Fakultas dan Jurusan di Massachusetts Institute of Technology

Nama Massachusetts Institute of Technology (MIT) adalah nama yang barangkali sudah tidak asing lagi di telinga calon mahasiswa yang bercita-cita untuk melanjutkan studi di luar negeri. MIT adalah salah satu universitas di Amerika Serikat (AS) yang secara konsisten terus berada di puncak daftar perguruan tinggi terbaik dunia versi QS selama 9 tahun terakhir. Penasaran ingin tahu lebih banyak lagi tentang jurusan di Massachusetts Institute of Technology? Yuk, simak ulasan singkatnya di bawah ini!

MIT dinobatkan sebagai universitas terbaik di dunia untuk 12 (dua belas) bidang studi yang berbeda, mulai dari Architecture, Linguistics, Physics, hingga Statistics and Operational Research. Hal ini membuktikan bahwa meskipun nama besar MIT tidak bisa dilepaskan dari program studi Engineering, jurusan lain yang dibuka di MIT juga memiliki kualitas yang tidak kalah bagusnya.   

 

Tentang Massachusetts Institute of Technology  

Berdiri sejak tahun 1861, Massachusetts Institute of Technology yang berlokasi di Cambridge, Massachusetts ini adalah salah satu perguruan tinggi yang terkenal memiliki kontribusi besar terhadap perkembangan teknologi di dunia (komputer pertama di dunia diciptakan di kampus MIT pada tahun 1928). Saat ini, terdapat setidaknya 11.000 mahasiswa menempuh studi di MIT, baik di jenjang sarjana maupun pascasarjana.

Selain kualitas pendidikan kelas dunia, kamu bisa menemukan banyak hal menarik ketika menjadi mahasiswa di MIT, termasuk kesempatan untuk mengejar gelar akademik dengan banyak konsentrasi ilmu yang tidak bisa ditemui di universitas lain, kesempatan mengikuti tradisi unik yang hanya ada di MIT, kesempatan untuk ikut dalam banyak klub mahasiswa yang menarik serta yang terpenting, peluang besar untuk bekerja dengan berbagai perusahaan teknologi global dunia seperti Google, Apple, Boeing, hingga Microsoft. Kamu bahkan bisa mendapatkan sertifikat untuk menjadi bajak laut di MIT, lho.

 

Jurusan di Massachusetts Institute of Technology

Saat ini, ada banya jurusan di Massachusetts Institute of Technology untuk seluruh jenjang pendidikan. Jurusan-jutusan tersebut tersebar di 5 School dan 1 College dengan konsentrasi yang berbeda-beda. Lantas, apa saja jurusan di Massachusetts Institue of Technology?

1. MIT School of Architecture and Planning

Salah satu Jurusan di Massachusetts Institute of Technology adalah arsitektur, desain urban, dan perencanaan pembangunan yang dikelola oleh School of Architecture and Planning (SA+P). Sekolah ini sudah berdiri sejak tahun 1865.

Kualitas berbagai program studi di SA+P juga tidak perlu diragukan lagi karena program studi arsitektur di MIT adalah salah satu program studi arsitektur terbaik di dunia versi QS 2023.  

2. MIT School of Engineering

Jurusan di Massachusetts Institute of Technology selanjutnya adalah Engineering (Keteknikan) yang dikelola School of Engineering. Jurusan Enginering di MIT ini juga secara konsisten menjadi program studi bidang Engineering terbaik di dunia. Hampir separuh mahasiswa MIT saat ini terdaftar sebagai mahasiswa jurusan Engineering untuk berbagai jenjang pendidikan.

Program studi yang ditawarkan di bawah MIT School of Engineering juga cukup beragam, mulai dari Biological Engineering, Chemical Engineering, Civil and Environmental Engineering, Mechanical Engineering hingga Nuclear Science and Engineering.

3. MIT School of Humanities, Arts, and Social Sciences

Jurusan di Massachusetts Institute of Technology ketiga ada Musik dan Seni Teater, Literatur, Filsafat, Ekonomi, Linguistik sampai Ilmu Politik. Jurusan-jurusan tersebut berada di bawah naungan School of Humanities, Arts and Social Sciences. 

4. Sloan School of Management

MIT juga memiliki Sloan School of Management yang menaungi berbagai jurusan dengan konsentrasi manajemen dan bisnis. Sejak berdiri tahun 1914, Sloan School of Management berkembang menjadi salah satu sekolah bisnis di Amerika Serikat melalui penerapan Action Learning Labs, di mana mahasiswa diberi kesempatan untuk kuliah dengan metode studi kasus, team project, dan experiential learning yang membuat mahasiswa lebih siap terjun ke dunia kerja setelah lulus.

Sloan School of Management menawarkan berbagai program studi untuk seluruh jenjang pendidikan, termasuk joint degree di jenjang S2 yang memungkinkan mahasiswa untuk mengejar gelar di 2 (dua) bidang sekaligus : Engineering dan Management.  

5. MIT School of Science

Jurusan di Massachusetts Institute of Technology selanjutnya ada Biologi, Kimia, Matematika, Fisika, Brain and Cognitive Sciences serta Earth, Atmospheric and Planetary Sciences untuk seluruh jenjang pendidikan. Jurusan-jurusan tersebut berada di bawah naungan MIT School of Science.

Menariknya, kurikulum di MIT School of Science dirancang sedemikian rupa sehingga seluruh mahasiswa di jenjang S1 mendapatkan pengetahuan dasar di bidang biologi, kimia, matematika dan fisika sebelum kemudian dapat memilih konsentrasi sesuai minat dan rencana karier pribadi.

Di bawah School of Science, mahasiswa juga diberikan kesempatan untuk memilih program studi lintas ilmu seperti program studi Biophysics, Computational and System Biology, Microbiology dan Statistics. 

6. MIT Schwarzman College of Computing

Jurusan di Massachusetts Institute of Technology selanjutnya ada Computer Science and Molecular Biology, Computation and Cognition serta Urban Science and Planning with Computer Science. Jurusan-jurusan tersebut berada di bawah naungan Schwarzman College of Computing.

Schwarzman College of Computing sendiri adalah divisi akademik terbaru di MIT yang baru berdiri pada tahun 2018 dan menawarkan berbagai jurusan inovatif di seluruh jenjang pendidikan yang menggabungkan berbagai disiplin ilmu dengan disiplin ilmu komputer.

 

Nah, itu dia, Hunters, beberapa jurusan di Massachusetts Institute of Technology yang bisa kamu pilih. Kira-kira, dari semua jurusan di atas, adakah jurusan impianmu?

 

Persiapan kuliah di Massachusetts Institute of Technology bersama Study Abroad Academy

Kalau kamu tertarik untuk mendaftar ke MIT namun merasa kewalahan dengan pilihan jurusan dan banyaknya persyaratan yang harus dipenuhi, kamu bisa mendapat bimbingan dari para mentor berpengalaman yang tergabung di Study Abroad Academy di Schoters.

Selain bisa membantu kamu menentukan pilihan jurusan sesuai minat dan latar belakang, konsultasi bersama mentor juga bisa membantu kamu mendapatkan berbagai tips jitu dalam mempersiapkan berkas pendaftaran, mengikuti tahapan seleksi universitas dan berbagai informasi lainnya tentang studi di luar negeri. Jadi tunggu apa lagi? Yuk, daftar dan dapatkan penawaran menarik!

 

Baca Juga: Kupas Tuntas Beasiswa LPDP yang Wajib Kamu Ketahui! Yuk Simak disini

 

Rekomendasi bimbingan persiapan lolos di Massachusetts Institute of Technology

Ingin lolos masuk ke salah satu jurusan di Massachusetts Institute of Technology? Yuk, konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan daftar universitasmu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan menembus Massachusetts Institute of Technology? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

Jurusan di Massachusetts Institute of Technology