Ini nih Barang Wajib Dibawa Kuliah Ke Turki

Kampus Luar Negeri, 06 Sep 2022

Turkey adalah sebuah negara yang berada di kawasan Eurasia yaitu negara yang terletak di benua Eropa dan Asia. Untuk menempuh kuliah di Turkey ada beberapa jalur beasiswa di antaranya ada Turkiye bursları Scholarship (S1), Bosphorus Scholarship Program (S1), Ali Kuscu Science and Techonologu Scholarship (S2-3) maupun Ibni Haldun Social Sciences Scholarship (S2-3) .

Salah satu yang mendapatkan Beasiswa  Turkiye bursları Scholarship 2017 yaitu Fridya Nur Oktavia. Menurut Fridya saat pertama kali mendapatkan kabar diterima beasiswa sangat bahagia. “Waktu sebelum berangkat saya searching dulu mengetahui keadaan di Turkey, ntah makanan, culture, pakaian dll.

“Saat berangkat saya mikir, daripada bawa pakaian yang mungkin pakaian di Indonesia tidak sesuai dengan keadaan musim di Turkey yang terjadi 4 musim, akhirnya saya bawa makanan saja yang lebih banyak. Karena banyak makanan yang tidak sesuai dengan lidah warga Indonesia. Untuk pakaian saya bisa beli di turkey, karena harganya disini  juga jauh lebih murah dari Indonesia, untuk buku bukupun saya nggak perlu bawa cukup download dalam bentuk Pdf. Ternyata saat sampai kuliah di Turkey, keadaan sesuai yang saya cari tahu informasi di Internet tentang keadaan Turkey” . Ungkap Fridya

Lebih Lanjut Menurut Wanita kelahiran Puwekerto ini. Saat libur balik ke Indonesia kemudian balik lagi ke Turkey untuk menempuh kuliah Semester pertamanya setelah tahun pertama di Turkey menghabiskan  Program pendidikan Bahasa Turkey setahun. Saat Balik Ke Turkey Fridya membawa lebih banyak Sambel, Makanan kering, Tahu tempe terutama sambel Pecel. Sambel Pecel saya bawa banyak, karena disana tidak ada. Makanan pagi hanya mentimun dan tomat. Saya bawa sambel pecel sangat banyak.

“Untuk kuliah di Turkey juga sangat murah, untuk mahasiswa Turkey di gratiskan namun untuk mahasiswa luar Turkey biyaya persemester sekitar 2.5 juta – 5 Juta Rupiah persemester dan biyaya hidup sehari haripun smaa di Indonesia, perbulan hanya perlu 1-2 juta Rupiah aja.” tutur mahasiswa Agriculture Biotechnology ini.

Nah menarik kan teman teman, kuliah disana dengan harga murah, daripada di Indonesia harga lebih mahal. Namun siapkah kalian makan tomat, mentimun dan kebab sehari hari di Turkey? Jawabannya ada di kalian semua .

 

Fridya nur oktavia

Çanakkale onsekiz Mart üniversitesi

Turkiye bursları Scholarship 2017