7 Jenis Visa Kerja di Jerman dan Persyaratan Pendaftarannya

 

Terkenal akan inovasinya di berbagai industri, bekerja di Jerman menjadi impian banyak orang. Selain karena merupakan negara maju, Jerman juga menjanjikan gaji yang layak, peluang karir yang terbuka lebar, serta lingkungan kerja yang suportif.

So, bagi Hunters yang mengidam-idamkan work-life-balance, kamu bisa banget mempertimbangkan Jerman! 

 

Namun, sebelum melangkah lebih jauh, penting untuk mengetahui bahwa di Jerman, terdapat beberapa macam visa yang disesuaikan dengan latar belakang pendidikan, pengalaman kerja, serta tujuan kamu.

Dalam artikel ini, Minters akan membahas berbagai jenis visa kerja di Jerman, mulai dari visa pendidikan vokasi, Blue Card, hingga visa inovatif seperti Chancenkarte.

 

1. Visa Kerja di Jerman untuk Pendidikan Vokasi

Hunters tertarik mengikuti program pendidikan dan pelatihan profesi selama tiga tahun di Jerman? Visa pendidikan vokasi atau Ausbildung bisa jadi pilihan yang pas!

Nantinya, peserta Ausbildung akan menjalankan pembelajaran teori di sekolah kejuruan selama dua hari dan bekerja selama tiga hari dalam seminggu,  70 – 80 persen pembelajarannya akan menekankan praktik di perusahaan.

 

Meskipun masih berstatus sebagai pembelajar, peserta Ausbildung akan tetap dibayar lho!

Gaji peserta Ausbildung berkisar antara 600-1200 Euro tergantung dengan jenis pekerjaan dan perusahaannya.

 

Lebih serunya lagi, selama menjalani Ausbildung, Hunters akan berpindah-pindah departemen pekerjaan sehingga memungkinkan Hunters mendapatkan berjuta pengalaman sekaligus belajar banyak keterampilan!

Untuk mengajukan visa ini, Hunters perlu memiliki kontrak pelatihan dengan perusahaan atau lembaga pelatihan di Jerman. Selain itu, Hunters juga harus memiliki kemampuan bahasa Jerman yang cukup, minimal level B1 sesuai standar CEFR. 

 

2. Visa Kerja di Jerman untuk Penerimaan Pekerjaan Bagi Pendidikan Vokasi yang Diakui Sebagian

Tidak semua kualifikasi vokasi yang diperoleh di luar negeri diakui sepenuhnya di Jerman. Nah, buat Hunters yang memiliki kualifikasi vokasional yang diakui sebagian, Jerman memberikan opsi visa yang memungkinkan kamu bekerja sambil menyelesaikan pelatihan tambahan yang diperlukan untuk mencapai pengakuan penuh.

 

Pelatihan tambahan tersebut dapat berbentuk ujian sertifikasi atau upskilling yang diperlukan untuk mendapatkan pengakuan penuh dari otoritas Jerman. Setelah lulus dari pendidikan lanjutan dan pendidikan vokasi Hunters diakui sepenuhnya, Hunters dapat mengajukan permohonan izin jangka panjang di Jerman.

Visa ini jadi alternatif menarik bagi para profesional yang ingin beradaptasi dengan standar Jerman sambil tetap aktif bekerja! 

 

3. Visa Kerja di Jerman untuk Tenaga Kerja Ahli dengan Pendidikan Akademi

Jika Hunters menyandang gelar akademis dari pendidikan akademi yang diakui Jerman, Negara Industri tersebut menyediakan visa untuk tenaga kerja ahli dengan pendidikan akademi.

 

Dengan menggunakan visa ini, Hunters akan diizinkan untuk bekerja di Jerman dalam peran profesional yang membutuhkan kualifikasi tertentu, sesuai dengan latar belakang pendidikan kamu.

 

Saat ini, Pemerintah Jerman sedang gencar-gencarnya mendorong masuknya tenaga kerja asing di sektor ini karena tingginya permintaan tenaga ahli. Akibat perkembangannya yang pesat, negara ini juga sangat membutuhkan profesional dalam bidang teknologi dan kesehatan.

Sebagai informasi tambahan, visa ini menawarkan jalur yang lebih cepat untuk mendapatkan izin tinggal permanen di Jerman, lho!

 

4. Visa Kerja di Jerman untuk Tenaga Kerja Ahli dengan Pendidikan Vokasi

Jika Hunters memiliki latar belakang pendidikan vokasi, Hunters tetap memiliki kesempatan besar untuk bekerja di Jerman, lho! Jerman menyediakan visa khusus untuk tenaga kerja ahli dengan pendidikan vokasi.

 

Tentu saja, visa ini diperuntukkan bagi Hunters yang memiliki kualifikasi yang diakui serta pengalaman yang relevan di bidangnya. Misalnya teknisi otomotif, pekerja konstruksi, dan teknisi medis.

 

Berbeda dengan visa-visa sebelumnya, untuk mengajukan visa ini, kamu perlu membuktikan bahwa kualifikasi vokasionalmu telah diakui otoritas Jerman. Selain itu, Hunters harus memiliki tawaran pekerjaan yang sesuai dengan kualifikasi tersebut.

 

 

Ingin Work Abroad di Jerman dan bingung mulai darimana?

Yuk konsultasikan dengan Schoters untuk membantu kamu mulai dari persiapan memilih perusahaan tujuan, persiapan persyaratan dokumen, tips interview, hingga pelatihan bahasa!

Klik “Ikuti Program Ausbildung Sekarang” di bawah ini dan tanya apa saja yang kamu butuhkan 👇

7 Jenis Visa Kerja di Jerman dan Persyaratan Pendaftarannya

 

5. Visa Kerja Kartu Biru (Blue Card) EU

Blue Card EU merupakan salah satu jenis visa yang paling banyak diincar oleh profesional dari luar Eropa. Blue Card EU menawarkan banyak keuntungan, seperti persyaratan yang lebih mudah untuk mendapatkan izin tinggal permanen hingga izin membawa anggota keluarga ke Jerman.

 

Nah, untuk memenuhi syarat Blue Card ini, Hunters diwajibkan memiliki gelar sarjana atau lebih tinggi dan mendapatkan tawaran pekerjaan dengan gaji tahunan tertentu, yang biasanya lebih tinggi daripada standar gaji minimum nasional Jerman.

 

Profesi yang biasanya memenuhi syarat Blue Card termasuk insinyur, dokter, ahli IT, dan ilmuwan. Tidak hanya tertutup di Jerman, Blue Card ini memberikan fleksibilitas bagi pemegangnya untuk pindah ke negara-negara anggota EU lainnya.

 

6. Visa Kerja di Jerman untuk Kartu Peluang “Chancenkarte”

Visa Chancenkarte merupakan visa inovasi terbaru dari pemerintah Jerman yang dirancang untuk menarik lebih banyak tenaga kerja asing dengan keterampilan yang dibutuhkan. Dengan Chancenkarte, Hunters dapat tinggal di Jerman selama enam bulan untuk mencari pekerjaan yang sesuai dengan kualifikasi Hunters. Sangat menarik bukan?

 

Untuk memenuhi syarat Chancenkarte, Hunters harus memenuhi beberapa kriteria seperti memiliki kualifikasi yang diakui, pengalaman kerja yang relevan, kemampuan bahasa Jerman yang cukup, dan bukti dana yang mencukupi untuk biaya hidup selama mencari pekerjaan. 

 

Kamu tidak diperbolehkan untuk bekerja di bidang pekerjaan yang memerlukan izin pelaksanaan profesi atau Berufserlaubnis tanpa memiliki izin tersebut.

Well, selama Hunters masih mencari pekerjaan, Hunters diperbolehkan untuk melakukan satu atau beberapa pekerjaan sampingan maksimal 20 jam per minggu.

 

7. Visa Kerja di Jerman dengan Kemampuan Kerja Praktis

Jerman merupakan negara yang terbuka bagi siapa saja selama mereka memiliki keterampilan praktis dan keahlian khusus. Yap, jika Hunters tidak memiliki gelar akademis formal, Hunters tetap masih bisa bekerja di Jerman melalui visa kerja berbasis keterampilan praktis dengan persyaratan yang telah ditentukan.

 

Nah, sebelum mengajukan visa ini, sangat penting untuk melakukan penilaian atas pendidikan vokasi atau perguruan tinggi yang telah ditempuh sampai saat ini dan pastikan Hunters telah memiliki pengalaman kerja berkualifikasi serta tawaran pekerjaan dari perusahaan Jerman.

 

Sebagai pemegang visa ini, nantinya kamu akan diizinkan untuk bekerja di perusahaan Jerman dan berpotensi mendapatkan izin tinggal permanen setelah beberapa tahun.

 

Informasi Umum Lainnya

Untuk mengajukan permohonan visa, Hunters diminta untuk datang secara pribadi pada waktu janji temu di kantor perwakilan negara Jerman yang bersangkutan. Pastikan Hunters membawa dokumen yang diminta secara lengkap ya!

 

Biaya yang dikenakan untuk pembuatan visa Jerman sejumlah 75 EUR yang dapat dibayarkan secara tunai maupun kartu kredit dengan mata uang Indonesia, Rupiah.

Lama proses pengerjaan visa sendiri membutuhkan waktu sampai 12 minggu. Dalam beberapa kasus bahkan bisa lebih lama, terutama apabila dibutuhkan persetujuan dari instansi pemerintah untuk orang asing (Ausländerbehörde) atau agensi ketenagakerjaan (Bundesagentur für Arbeit) di Jerman.

 

Kesempatan untuk bekerja di Jerman terbuka lebar bagi tenaga kerja asing yang memiliki keterampilan, pendidikan, dan pengalaman yang sesuai. Dengan beragam jenis visa yang tersedia, Hunters bisa memilih visa yang paling sesuai dengan latar belakang dan tujuan karier kamu.

Baik kamu seorang lulusan akademis, profesional berpengalaman, atau tenaga ahli vokasional, Jerman menawarkan peluang besar untuk tumbuh dan berkembang di pasar tenaga kerja yang dinamis. Pastikan untuk memahami setiap persyaratan visa dan mempersiapkan diri dengan baik sebelum memulai petualangan karier Hunters di Jerman!

 

Tertarik bekerja di Jerman? Yuk, persiapkan dirimu dengan bimbingan intensif bahasa dan persiapan bekerja di Jerman bersama Schoters!

 

Kamu akan dibantu oleh konsultan expert Schoters agar proses persiapan kerjamu lebih mudah dan terarah.

Butuh bantuan lain untuk memulai karier di luar negeri? Cek program terbaik dari Schoters untuk persiapan kerja di Eropa, dijamin lengkap dan sesuai kebutuhanmu!

7 Jenis Visa Kerja di Jerman dan Persyaratan Pendaftarannya