Info Hungarian State Scholarship untuk Pelajar Indonesia

Tempus Public Foundation kembali membuka kesempatan bagi pelajar Indonesia untuk berkuliah di Hungaria melalui program Hungarian State Scholarship. Pelajari informasi lengkapnya melalui artikel bedah beasiswa Schoters di bawah ini!

 

Mengenal Hungarian State Scholarship dan Tempus Public Foundation

Apakah kamu sudah pernah dengar tentang Hungarian State Scholarship? Beasiswa ini memang tidak banyak terlalu disorot seperti beasiswa Hungaria lainnya. Namun, Hungarian State Scholarship merupakan salah satu program dari Tempus Public Foundation, yaitu lembaga yang sama dengan Beasiswa Stipendium Hungaricum.

Tempus Public Foundation merupakan organisasi non-profit (NGO) yang didirikan oleh pemerintah Hungaria untuk menangani program-program kerja sama internasional di bidang edukasi, pelatihan, dan isu-isu EU lainnya. Sedangkan Hungarian State Scholarship dibuat untuk para pelajar dari negara kerja sama yang ingin bersekolah di Hungaria.

Oleh karena itu, Hungarian State Scholarship bisa diikuti dengan dua cara yaitu, telah mendapat nominasi dari negara asal atau kamu bisa mendaftar sendiri melalui jalur pribadi. Namun, kedua jalur pendaftaran Hungarian State Scholarship dapat kamu akses dalam satu portal pendaftaran online pada website Tempus Public Foundation.

 

Baca Juga: Ini Dia Beasiswa S2 di Hungaria, Bisa Sambil Liburan!

 

Cakupan Fasilitas Hungarian State Scholarship

Hungarian State Scholarship didanai langsung oleh Tempus Public Foundation. Oleh karena itu, ada dua jenis cakupan beasiswa tergantung dengan jenjang studi yang kamu pilih.

Bagi kamu yang belajar di bangku S2, kamu bisa mendapatkan bantuan dana pendidikan sebesar HUF 80.000 per bulan dengan biaya sehari-hari sebesar HUF 70.000 per bulan. 

Sedangkan untuk pelajar S3, kamu akan mendapatkan bantuan biaya pendidikan dengan nominal HUF 120.000 per bulan sekaligus tunjangan hidup HUF 80.000 per bulan. 

Selain beberapa bantuan dana di atas, kamu juga tidak bisa lupa dengan beberapa manfaat lainnya. Seperti koneksi studi dan bekerja yang lebih luas dan berbagai program pengembangan diri lainnya.

 

Hungarian State Scholarship untuk Pelajar Indonesia

Seperti yang sudah disampaikan di atas, Hungarian State Scholarship diberikan kepada negara-negara tertentu yang bekerja sama dengan pemerintah Hungaria di bidang pendidikan. Indonesia sendiri menjadi salah satu negara yang bekerja sama dengan Hungaria di bidang pendidikan. Namun, kamu hanya bisa bergabung dengan jalur kedua. Yaitu, jalur pendaftar sendiri.

Hungarian State Scholarship sendiri menawarkan 2 jenis program untuk pelajar Indonesia, yaitu Study Visits dan Summer University Courses. 

Study Visits merupakan program beasiswa selama 3-29 hari untuk jangka pendek dan 1-10 bulan untuk jangka panjang, bagi kandidat yang memegang minimal ijazah S2. Di samping itu, jenis beasiswa ini tidak memiliki batasan usia untuk para pendaftarya. 

Sedangkan Summer University Courses adalah program beasiswa selama 2 hingga 4 minggu. Pada program ini kamu bisa merasakan sekilas pengalaman kuliah di Hungaria. Namun, beasiswa ini memiliki batasan umur minimal 18 tahun ketika mendaftar. 

 

Timeline Pendaftaran dan Bidang Studi Tujuan Hungarian State Scholarship

Pada saat ini Hungarian State Scholarship 2023 akan ditutup pada Kamis, 23 Februari 2023 pukul 05:00 WIB. Jadi pastikan kamu mendaftar dan menyiapkan dokumen Hungarian State Scholarship dari jauh-jauh hari ya.

Sedangkan masa pemberian beasiswa akan dimulai pada 1 September 2023 hingga 31 Agustus 2024. Hungarian State Scholarship dibuka untuk semua bidang studi di Seni dan Sains.  

 

Baca Juga : Kenali Beasiswa Stipendium Hungaricum di 2023

 

Tertarik dengan Hungarian State Scholarship dan ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan konsultan expert? Schoters bisa bantu kamu mulai dari persiapan memilih universitas, beasiswa, persyaratan dokumen hingga interview. Silahkan klik tombol “Konsultasi Kuliah di Luar Negeri” di bawah ini dan kamu bisa bebas tanya apapun 👇

[Schoters] Form Konsultasi Harvester

 

Dokumen Pendaftaran Hungarian State Scholarship

Bagi kamu yang mendaftar di program Hungarian State Scholarship Study Visits, beberapa dokumen wajib yang harus kamu siapkan antara lain:

  1. Formulir pendaftaran yang bisa kamu dapatkan di halaman resmi Tempus Public Foundation.
  2. Abstrak penelitian dalam beberapa kalimat.
  3. Rencana bekerja dengan minimal 1 halaman dan maksimal 5 halaman. 
  4. Profesional CV.
  5. Ijazah terbaru.
  6. Sertifikat bahasa Inggris atau Hungaria.
  7. Daftar publikasi.
  8. Acceptance Letter dari universitas tujuan.
  9. Dua surat rekomendasi yang dapat dibuktikan keasliannya.

Untuk informasi lebih lengkap dari Hungarian State Scholarship Study Visits bisa kamu lihat di sini. Sedangkan untuk program Summer University Courses, ada beberapa persyaratan yang berbeda. Berikut rinciannya.

  1. Formulir pendaftaran.
  2. Surat motivasi minimal 1 halaman dan maksimal 2 halaman.
  3. Transkrip nilai.
  4. Sertifikat bahasa Inggris atau Hungaria.
  5. Surat rekomendasi. 

Untuk informasi lebih lengkap dari Hungarian State Scholarship Summer University Courses bisa kamu lihat di sini.

 

Cara Pendaftaran Hungarian State Scholarship

Hampir sama dengan kebanyakan program beasiswa lainnya, Hungarian State Scholarship bisa diakses melalui satu portal pendaftaran Tempus Public Foundation. Kamu cukup registrasi akun baru di website, memilih program, mengisi dokumen, dan klik ‘Daftar’. Untuk informasi lebih lengkapnya, kamu bisa klik tata cara menggunakan portal websitanya di sini.

 

Rekomendasi Bimbingan Persiapan Hungarian State Scholarship

Ingin lolos Hungarian State Scholarship? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan beasiswamu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan beasiswa Hungarian State Scholarship? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

[Schoters] Form Konsultasi Harvester