fbpx

23 Istilah Seputar Study Abroad Yang Wajib Kamu Tahu

Fakta Menarik

Hunters, ketika mencari informasi seputar study abroad, pernahkah kamu merasa bingung dengan istilah-istilah yang ada? Jika pernah, maka kamu sedang membaca artikel yang tepat. Yaps, kali ini Schoters akan membahas istilah-istilah penting terkait study abroad yang perlu kamu ketahui. Simak baik-baik Hunters!

1. Scholarship

Tidak seperti Bahasa Indonesia, dalam Bahasa Inggris terdapat beberapa penyebutan untuk beasiswa. “Scholarship” adalah sebutan untuk kata “beasiswa” yang kita kenal pada umumnya. Scholarship atau beasiswa yaitu bantuan pembiayaan yang diberikan oleh pemerintah atau lembaga tertentu kepada mahasiswa yang berhasil lolos pada rangkaian proses seleksi beasiswa tersebut.

2. Grant

Hampir sama dengan scholarship, hanya saja dalam program ini terdapat keterikatan antara penerima beasiswa dengan pihak pemberi beasiswa. Bisa berupa kontrak penelitian, kontrak kerja, atau hal lainnya yang berkaitan dengan lembaga tersebut. Dengan demikian, manfaat yang diperoleh mahasiswa selama menempuh studi juga dapat dirasakan oleh lembaga yang sudah memberikan bantuan dana untuk kelancaran studinya.

3. Fellowship

Program beasiswa yang berfokus pada kegiatan pengembangan skill profesional. Tidak heran jika fellowship lebih banyak diberikan kepada mahasiswa S-2 atau S-3. Beberapa fellowship juga cukup prestigius karena diperuntukkan bagi pihak yang berprestasi atau ahli di suatu bidang.

4. Student loan

Student loan merupakan dana pinjaman dengan bunga kecil yang disediakan oleh pemerintah suatu negara untuk membantu mahasiswa membayar biaya kuliah mereka. Seperti pinjaman pada umumnya, mahasiwa peminjam wajib mengembalikan dana yang dipinjam setelah lulus. Meski demikian, pelunasan biasanya dapat dicicil selama beberapa tahun.

5. Fully funded

Istilah untuk beasiswa dengan cakupan pembiayaan penuh. Biasanya beasiswa fully funded akan menanggung berbagai kebutuhan mahasisa seperti biaya kuliah, biaya hidup, tiket pesawat, biaya penelitian, asuransi, dan lain sebagainya.

6. Partial funded

Istilah untuk beasiswa yang hanya membiayai sebagian dari kebutuhan mahasiswa. Bisa hanya mencakup biaya kuliah saja tanpa memberikan fasilitas-fasilitas lainnya atau bisa juga hanya membiayai sekian persen dari biaya kuliah.

7. Self funded

Isitilah untuk menyebut program di mana calon peserta harus mengeluarkan dana pribadi untuk bisa mengikuti program tersebut.

Baca Juga : Yuk Intip 10 Negara Terbaik untuk Study Abroad!

8. Tuition fee

Tuition fee adalah uang kuliah yang dibayarkan setiap semesternya. Perlu diingat bahwa tuition fee ini belum mencakup biaya kuliah, biaya penelitian, atau biaya-biaya akademik lainnya.

9. Application fee

Biaya yang harus dibayarkan pada saat proses mendaftar beasiswa/kampus/program lainnya.

1o. Associate Degree

Program perkuliahan yang setara dengan jenjang diploma atau D-3

11. Undergraduate/Bachelor Degree

Program perkuliahan yang setara dengan jenjang sarjana atau S-1

12. Graduate/Postgraduate

Program untuk jenjang pascasarjana baik S-2 maupun S-3

13. Master Degree

Program perkuliahan yang setara dengan jenjang S-2

14. Doctoral Degree/PhD

Program perkuliahan yang setara dengan jenjang S-3

istilah study abroad

15. Double Degree

Double degree atau program kuliah ganda adalah suatu program perkuliahan di mana mahasiwa dapat mengambil dua program studi secara bersamaan sehingga memungkinkan mereka untuk memperoleh dua gelar sekaligus ketika lulus nanti. Kedua program studi tersebut dapat diambil dari satu institusi yang sama maupun dari dua institusi berbeda.

16. Joint Degree

Joint degree adalah program kuliah bersama yang diselenggarakan oleh dua universitas berbeda. Mahasiswa dapat mengikuti perkuliahan di dua universitas tersebut untuk program studi dengan bidang keilmuan yang sama. Melalui program ini, nantinya mahasiswa hanya memiliki satu gelar akademik tetapi akan mendapatkan dua ijazah dari kedua institusi.

17. Non degree

Suatu program yang memungkinkan seseorang untuk mengikuti kegiatan akademik di universitas/organisasi/negara lain dengan catatan peserta tidak akan mendapatkan gelar ketika menyelesaikan program. Bentuknya dapat berupa exchange, penelitian, pelatihan kerja, kursus bahasa, dan lain sebagainya.

18. Exchange program

Merupakan program bagi pelajar atau mahasiswa untuk mencoba sistem pendidikan di luar negeri dengan mengambil beberapa mata kuliah di suatu universitas dalam jangka waktu tertentu. Durasi exchange beragam mulai dari bulanan hingga satu tahun ajaran akademik, tergantung jenis program exchange yang dipilih.

19. Postdoctoral

Suatu studi atau riset lanjutan setelah menyelesaikan jenjang S-3. Mahasiswanya dikenal dengan sebutan research associate postdoctoral research fellow, atau postdoctoral researcher. Umumnya mereka yang melakukan riset dimentori oleh supervisor atau melakukan penelitian ilmiah dan tidak akan mendapatkan gelar setelah menyelesaikan program.

Baca Juga : Masih Ragu untuk Study Abroad? Simak Tips Berikut!

20. Off-Campus Housing

Tempat tinggal bagi mahasiswa yang berada di luar lingkungan kampus

21. On-Campus Housing

Tempat tinggal bagi mahasiswa yang berada di dalam lingkungan kampus

22. Dormitory

Asrama mahasiswa yang disediakan oleh pihak universitas dan biasanya berada di dalam lingkungan kampus

23. Hall of Residence

Asrama mahasiswa yang terletak di dekat atau di luar lingkungan kampus

 

Nah, demikianlah beberapa istilah-istilah penting seputar study abroad beserta penjelasannya. Semoga bisa menambah insight dan membantu persiapan study abroad kamu.

Masih ada istilah lain yang membuat kamu bingung? Yuk, tanyakan saja pada konsultan expert Schoters!

Mau jadwal pendaftaran berbagai beasiswa ke luar negeri secara lengkap? Langsung saja cek kalender beasiswa Schoters

istilah study abroad

INGIN KAMI BANTU KULIAH KE LUAR NEGERI ?

Konsultasikan Rencana Beasiswa & Kuliah Keluar Negeri-mu bersama Konsultan Expert Kami. 100% Free! Tanpa Bayar.

Pin It on Pinterest

Share This