fbpx
Kampus Luar Negeri
Ingin Kuliah Ke China? Inilah Daftar Kampus China yang Mendunia

Ingin Kuliah Ke China? Inilah Daftar Kampus China yang Mendunia

China atau Tiongkok adalah Negara dengan Jumlah Penduduk Terbanyak di Dunia. Jumlah Penduduk China yang sebanyak 1,37 miliar jiwa ini sekitar 5 kali lipat lebih banyak dari populasi Indonesia yang berjumlah sekitar 258 juta jiwa. Selain sebagai Negara yang memiliki penduduk terbanyak di Dunia, China juga merupakan salah satu Negara Terbesar di Dunia dengan Luas wilayahnya sebesar 9.596.960km2. Luas wilayah ini menjadikan China sebagai Negara Terbesar ke-4 di dunia.

Tidak hanya sampai disitu,pengetahuan serta pengalaman China yang terus berkembang akan mejadi aset yang bernilai bagi banyak industri. Apalagi sebagai negara dengan destinasi favorit seperti China memiliki pertumbuhan ekonomi dan budaya yang signifikan. Jadi sangat wajarlah kampus-kampus di China sudah mendunia. Berikut kami sajikan kampus China yang mendunia, sebagai referensi Scholarship Hunters yang ingin kuliah di China.

Baca Juga: 7 Universitas Terbaik di Dunia dalam Bidang Pendidikan

1.Tsinghua University

Tsinghua University | Sumber Gambar

Universitas Tsinghua  adalah sebuah universitas riset yang berlokasi di Beijing, Tiongkok, dan merupakan salah satu dari sembilan anggota dalam Liga C9 universitas. Didirikan pada tahun 1911, dan dengan motonya Disiplin diri dan Komitmen Sosial, Universitas Tsinghua menggambarkan dirinya sebagai universitas yang didedikasikan untuk keunggulan akademik, kesejahteraan masyarakat Tiongkok, dan pembangunan global.

saat ini Universitas Tsinghua merupakan kampus nomor 1 di China lho Scholarship Hunter . Tidak hanya itu Universitas Tsinghua juga menempati peringkat ke-3 untuk universitas terbaik di Asia tahun 2018 versi QS World University Rangkings. Sementara itu Tsinghua juga menempati peringkat ke-17 sebagai universitas terbaik di dunia versi QS World University Rangkings 2018. Saat ini tercatat ada 36.403 mahasiswa yang tengah menempuh studi di Tsinghua University. Universitas ini masuk dalam jajaran terbaik untuk jurusan teknik dan teknologi, kedokteran, ilmu fisika, ilmu komputer dan bisnis.

Selain itu banyak lulusan menjadi sangat berpengaruh di rumah dan di luar negeri, terutama dalam politik Cina. Dua pemenang Nobel, salah satunya adalah fisikawan partikel Chen-Ning Yang, adalah alumni universitas ini. Keren kan Scholarship Hunters, siapa tahu diantara kalian yang kuliah disini akan menjadi ilmuwan terkenal. Semoga aja yaa, Aamiin.

2. Peking University

Universitas Peking China
Peking University | Sumber Gambar

Universitas Peking, sebelumnya dikenal sebagai “Yan Yuan” (Taman Yan) adalah salah satu universitas kunci yang komprehensif dan nasional di Cina. Hal ini terletak di Distrik Haidian di pinggiran barat Beijing, dengan total luas 2.743.532 meter persegi (274 hektar atau), hanya sangat dekat dengan Taman Yuanmingyuan dan Istana Musim Panas.

Sepanjang sejarahnya, universitas ini telah membedakan dirinya dalam hal kebebasan intelektual dan telah diproduksi dan host banyak pemikir modern dan menonjol di Cina, termasuk tokoh seperti: Lu Xun, Mao Zedong, Gu Hongming, Hu Shih, Li Dazhao, dan Chen Duxiu. keren ya Scholarship Hunter.

Saat ini Peking University masuk dalam peringkat 30 teratas dunia dan merupakan universitas nasional modern pertama di China yang didirikan pada akhir abad ke-19. Universitas ini dikenal sebagai pusat pemikiran progresif dan unggul dalam penelitian. Saat ini Peking University memiliki 216 pusat penelitian, dua di antaranya adalah institusi teknik nasional.

Meskipun universitas mengajar dan melakukan penelitian lintas sains, termasuk ilmu sosial dan humaniora, universitas ini sangat menonjol secara internasional dalam ilmu fisika dan teknik. Perpustakaan universitas adalah yang terbesar di Asia, memiliki 11 juta buku. Kampus ini memiliki asrama khusus untuk 2.000 siswa internasional dan jumlah mahasiswa 43.241.

Keren banget kaan? Ada yang mau kesini?

Baca juga : Alasan yang Membuatmu Harus Kuliah di China

3. Fudan University 

Fudan University | Sumber Gambar

Universitas Fudan  terletak di Shanghai, adalah salah satu universitas tertua dan paling selektif di Cina, dan merupakan anggota dari Liga C9. Pendahulunya kelembagaan didirikan pada tahun 1905, tak lama sebelum akhir Dinasti Qing kekaisaran China. Saat ini Universitas Fudan menempati peringkat 44 dunia dan peringkat 3 terbaik di China versi QS Rangking.

Universitas Fudan terdiri dari 17 penuh waktu sekolah, 69 departemen, program gelar sarjana 73, 22 dan 134 sub disiplin-disiplin yang berhak mengeluarkan Ph.D. derajat, 201 program gelar master, 6 program gelar profesional, 7 kunci pusat penelitian ilmu sosial dari Kementerian Pendidikan RRC, 9 nasional penelitian ilmu dasar dan lembaga pelatihan dan 25 pasca-doktor stasiun penelitian.

Hal ini memiliki 40 disiplin kunci nasional yang diberikan oleh Departemen Pendidikan, nasional ketiga. Saat ini, ia memiliki 77 lembaga penelitian, 112 lintas-disiplin lembaga penelitian dan laboratorium utama nasional 5. Total mahasiswanya saat ini adalah 31.353 wow luar biasa ya Scholarship Hunters.

4. Shanghai Jiao Tong University

Shanghai Jiao Tong University (SJTU) yang berdiri pada tahun 1896, adalah salah satu universitas negeri tertua di China. SJTU memiliki 29 fakultas dan dihadiri oleh 43,000 mahasiswa, di mana 2,134 orang di antaranya adalah mahasiswa internasional.

Sekarang Program-program sarjana dan pascasarjana yang disampaikan dalam bahasa Inggris adalah Teknik, Ekonomi dan Manajemen, Hukum dan Internasional dan Hubungan Publik. Universitas secara konsisten menerima peringkat dan penghargaan kelas atas untuk penelitian dan pengajarannya. Saat Ini menempati peringkat 59 dunia versi QS Global World Rangking.

5. Zhejiang University 

Zhejiang University

Universitas Zhejiang Didirikan pada tahun 1897, Universitas Zhejiang adalah  salah satu lembaga pendidikan tinggi tertua, selektif dan paling bergengsi di antara lembaga-lembaga pendidikan tinggi lain di Tiongkok. Universitas Zhejiang merupakan anggota dari Liga C9, Aliansi Universitas Delta Sungai Yangtze dan APRU  adalah sebuah universitas riset yang komprehensif, memiliki ciri khas dan bersifat nasional serta memberi dampak internasional.

Penelitian di Zhejiang University mencakup 12 disiplin ilmu, meliputi filsafat, ekonomi, hukum, pendidikan, sastra, sejarah, seni, ilmu pengetahuan, teknik, pertanian, kedokteran, manajemen, dll.Dengan 7 fakultas dan 36 departemen, Zhejiang University memiliki 14 disiplin akademik pokok dan 21 disiplin akademik sekunder nasional yang terkemuka.

Gelar yang ditawarkan dalam bahasa Inggris adalah: Sarjana MBBS, sedangkan untuk pengantar bahasa Mandarin: International Trade, Law, Medicine, Civil Engineering. Program Master dalam pengantar bahasa English: Law, Chemical Engineering.

PROGRAM YANG DITAWARKAN- Program Bahasa Mandarin Non-Gelar (Campus Certificate)- Program S1 (Bachelor Degree) Pengantar English: MBBS- Program S1 (Bachelor Degree) Pengantar Chinese : International Trade, Law, Mechanical Engineering, Medicine, Civil Engineering- Program S2 (Master Degree) Pengantar English: Law, Chemical Engineering, Public Administration.

Secara peringkat QS Global World Ranking Universitas Zhejiang menempati posisi 68 dunia dan jumlah mahasiswa yang sedang berkuliah disana 33.650 orang.

Nah itulah kampus kampus China yang mendunia. Dengan infrakstrur dan dukungan secara finansial dari pemerintahnya. Kuliah di China menjadi salah satu faktor untuk yang perlu didiskusikan untuk melanjutkan pendidikan di luar negeri. Emm ada yang mau kuliah di Universitas ini? semoga kalian bisa mendaftar dan diterima diantara kampus ini ya, Scholarship Hunters.

Baca Juga: Master by Research atau Coursework?

Schoters

The Largest Online Scholarship Platform

0
X