Jurusan Fisioterapi: Prospek hingga Rekomendasi Universitas

Jurusan fisioterapi adalah jurusan yang mempelajari cara mengembangkan, memelihara, memulihkan gerak dan fungsi tubuh dengan penanganan manual, peningkatan gerak, serta elektroterapi. Jurusan Fisioterapi mempelajari metode penyembuhan bagian tubuh yang bermasalah dengan gerak. Jurusan ini merupakan cabang dari program studi pendidikan kedokteran karena sama-sama mempelajari seputar kesehatan tubuh manusia.

 

Jumlah Fisioterapis di Indonesia yang berkesempatan memperoleh pendidikan 4 tahun di luar negeri masih sangat terbatas. World Confederation for Physical Therapy telah menganjurkan untuk menempuh pendidikan minimal 4 tahun dalam pendidikan universitas atau setara dengan universitas.

 

Hal yang dipelajari di jurusan fisioterapi

Perkuliahan jurusan fisioterapi memiliki 2 komponen utama, yaitu teori dan praktik klinis. Di beberapa semester awal, para mahasiswa jurusan ini akan mempelajari berbagai teori yang menjadi dasar ilmu fisioterapi, seperti anatomi dan fisiologi, manajemen pasien, dan teknik komunikasi dengan pasien. Setelah menguasai dasar-dasar ilmu fisioterapi, para mahasiswa akan mempelajari berbagai jenis fisioterapi, seperti perawatan jantung dan paru-paru, neurologi klinis, dan gangguan muskuloskeletal. Setelah mulai memasuki semester akhir, para mahasiswa akan mendapatkan jadwal praktik klinis lebih banyak untuk meningkatkan keterampilan dan pengalaman praktik.

 

Tertarik kuliah ke luar negeri dan ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan konsultan expert? Schoters bisa bantu kamu mulai dari persiapan memilih universitas, beasiswa, persyaratan dokumen hingga interview.

Silahkan klik tombol “Konsultasi Kuliah di Luar Negeri” di bawah ini dan kamu bisa bebas tanya apapun 👇

jurusan fisioterapi

 

Prospek kerja jurusan fisioterapi

1. Fisioterapis klinik atau rumah sakit

Fisioterapis klinik atau rumah sakit adalah pekerjaan paling umum yang dilakukan oleh lulusan jurusan ini. Tugas fisioterapis klinik atau rumah sakit adalah membantu pasien memulihkan fungsi fisik mereka melalui latihan dan terapi fisik lainnya.

2. Fisioterapis olahraga

Fisioterapis olahraga umumnya bekerja dengan atlet untuk mengobati cedera dan membantu mereka dalam meningkatkan kinerja olahraga mereka. Fisioterapis olahraga dapat bekerja dengan tim olahraga profesional atau amatir, pusat kebugaran, dan klub olahraga.

3. Fisioterapis geriatri

Fisioterapis geriatri berperan dalam membantu pasien lansia untuk meningkatkan kesehatan dan mobilitas mereka. Tugas bidang kerja ini meliputi membantu pasien dengan berbagai masalah fisik yang terkait dengan penuaan, seperti osteoporosis, osteoarthritis, dan lain-lain.

4. Fisioterapis Pediatri

Fisioterapis pediatri bekerja dengan bayi, anak-anak, dan remaja usia 18 tahun untuk membantu mereka dalam meningkatkan kesehatan dan mobilitas mereka. Fisioterapis pediatri dapat membantu anak-anak yang mengalami kelainan bawaan atau masalah medis lainnya.

5. Fisioterapis Pendidikan

Fisioterapis pendidikan mengajar di universitas atau sekolah-sekolah fisioterapi, seperti dosen atau praktisi mengajar. Tugas fisioterapis pendidikan meliputi memberikan kuliah, mengembangkan kurikulum, dan membimbing mahasiswa fisioterapi dalam kegiatan akademik.

 

Rekomendasi universitas jurusan fisioterapi di luar negeri

1. Universitas Melbourne

Universitas Melbourne adalah salah satu universitas terbaik di dunia. Universitas Melbourne memiliki 22 fakultas, lebih dari 48.000 mahasiswa dan 6.500 staff, dan lebih dari 13.000 mahasiswa internasional dari sekitar 130 negara. Universitas Melbourne memiliki reputasi penelitian ternama dan secara konsisten mendapatkan pendanaan penelitian dalam jumlah besar. Menurut UniMelb, universitas ini memiliki dana penelitian terbesar kedua di Australia setelah badan penelitian ilmiah pemerintah federal, CSIRO.

2. Universitas Toronto

Universitas Toronto adalah universitas paling terkemuka di Kanada. Universitas Toronto menjadi salah satu universitas intensif penelitian terkemuka di dunia, menyatukan para pemikir terbaik dari berbagai latar belakang dan disiplin ilmu untuk berkolaborasi dalam tantangan yang dihadapi oleh dunia. Universitas Toronto berada pada peringkat ke-21 dalam QS World University Rankings 2024.

3. Universitas Utrecht

Universitas ini yang berlokasi di Belanda ini adalah salah satu perguruan tinggi yang diakui secara global dalam hal pendidikan tinggi dan penelitian. Universitas Utrecht menawarkan berbagai jenjang pendidikan yang berkualitas tinggi untuk mahasiswa internasional. Mulai dari program sarjana hingga program doktoral, universitas ini menyediakan kesempatan bagi siswa untuk mengembangkan karier akademik mereka di berbagai bidang studi.

 

Baca Juga : Kenalan Lebih Jauh dengan Universitas Utrecht Yuk!

 

Rekomendasi bimbingan persiapan masuk ke universitas luar negeri

Ingin lolos kuliah ke universitas luar negeri? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan daftar universitasmu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan daftar beasiswa ke luar negeri? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

jurusan fisioterapi

Sumber:

Prospek Kerja Program Studi Fisioterapi. Universitas Esa Unggul. https://fisioterapi.esaunggul.ac.id/prospek-kerja-program-studi-fisioterapi/