical School dan apa saja persyaratan pendaftaran yang harus dipenuhi untuk bisa masuk ke Harvard Medical School? Simak ulasannya di bawah ini. 

 

General info tentang Harvard Medical School  

Harvard Medical School, sekolah kedokteran di bawah Harvard University yang berlokasi di Longwood Medical Area di Boston, adalah salah satu sekolah kedokteran tertua di Amerika Serikat yang sudah berdiri sejak tahun 1782. Sebagai sekolah kedokteran, Harvard Medical School memiliki afiliasi langsung dengan beberapa rumah sakit pendidikan di daerah Boston, termasuk di antaranya Massachusetts General Hospital, Boston Children’s Hospital, McLean Hospital, Spaulding Rehabilitation Hospital dan masih banyak lagi, sehingga mahasiswa yang bergabung sebagai bagian dari Harvard Medical School bisa mendapatkan berbagai macam pengalaman langsung terkait dunia kesehatan di berbagai rumah sakit pendidikan.

Harvard Medical School juga memiliki banyak sekali tradisi menarik yang tidak ditemui di sekolah kedokteran lainnya. Salah satunya adalah tradisi White Coat Day yang dilakukan pada minggu pertama bulan Agustus setiap tahunnya, ketika seluruh mahasiswa baru di Harvard Medical School menerima gaun putih (white coat) yang menandai dimulainya perkuliahan di sekolah kedokteran tersebut. Setelah acara White Coat Day selesai dilaksanakan, sebagian besar mahasiswa kemudian akan mengikuti Pathways Program, sebuah program dimana mahasiswa akan mempelajari dasar-dasar ilmu medis sebelum kemudian dilanjutkan dengan studi praktek kedokteran di tahun kedua. Sambil melanjutkan studi di sekolah kedokteran, mahasiswa Harvard Medical School juga bisa mengambil joint degree seperti MD/PhD atau MD/MBA di fakultas lain yang sama-sama berada di bawah Harvard University, seperti Law School atau Business School. Selain itu, sembari belajar, mahasiswa Harvard Medical School juga tetap bisa mengikuti lebih dari 60 klub mahasiswa dan berbagai kegiatan menarik lainnya untuk mengisi waktu luang dan bersenang-senang.

Hingga saat ini, Harvard Medical School tercatat sudah meluluskan lebih dari 10.000 alumni yang kemudian memiliki kontribusi penting di dunia kesehatan, termasuk di antaranya Paul Zamecnik – ilmuwan Amerika sekaligus pelopor studi di bidang biologi molekuler, Charles Krauthammes – psikiatris, jurnalis sekaligus penulis pemenang Pulitzer Prize pada tahun 1987, Harvey Williams Cushing – neurosurgeon sekaligus pelopor operasi otak dan penemu penyakit Cushing Disease, Helen B. Taussig – kardiologis sekaligus pelopor disiplin ilmu kardiologi untuk anak (pediatric cardiology), William James – psikolog yang mengajarkan ilmu psikologi pertama kali di Amerika Serikat dan masih banyak lagi.

 

Baca Juga: Lihat 10 Fakta Menarik Kamu Harus Kuliah di Harvard University

 

Program studi yang ditawarkan Harvard Medical School  

Harvard Medical School menawarkan beberapa program studi di jenjang pascasarjana sebagai berikut.

Program MD (Doctor of Medicine)

Program MD (Doctor of Medicine) adalah program yang dibuka di Harvard Medical School bagi pelamar yang berminat menempuh studi sebagai dokter professional. Terdapat 2 (dua) jalur program MD yang dibuka di Harvard Medical School, antara lain :

1. Pathway Program, yaitu program studi utama yang diambil untuk menjadi dokter di Harvard Medical School

2. Health Sciences and Technology (HST), yaitu program studi yang dibuka melalui kerja sama dengan Massachusetts Institute of Technology (MIT) untuk mahasiswa yang berminat melanjutkan studi dan karier di bidang biomedical research, physical atau molecular science.

Program Master

Selain program MD, Harvard Medical School juga membuka program Master of Science di beberapa bidang studi antara lain :

1. Master of Science in Bioethics

2. Master of Science in Biomedical Informatics

3. Master of Medical Science in Clinical Investigation

4. Master of Science in Clinical Service Operations

5. Master of Medical Science in Global Health Delivery

6. Master of Science in Healthcare Quality and Immunology

7. Master of Medical Science in Immunology

8. Master of Science in Media, Medicine, and Health

9. Master of Medical Science in Medical Education

Program Doktoral

Selanjutnya, Harvard Medical School juga membuka program Doktoral di 9 (sembilan) bidang studi berikut :

1. Bioinformatics and Integrative Genomics

2. Biological and Biomedical Sciences

3. Biophysics

4. Chemical Biology

5. Immunology

6. Neuroscience

7. Speech and Hearing Bioscience and Technology

8. System Biology

9. Virology

Tertarik melanjutkan pendidikan di Harvard Medical School dan ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan konsultan expert? Schoters bisa bantu kamu mulai dari persiapan memilih jurusan di Harvard Medical School, beasiswa yang bisa dicoba, persyaratan dokumen hingga interview. Silahkan klik tombol “Konsultasi Kuliah di Luar Negeri” di bawah ini dan kamu bisa bebas tanya apa pun.

 

Persyaratan masuk Harvard Medical School  

Meskipun termasuk sebagai salah satu sekolah kesehatan paling kompetitif di dunia, diterima sebagai salah satu mahasiswa di Harvard Medical School bukanlah hal yang mustahil. Berikut adalah beberapa persyaratan umum yang dibutuhkan untuk mendaftar di salah satu program studi di Harvard Medical School

Persyaratan masuk program MD

Untuk mendaftar masuk program MD di Harvard Medical School, beberapa persyaratan umum yang dibutuhkan antara lain :

1. Bukti kemampuan akademik dan personal

2. Bukti prestasi akademik yang baik di bidang biological dan physical science di jenjang Sarjana (tanpa mengabaikan disiplin ilmu di bidang humanities dan social sciences)

3. Memiliki pengalaman belajar selama 1 (tahun) baik di college maupun universitas di Amerika Serikat atau Kanada

4. Dapat berbahasa Inggris dengan baik dan lancar

5. Pelamar wajib menyelesaikan minimal 3 (tiga) tahun pendidikan di jenjang Diploma (college) dan memiliki kualifikasi akademik setara baccalaureate degree sebelum matrikulasi di Harvard Medical School

6. Pernah mengambil mata kuliah terkait bidang studi behavioral sciences, biology, chemistry/biochemistry, physics, math dan writing di jenjang pendidikan sebelumnya

Persyaratan masuk program Master

Beberapa persyaratan umum yang dibutuhkan untuk mendaftar masuk program Master antara lain :

1. Memiliki ijazah Sarjana di bidang yang relevan dengan program studi yang dituju

2. Memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang baik sesuai persyaratan yang ditetapkan oleh program studi tujuan. Secara umum, pelamar diharapkan memiliki skor IELTS minimal 7.5 atau skor TOEFL iBT minimal 103 atau skor Duolingo minimal 125.

3. Bukti pengalaman kerja, penelitian serta pengalaman lainnya di bidang klinis menjadi nilai tambah dalam dokumen persyaratan

Persyaratan masuk program Doktoral

Beberapa persyaratan umum yang dibutuhkan untuk mendaftar masuk program Doktoral antara lain :

1. Sudah menyelesaikan jenjang pendidikan sebelumnya di bidang yang relevan dengan program studi yang dituju

2. Memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang baik sesuai persyaratan yang ditetapkan oleh program studi tujuan. Secara umum, pelamar diharapkan memiliki skor IELTS minimal 7.0 atau skor TOEFL iBT minimal 100 (hanya 2 jenis tes bahasa Inggris yang diterima untuk jenjang Doktoral di Harvard Medical School)

3. Rata-rata program Doktoral di Harvard Medical School tidak mengharuskan pelamar untuk menghubungi dosen pembimbing disertasi (potential advisor) sebelum mendaftar. Potential advisor biasanya baru akan ditentukan setelah mahasiswa menyelesaikan rotasi laboratorium di tahun pertama perkuliahan.

 

Tertarik dengan beasiswa ke Harvard Medical School? dan ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan konsultan expert? Schoters bisa bantu kamu mulai dari persiapan memilih universitas, beasiswa, persyaratan dokumen hingga interview.

Silahkan klik tombol “Konsultasi Kuliah di Luar Negeri” di bawah ini dan kamu bisa bebas tanya apapun 👇

 

 

Baca Juga: Panduan Untuk Kamu Masuk Harvard University

 

Beasiswa yang dapat dicoba

Tertarik untuk melanjutkan studi di Harvard Medical School?

Berikut adalah beberapa beasiswa yang bisa kamu coba untuk mendaftar di salah satu sekolah kedokteran terbaik dunia ini. 

1. Beasiswa LPDP

Beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) adalah program beasiswa fully funded yang dibuka oleh Pemerintah Indonesia kepada pelajar Indonesia yang ingin melanjutkan pendidikan di jenjang pasca sarjana, baik Master maupun Doktoral, di berbagai universitas di luar negeri, termasuk Harvard Medical School. Melalui beasiswa ini, seluruh komponen biaya yang diperlukan saat studi ditanggung oleh LPDP. 

Calon mahasiswa yang berminat untuk melanjutkan pendidikan di Harvard Medical School dengan menggunakan beasiswa LPDP, dapat memilih 2 (mekanisme) beasiswa LPDP yang tersedia : beasiswa LPDP Reguler atau beasiswa LPDP Perguruan Tinggi Utama Dunia.

2. Fulbright Scholarships For Indonesia

Program Fulbright Scholarships For Indonesia adalah salah satu program beasiswa fully funded lainnya yang ditawarkan oleh Pemerintah Amerika Serikat kepada pelajar internasional yang ingin melanjutkan studi di berbagai perguruan tinggi di Amerika Serikat pada jenjang pasca sarjana, selama 1-2 tahun. 

Beasiswa Fulbright terbuka untuk hampir semua program studi di Amerika Serikat, kecuali program studi medicine yang berhubungan dengan patient care atau clinical patient contact. Dengan demikian, untuk Harvard Medical School, beasiswa ini hanya bisa digunakan untuk beberapa program studi tertentu di luar program studi MD.

3. PEO International Peace Scholarship Fund

PEO Internasional Peace Scholarship Fund adalah program beasiswa yang ditawarkan oleh PEO Sisterhood, sebuah organisasi non profit yang didirikan oleh mahasiswa Iowa Wesleyan College pada tahun 1869 untuk membantu pembangunan kualitas hidup perempuan di Amerika Serikat dan Kanada melalui pendidikan. Sejak beroperasi penuh pada tahun 1949, organisasi ini menawarkan berbagai program beasiswa setiap tahunnya termasuk program beasiswa PEO International Peace Scholarship Fund, yang ditujukan khusus untuk mahasiswi internasional yang ingin melanjutkan studi di jenjang pasca sarjana di Amerika Serikat dan Kanada, termasuk di Harvard Medical School

Melalui beasiswa ini, penerima beasiswa akan mendapatkan bantuan finansial sebesar maksimal USD 12.500, tergantung kebutuhan mahasiswi. Setelah menyelesaikan studi, penerima beasiswa juga diminta untuk kembali ke negara asal selambat-lambatnya 60 hari setelah program studi berakhir.

4. Harvard Medical School Scholarship

Program beasiswa ini diberikan langsung oleh Harvard Medical School kepada mahasiswa yang memerlukan bantuan finansial untuk menyelesaikan studi. Berdasarkan hasil penilaian yang dilakukan oleh Harvard Medical School, mahasiswa dapat menerima beasiswa yang mencakup pembebasan biaya kuliah dan biaya akademik wajib lainnya selama maksimal 8 (delapan) semester.

5. Full Scholarship PhD Program in Bioinformatics and Integrative Genomics

Beberapa program studi jenjang doktoral di Harvard Medical School juga memberikan beasiswa langsung kepada mahasiswa yang berhasil masuk ke universitas, termasuk program PhD di bidang bioinformatics and integrative genomics. Seluruh mahasiswa yang berhasil menembus program studi ini akan langsung mendapatkan beasiswa yang mencakup pembebasan biaya kuliah sepenuhnya, biaya asuransi kesehatan dan tunjangan bulanan. 

6. Full Scholarship PhD Program in Biophysics

Program studi doktoral lainnya yang juga memberikan beasiswa langsung kepada seluruh mahasiswa yang diterima di program studi tersebut adalah PhD Program in Biophysics. Beasiswa di program studi ini mencakup antara lain :

  1. Biaya kuliah dan asuransi kesehatan senilai USD 57.840
  2. Tunjangan bulanan sebesar USD 3.698 (atau USD 44.376 per tahun). Nilai tunjangan akan bertambah setiap tahunnya untuk membantu biaya hidup mahasiswa selama menjalankan studi

7. Full Scholarship PhD Program in Chemical Biology

Program studi doktoral berikutnya di Harvard Medical School yang juga memberikan beasiswa langsung kepada seluruh mahasiswa yang diterima adalah program studi Chemical Biology. Beasiswa di program studi ini mencakup biaya kuliah, asuransi kesehatan dan tunjangan tahunan yang mencapai USD 42.588 setiap tahunnya.

 

Rekomendasi bimbingan lolos Harvard Medical School

Ingin lolos masuk ke Harvard Medical School? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan daftar universitasmu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan menembus Harvard Medical School? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

harvard medical school

Sumber :

1. Website resmi Harvard Medical School.https://hms.harvard.edu/