Kampus Ivy League: 8 Kampus Top Dunia di Amerika Serikat

Hunters pasti asing saat mendengar kampus Ivy League. Ivy League adalah kumpulan delapan universitas yang berlokasi di timur laut Amerika. Universitas-universitas ini mulanya adalah anggota liga atletik Divisi 1 Asosiasi Atletik Perguruan Tinggi Nasional (NCAA), yang didirikan pada tahun 1950-an.

 

Ivy League sangat populer karena keunggulan akademik, sejarah yang kaya, dan proses seleksi masuk yang sangat ketat. Universitas Ivy League banyak menggunakan sumber daya untuk menarik siswa yang cerdas, pekerja keras, dan berorientasi karier. Kini, sudah menjadi rahasia umum bahwa sekolah-sekolah ini sangat membantu siswa dalam meraih karir profesional, mulai dari hukum, kedokteran, teknik, hingga bisnis. Mendapatkan gelar dari sekolah-sekolah ini tentunya akan membuka banyak pintu bagi Hunters di masa depan.

 

Universitas yang merupakan kampus Ivy League

1. Harvard University

Harvard University adalah perguruan tinggi yang berlokasi di Cambridge, Massachusetts, Amerika Serikat. Berdiri pada tahun 1636, Harvard University adalah universitas tertua di Amerika Serikat. Harvard juga merupakan sekolah yang sangat kompetitif karena tingkat penerimaannya hanya 5%.

 

Harvard University menawarkan berbagai program dan fakultas yang sangat terkenal di seluruh dunia. Program-program yang ditawarkan meliputi program sarjana, pascasarjana, dan doktoral di bidang ilmu pengetahuan, teknik, seni, humaniora, bisnis, hukum, kedokteran, dan pendidikan. Selain itu, universitas ini juga terkenal dengan beberapa program terbaik di dunia, seperti program MBA di Sekolah Bisnis Harvard dan program hukum di Sekolah Hukum Harvard.

2. Yale University

Yale University adalah universitas yang terletak di New Haven, Connecticut, Amerika Serikat. Universitas Yale memiliki tingkat penerimaan yang sangat ketat, yaitu hanya 6% dan menerima siswa dengan peringkat SAT rata-rata 1460-1570 dan peringkat ACT 33-35. 

 

Yale University telah mencapai berbagai prestasi dan pengakuan di berbagai belahan dunia. Universitas ini menghasilkan banyak alumni yang sukses di berbagai bidang, termasuk politik, bisnis, dan seni. Berbagai program yang ditawarkan meliputi program sarjana, pascasarjana, dan doktoral di bidang ilmu pengetahuan, teknik, seni, humaniora, bisnis, hukum, kedokteran, dan pendidikan. 

3. Brown University

Terletak di Providence, Rhode Island, Amerika Serikat, Brown University didirikan pada tahun 1764 dan menjadi universitas yang dikenal dengan pendekatannya yang fleksibel terhadap pendidikan, sehingga para mahasiswa dapat merancang program studi yang sesuai dengan minat dan tujuan mereka. Brown University terbagi menjadi beberapa bentuk sekolah yang tersebar di dalam 40 departemen ilmu. Contohnya adalah The College, Graduate School, School of Engineering, School of Professional Studies, School of Public Health, dan Warren Alpert Medical School.

4. Columbia University

Didirikan pada tahun 1754, Columbia University adalah universitas yang terletak di New York City, Amerika Serikat. Columbia University dikenal sebagai universitas yang memiliki fakultas dan staf pengajar yang sangat terkemuka, serta memiliki banyak alumni yang sukses di berbagai bidang, termasuk politik, bisnis, dan seni. Beberapa lulusan terkenal dari universitas ini adalah Erina Gudono istri Kaesang Pangarep, Cinta Laura, Tasya Kamila, Barack Obama, dan masih banyak tokoh terkenal lainnya. 

 

Tertarik kuliah ke luar negeri dan ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan konsultan expert? Schoters bisa bantu kamu mulai dari persiapan memilih universitas, beasiswa, persyaratan dokumen hingga interview.

Silahkan klik tombol “Konsultasi Kuliah di Luar Negeri” di bawah ini dan kamu bisa bebas tanya apapun 👇

kampus Ivy League

 

5. Princeton University

Kampus Ivy League selanjutnya adalah Princeton University yang berdiri pada tahun 1746 dengan nama College of New Jersey di Princeton, New Jersey. Kemudian, universitas ini mengganti nama di tahun 1896 menjadi Princeton University. Universitas ini menawarkan berbagai program meliputi program sarjana, pascasarjana, dan doktoral di berbagai bidang, termasuk ilmu pengetahuan, teknik, humaniora, seni, ilmu sosial, matematika, dan banyak lagi. Kampus ini punya tim atletik bernama The Quakers dan menerima mahasiswa baru sebanyak 10.337 mahasiswa.

6. Dartmouth College

Berdiri pada tahun 1769, Dartmouth College terletak di Hanover, New Hampshire, Amerika Serikat. Dartmouth College dianggap sebagai salah satu institusi terkemuka di dunia dalam bidang penelitian, pendidikan, dan inovasi. Dartmouth College menawarkan berbagai program sarjana, pascasarjana, dan doktoral di berbagai bidang studi. Universitas ini memiliki empat fakultas yaitu Fakultas Kemanusiaan, Fakultas Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Ilmu Pengetahuan Alam, dan Fakultas Kedokteran Geisel.

7. Cornell University

Cornell University, didirikan di Ithaca, New York, pada tahun 1865. Cornell  University menjadi kampus terbaik bidang kesehatan dan ada juga bidang studi hukum, manajemen, dan teknik yang bisa dipilih mahasiswa. Selain itu, Cornell juga merupakan satu-satunya universitas dari Ivy League yang berdiri setelah era kolonial Amerika. 

 

Universitas ini memiliki 7 fakultas yang meliputi Fakultas Pertanian dan Kehidupan Pedesaan, Fakultas Seni dan Ilmu Pengetahuan, Fakultas Teknik, Fakultas Ilmu Kehidupan, Fakultas Bisnis, Fakultas Ilmu Manusia, dan Fakultas Kedokteran Veteriner. Universitas Cornell berhasil menjaring 13.931 mahasiswa baru tahun ini. 

8. University of Pennsylvania

Didirikan pada tahun 1740, University of Pennsylvania terletak di Philadelphia, Pennsylvania, Amerika Serikat. Universitas Pennsylvania dikenal sebagai salah satu universitas dengan biaya pendidikan yang cukup mahal. Selain itu, universitas ini dianggap sebagai salah satu institusi terkemuka di dunia dalam bidang pendidikan, penelitian, dan inovasi.

 

University of Pennsylvania menawarkan berbagai program sarjana, pascasarjana, dan doktoral di berbagai bidang studi. Universitas ini terdiri dari 12 sekolah dan fakultas, termasuk Wharton School yang terkenal dengan program bisnisnya, Sekolah Hukum, Sekolah Kedokteran, Sekolah Pendidikan, Sekolah Rekayasa dan Ilmu Terapan, dan banyak lagi. 

 

Baca Juga : Ini 100 Top Global Universities versi Qs World Ranking 2024!

 

Rekomendasi bimbingan persiapan masuk ke kampus Ivy League

Ingin lolos kuliah ke kampus Ivy League? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan daftar universitasmu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan daftar beasiswa ke luar negeri? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

kampus Ivy League

Sumber:

https://www.harvard.edu/