Ini Jurusan Teknik yang Paling Banyak Dicari Perusahaan!

Jurusan teknik adalah bidang yang mempelajari tentang berbagai penerapan IPTEK mulai dari pembuatan transportasi, teknologi, fasilitas umum, satelit, modifikasi teknologi hingga sumber daya. Prospek kerja jurusan ini masih banyak dicari di masa depan. Yuk simak selengkapnya jurusan teknik yang paling banyak dicari perusahaan di artikel ini!

 

Jurusan teknik yang paling banyak dicari perusahaan

1. Teknik sipil

Jurusan teknik sipil adalah jurusan yang berhubungan dengan merancang, membangun dan merenovasi gedung, jalan, jembatan, bendungan, serta infrastruktur lainnya. Lulusan dari jurusan ini bisa bekerja di berbagai perusahaan properti, konstruksi, atau pengembang. Hunters juga bisa bekerja di instansi pemerintah seperti Badan Perencanaan Nasional (BPN), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), dan BUMN lain di bidang konstruksi.

2. Teknik perminyakan

Kerja dipertambangan minyak memang selalu menjadi incaran orang-orang karena gajinya yang bombastis. Prospek kerja dari lulusan jurusan ini terkenal sangat menjanjikan karena sumber daya minyak termasuk salah satu sumber daya yang paling bernilai tinggi.

3. Teknik mesin

Jurusan teknik mesin adalah salah satu jurusan teknik yang paling banyak diminati oleh orang-orang. Hampir dari kegiatan sehari-hari pasti memanfaatkan teknologi mesin setiap harinya. Tak heran jika lulusan jurusan ini sangat dibutuhkan di masa depan. Prospek jurusan ini dibutuhkan di berbagai macam industri, mulai dari manufaktur, teknologi, otomotif, pertambangan, dan sebagainya.

4. Teknik Kimia

Jurusan teknik kimia mempelajari tentang proses pengolahan bahan baku dan bahan kimia menggunakan proses-proses ilmu kimia. Prospek kerja lulusan jurusan ini tidak hanya dibutuhkan di Indonesia, tetapi juga dibutuhkan di luar negeri. Hunters dapat bekerja mulai dari menjadi tenaga profesional di industri kimia, perminyakan, farmasi, hingga menjadi konsultan.

 

Tertarik kuliah ke luar negeri dan ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan konsultan expert? Schoters bisa bantu kamu mulai dari persiapan memilih universitas, beasiswa, persyaratan dokumen hingga interview.

Silahkan klik tombol “Konsultasi Kuliah di Luar Negeri” di bawah ini dan kamu bisa bebas tanya apapun 👇

jurusan teknik yang paling banyak dicari perusahaan

 

Baca Juga : Ketahui Hal Ini Sebelum Memutuskan Kuliah di Jurusan Teknik!

 

5. Teknik elektro

Jurusan teknik elektro adalah salah satu jurusan di bidang teknik yang populer. Mahasiswa jurusan ini akan mempelajari, mendesain dan mengaplikasikan komponen dan sistem yang memanfaatkan listrik, elektronika, dan electromagnetism.

6. Teknik industri

Di teknik industri, mahasiswa jurusan ini akan mempelajari penerapan teknologi dalam manufaktur dan sistem manajemen sebuah industri. Lulusan dari jurusan ini dapat bekerja di divisi spesialisasi teknik industri, divisi produksi, divisi engineering, divisi perencanaan biaya, hingga HRD.

7. Teknik telekomunikasi

Jurusan ini akan belajar tentang berbagai aspek dalam berkomunikasi, seperti sinyal, transmisi data, jaringan komputer, radio, teknologi radar, dan berbagai teori yang berkaitan dengan itu. Prospek jurusan ini ada beragam mulai dari dibutuhkan sebagai teknisi mekanik radio, network engineer, access network engineer, arsitek jaringan komputer, programmer komputer, wireless engineer, dan masih banyak lagi.

8. Teknik robotika

Di luar negeri, sudah banyak teknologi robot yang diterapkan dalam berbagai industri, seperti dalam industri makanan, otomotif, hingga industri terkemuka lainnya. Oleh karena itu, prospek kerja jurusan ini masih sangat terbuka lebar terutama di luar negeri karena perkembangan teknologi robot yang semakin canggih.

 

Rekomendasi bimbingan persiapan masuk ke universitas teknik

Ingin lolos kuliah ke universitas teknik dunia? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan daftar universitasmu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan daftar beasiswa ke luar negeri? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

jurusan teknik yang paling banyak dicari perusahaan