Apa Itu Jurusan Manajemen Bisnis dan Rekomendasi Universitasnya

Jurusan Manajemen Bisnis merupakan bidang studi yang melibatkan dua area yang luas untuk keperluan perekrutan, pelatihan dan koordinasi, serta menjadi manajer untuk pengambilan keputusan yang efektif demi mengatur dan mencapai tujuan bisnis dengan mendalami ilmu serta skills pengelolaan bisnis. Beberapa contoh disiplin ilmu yang akan Hunters pelajari selama menempuh perkuliahan di jurusan Manajemen Bisnis adalah Ilmu Manajemen, Manajemen Mutu dan Manajemen Proyek, hingga skills berkomunikasi dan melakukan negosiasi.

Artinya, Manajemen Bisnis merupakan jurusan yang direkomendasikan untuk kamu yang berminat berkarir dalam manajemen dan berwirausaha. Sebab, tujuan adanya jurusan ini memang untuk mencetak profesional yang mahir dalam bisnis dan manajemen. Lalu, apalagi alasan Hunters memilih jurusan ini ya?

 

Jurusan Manajemen Bisnis

Simak poin-poin seputar jurusan Manajemen Bisnis di bawah ini yang sudah Schoters rangkum untuk kamu!

  1. Jurusan Manajemen Bisnis tidak membatasi kamu dalam belajar. Sebab, selain teori, kamu juga akan melakukan praktek serta menyelesaikan beragam varian permasalahan yang umum dijumpai dalam dunia usaha atau bisnis.

  2. Ilmu dari Jurusan Manajemen Bisnis sangat fleksibel. Hunters bisa dengan mudah menerapkan ilmu tersebut dalam beragam lini karir atau pekerjaan, misalnya e-commerce, ritel, trading, logistik, properti, dan lain sebagainya.

  3. Berkuliah di jurusan Manajemen Bisnis sangat berguna untuk kamu yang setelah lulus menjalankan usaha. Jadi, kamu bisa mengelola tenaga kerja secara maksimal, termasuk mengupayakan komunikasi efektif, dan menciptakan kerja tim yang baik.

  4. Saat ini, posisi untuk para fresh graduate, yaitu management trainee terbuka untuk semua latar belakang pendidikan. Akan tetapi, jika kamu ingin lebih unggul dari pesaing, maka sebaiknya berkuliah saja di jurusan Manajemen Bisnis.

  5. Kamu bisa belajar kemampuan-kemampuan dasar melalui kuliah di jurusan Manajemen Bisnis. Nah, contoh sejumlah skills dasar tersebut adalah tentang penyampaian dan perangkuman informasi, kepemimpinan, pemecahan masalah, dan manajemen proyek.

  6. Ada beragam disiplin ilmu yang bermanfaat dalam jurusan Manajemen Bisnis. Kamu bisa menekuni semuanya, termasuk finance, service operation, human resources, supply chain, bisnis global, dan konsultasi bisnis.

 

Dunia Perkuliahan

Seperti jurusan kuliah pada umumnya, terdapat total 144 SKS yang harus ditempuh kurang lebih empat tahun jika berkuliah di jurusan Manajemen Bisnis. Di dalam SKS tersebut pastinya ada mata kuliah konsentrasi dan wajib yang harus Hunters pelajari. Jurusan atau prodi Manajemen Bisnis akan menawarkan mata kuliah konsentrasi seperti, pengantar ekonomi, akuntansi biaya, matematika bisnis, ekonomi mikro dan makro, manajemen perkantoran, manajemen keuangan, hingga manajemen pemasaran.

Nah, kalau mata kuliah jurusan Manajemen Bisnis yang wajib biasanya seputar hal-hal yang secara umum memang dipelajari oleh jurusan atau prodi ekonomi lainnya. Contohnya yaitu Pengantar Ekonomi, Matematika Bisnis, Akuntansi Biaya, Ekonomi Makro, Ekonomi Mikro, Manajemen Operasional, Manajemen Pemasaran, Manajemen Sumber Daya Manusia, Statistika Deskriptif, hingga Manajemen Keuangan.

Mengenai fakultas, umumnya jurusan satu ini digolongkan ke dalam Fakultas Ekonomi, atau juga bisa Fakultas Bisnis dan Manajemen. Terkait gelar, untuk jenjang S1 adalah Sarjana Manajemen atau S.M. Sedangkan untuk D3 adalah A.Md atau Ahli Madya. Selama kuliah di Jurusan Manajemen Bisnis, kamu juga belajar bagaimana melakukan negosiasi bisnis.

 

Prospek Kerja

Jurusan Manajemen Bisnis memiliki peminat yang tinggi karena prospek kerja Manajemen Bisnis terbilang luwes dan dinamis. Hal ini dikarenakan lulusan manajemen bisnis memiliki kecakapan untuk berwirausaha, di bidang apapun itu. Tidak sedikit lulusan jurusan Manajemen Bisnis yang menjadi entrepreneur. Lapangan kerja yang diciptakan oleh seorang entrepreneur dapat menyokong dan memperbaiki perekonomian banyak orang, bahkan negara.

Bagaimana kalau entrepreneurship bukan minat kamu? Lulusan jurusan Manajemen Bisnis juga bisa bekerja dan membangun karier pada bidang yang diminatinya. Prospek kerja Manajemen Bisnis biasanya terkait dengan jenjang pendidikan dan gelar yang diperolehnya. Selain bekerja di sektor swasta, lulusan jurusan Manajemen Bisnis juga dibutuhkan di berbagai institusi pemerintah. Seiring berjalannya waktu, profesionalitas kerjamu kelak dapat mengantarkanmu menjadi seorang marketing executive, risk manager, maupun project manager.

 

Pilihan Universitas

Untuk mendukung pembelajaran yang maksimal, tentu membutuhkan tenaga pendidikan yang dapat membantu. Tidak lain yaitu universitas. Berikut beberapa rekomendasi universitas terbaik untuk jurusan Manajemen Bisnis, yuk simak!

Harvard University

Universitas pertama dalam daftar ini adalah Harvard University, salah satu universitas terbaik dunia yang namanya tidak asing lagi. Berdasarkan daftar perguruan tinggi terbaik dunia yang dirilis QS 2023, universitas yang berlokasi di Massachusetts ini menduduki peringkat 5 terbaik dunia. Bagi yang tertarik untuk melanjutkan studi manajemen di Harvard University, dapat memilih program studi Business Administration and Management untuk jenjang sarjana atau memilih beragam program studi terkait manajemen di tingkat pascasarjana seperti Management, Business Administration, Organizational Behavior, dan masih banyak lagi.

INSEAD

Institusi berikutnya yang menawarkan jurusan manajemen terbaik di dunia adalah INSEAD Business School, sebuah institusi pendidikan yang memiliki spesialisasi di bidang bisnis dan manajemen yang berlokasi di Fontainebleau, Prancis. INSEAD membuka berbagai program Master dan Doktoral yang berhubungan dengan manajemen, serta berbagai program non-degree dalam bentuk Executive Education Program. 

Salah satu program Master di INSEAD, Master of Business Administration, berhasil menduduki peringkat terbaik di dunia untuk program MBA pada tahun 2016, 2017, dan 2021 serta peringkat 3 terbaik di tahun 2022 menurut The Financial Times. Sayangnya, INSEAD tidak membuka program jenjang S1 (undergraduate).

London Business School (LBS)

Institusi berikutnya dengan jurusan manajemen terbaik di dunia adalah London Business School (LBS) yang berlokasi di Baker Street, London. Institusi ini menawarkan berbagai program MSc, MBA, dan Executive MBA yang mencakup berbagai bidang studi seperti accounting, economics, finance, management science and operations, marketing, organizational behavior, strategy and entrepreneurship. Menariknya, 94% lulusan Master jurusan Manajemen dari London Business School langsung diterima bekerja dalam waktu 3 (tiga) bulan setelah lulus dengan rata-rata gaji pendahuluan sebesar $58,223 (£42,573).

Stanford University

Jurusan manajemen terbaik berikutnya bisa ditemukan di Stanford University, salah satu universitas terbaik dunia yang berada di peringkat 3 dunia berdasarkan daftar yang dirilis QS 2023. Universitas yang berlokasi di California ini menawarkan berbagai program studi di bidang manajemen di seluruh jenjang pendidikan baik S1, S2, maupun S3. Tidak hanya menawarkan program studi dan jurusan manajemen terbaik di dunia, Stanford University juga terkenal juga dengan berbagai program investasi dan kewirausahaan untuk mahasiswa.

Massachusetts Institute of Technology (MIT)

Universitas lainnya di dunia yang membuka jurusan manajemen terbaik adalah Massachusetts Institute of Technology (MIT), yang merupakan universitas terbaik di dunia versi QS 2023. MIT menawarkan berbagai program studi terkait manajemen di seluruh jenjang pendidikan, dari S1, S2 maupun S3, yang dikelola di bawah MIT Sloan Business School. Seperti Stanford University, MIT Sloan Business School juga terkenal dengan berbagai ekosistem kewirausahaan yang membawa dampak besar dalam bentuk penjualan tahunan (annual revenue) senilai nyaris 2 triliun dollar, melalui 30.000 perusahaan aktif yang dibentuk oleh alumni MIT.

Bocconi University

Universitas dengan jurusan manajemen terbaik di dunia berikutnya dalam daftar ini adalah Bocconi University, sebuah universitas swasta yang berlokasi di Milan, Italia. Universitas yang memiliki spesialisasi di bidang studi Economics, Finance, Law, Management, Political Science, Public and Administration, dan Computer Science ini membuka berbagai jurusan manajemen di jenjang sarjana dan pascasarjana, termasuk program studi Master of Business Administration, yang merupakan program MBA terbaik di Italia, program MBA terbaik ke 5 di Eropa dan program MBA terbaik ke 13 di dunia menurut The Financial Times.

University of Pennsylvania

Salah satu universitas terbaik dunia lainnya yang membuka jurusan manajemen terbaik di dunia adalah University of Pennsylvania yang memiliki peringkat 13 terbaik di dunia versi QS 2023. Salah satu universitas tertua di Amerika Serikat yang berlokasi di Pennsylvania ini membuka berbagai program studi terkait manajemen untuk semua jenjang pendidikan, baik sarjana maupun pascasarjana, yang dikelola oleh Wharton Business School, business school pertama di dunia. Hingga saat ini, Wharton Business School sudah menghasilkan lebih dari 100.000 alumni dan 13.000 eksekutif yang mengikuti program di Wharton Business School.

HEC Paris School of Management

Institusi terakhir dalam daftar ini adalah HEC Paris School of Management, yang berlokasi di Kota Jouy-en-Josas, Perancis. Salah satu sekolah bisnis tertua dan terbaik di Eropa ini sudah berdiri sejak tahun 1881 dan kini menawarkan program studi di bidang bisnis dan manajemen untuk jenjang Master dan Doktoral serta berbagai program non-degree. Mahasiswa HEC juga memiliki kesempatan berharga untuk menjalin relasi dalam hal research, teaching projects, corporate initiatives, dan lain sebagainya bersama 43 perusahaan global yang kini tergabung dalam HEC Corporate Connections, seperti Total Energies, Volkswagen, Cartier, dan lain-lain.

Rekomendasi Bimbingan Persiapan Lolos Universitas Luar Negeri

Ingin lolos universitas luar negeri? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan daftar universitasmu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan dapat universitas luar negeri? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

jurusan manajemen bisnis