7 Kesalahan Interview Bahasa Inggris dan Solusinya

Bahasa Asing, 23 Nov 2022

Interview bahasa Inggris seringkali dibutuhkan ketika wawancara beasiswa, masuk universitas atau melamar pekerjaan. Agar persiapan interview bahasa Inggris terlihat profesional sehingga bisa menambah kredibilitas dirimu di mata para pewawancara, berikut 7 kesalahan interview bahasa Inggris dan solusinya versi Schoters!

1. Meminta maaf tentang kemampuan bahasa Inggrismu

Meski terdengar sepele, satu hal ini sangat sering terjadi di Indonesia. Memang bagi budaya dan masyarakat kita, meminta maaf merupakan salah satu bentuk kesopanan. Namun akan lebih baik kalau Hunters bisa menyelesaikannya dengan siapa dan untuk apa kamu diwawancarai pada hari itu.

Ketika Hunters melakukan wawancara beasiswa ataupun pekerjaan dengan orang luar negeri, jangan meminta maaf dengan kemampuan bahasa Inggrismu. Tunjukkan kamu percaya diri dengan kemampuan berbahasa dan nilai-nilai yang kamu bawa saat wawancara ya. 

2. Membahas hal-hal yang tidak perlu

Jika Hunters masih kurang percaya diri dengan kemampuan bahasa Inggrismu, kamu bisa menghindari membahas hal-hal yang tidak terlalu perlu. Selain agar kamu tidak tiba-tiba bingung meneruskan percakapan karena kekurangan kosa kata, kamu juga harus tahu kapan berhenti agar tidak kehilangan perhatian dari para pewawancara.

3. Terlalu kaku

Interview bahasa Inggris selain menjadi ajang unjuk kebolehan berbahasa kamu, kamu juga tidak boleh lupa kalau ini merupakan kegiatan dua arah. Yang mana antara kamu dan pewawancara saling berkomunikasi satu sama lain. 

Meski konteks interview bahasa Inggris lebih formal, pastikan juga kalian bertukar informasi ya. Karena sejatinya pewawancara ingin tahu lebih banyak tentang profilmu dan kamu ingin tahu lebih banyak tentang kesempatan beasiswa, program universitas, atau pekerjaan yang akan kamu ambil.

         Baca Juga: Sukses Saat Wawancara Beasiswa

 

4. Tidak berani bertanya

Karena bukan bahasa penutur utama, wajar saja kalau kamu merasa tidak mengerti dengan satu dua pertanyaan interview bahasa Inggris yang diberikan kepada pewawancara. Jika Hunters menghadapi situasi ini, jangan sungkan untuk bertanya ya! 

Seperti yang sudah disampaikan di atas, bahwa wawancara merupakan kegiatan komunikasi dua arah. Jadi, jangan sampai ada miskomunikasi antara kamu dan pewawancara ya!

5. Tidak menempatkan dirimu dengan baik

Percaya diri memang baik, terlebih bagi kamu yang sudah terbiasa berbicara bahasa Inggris dengan temanmu. Namun Hunters tetap harus ingat untuk menyesuaikan gaya bahasa dan perilaku ketika melakukan interviewbahasa Inggris. Karena tidak semua kosa kata bahasa Inggris “cukup sopan” untuk digunakan pada interview bahasa Inggris yang lebih formal. 

 

6. Berbicara terlalu cepat

Kesalahan lain yang biasa dilakukan ketika interview bahasa Inggris adalah berbicara terlalu cepat. Hal ini biasa terjadi kalau Hunters grogi dan merasa tidak bisa mengontrol apa yang kamu hadapi sekarang. Biasanya, berbicara terlalu cepat ini juga diikuti oleh kata-kata yang terbata-bata.

Untuk meminimalisir hal ini ketika interview bahasa Inggris, Hunters bisa memulainya di awal interview dengan cara menyapa dengan antusias dan memperkenalkan diri dengan intonasi dan kecepatan yang cukup. Sikap yang positif dan percaya diri bisa mengubah perspektif terhadap apa yang kamu hadapi saat itu.

7. Datang tanpa persiapan

Seberapa pun hebat kamu, datanglah dengan persiapan yang matang. Persiapkan dokumen yang dibutuhkan, pertanyaan-pertanyaan yang mungkin ditanyakan dan cara menjawabnya, hingga pakaian yang akan kamu gunakan saat interview bahasa Inggris. Tak terkecuali saat interview online ya.

          Baca Juga: Persiapan Wawancara LPDP

Berikut adalah beberapa 7 kesalahan saat interview bahasa Inggris dan cara menghadapinya. Namun lebih dari itu, sebanyak apapun latihan yang kamu persiapkan tetap penting bagimu untuk “be present” atau menghadapi apa yang ada di hadapanmu daripada takut dan bingung apakah jawaban yang diberikan sudah baik atau belum. 

Bagi Hunters yang akan melakukan interview bahasa Inggris untuk beasiswa, masuk universitas atau seleksi kerja, Schoters harap prosesnya berjalan lancar ya. Untuk tahu lebih banyak tentang tips persiapan beasiswa dan wawancara lainnya, kamu bisa klik link ini ya! -> Persiapan beasiswa luar negeri bersama mentor expert Schoters 

interview bahasa inggris