fbpx

Yuk Daftar Beasiswa S2 di Kampus-Kampus Teknik Korea Selatan

Info Beasiswa, Kampus Luar Negeri

Annyeonghaseyo! Scholarship Hunters yang punya cita-cita untuk kuliah di Korea Selatan dengan beasiswa bisa banget nih daftar di kampus-kampus teknik Korea Selatan. Walau tidak banyak orang yang tahu, ternyata beasiswa kampus teknik Korea Selatan lumayan banyak loh!

Korea Selatan memang terkenal dan unggul dengan  kualitas pendidikannya terutama di bidang Teknik dan Ilmu Alam. Tak hanya itu, banyak universitas teknik di korea yang masuk ke jajaran universitas top dunia. Kalau kamu ingin melanjutkan studi di jurusan dengan rumpun Ilmu Alam dan Teknik,  yuk simak informasi terkait beasiswa S2 berikut ini.

1. Beasiswa KAIST

KAIST (Korea Advanced Institute of Science and Technology) adalah universitas riset nasional pertama yang didirikan pemerintah Korea pada tahun 1971. KAIST secara umum dikenal sebagai universitas teknik paling bergengsi di Korea Selatan. Kampus ini memiliki ranking 39 di QS Global World Rankings 2021, ranking 9 di QS Asian University, ranking 17 QS WU in Electronic and Electric Engineering, dan ranking 19 QS in Material Sciences.

Kampus ini memberikan beasiswa jenjang S2 untuk mahasiswa internasional dengan cakupan beasiswa, yaitu biaya kuliah penuh, tunjangan biaya hidup sebesar 350,000 won/bulan untuk jenjang S2, asuransi kesehatan medis, dan biaya tambahan penelitian. Menarik bukan?

KAIST Campus - source: studyinkorea

2. Beasiswa POSTECH

Pohang University of Science and Technology (POSTECH) adalah ada universitas Korea Selatan pertama yang secara resmi dijuluki sebagai ampus bilingual pada tahun 2010 dengan mayoritas program dan proses perkuliahan di tingkat junior, senior dan pascasarjana diajarkan dalam bahasa Korea dan Inggris.

POSTECH yang terletak di kota Pohang memberikan beasiswa POSTECH Teaching or Research Assistant yang mana beasiswa ini tersedia untuk mahasiswa pascasarjana yang dipilih sebagai asisten pengajar atau peneliti oleh profesor pembimbing mereka. Cakupan beasiswa ini biaya kuliah penuh, tunjangan biaya hidup, dan tunjangan asrama.

Pohang University of Science and Technology - souce: LinkedIn

 

3. Beasiswa GIST 

Gwangju Institute of Technology (GIST) yang berlokasi di Gwangju, Korea Selatan membuka kesempatan beasiswa untuk mahasiswa/i Indonesia yang berniat melanjutkan studi jenjang S2/S3 secara cuma-cuma.

Cakupan beasiswa yang diberikan pun tidak tanggung-tanggung, yaitu biaya kuliah fully funded sebesar 3.415.000 won per semester, tunjangan siswa sebesar 140.000 won per bulan untuk jenjang S2 dan 295.000 won per bulan untuk jenjang S3 (harus menyelesaikan setidaknya 9 sks pada semester sebelumnya), tunjangan makan sebesar 100.000 won per bulan  (harus menyelesaikan setidaknya 9 sks pada semester sebelumnya), tunjangan mahasiswa internasional sebesar 120.000 won per bulan (dengan syarat IPK minimal 3.0 atau lebih tinggi (dari skala IPK 4.5) pada semester sebelumnya), dan lainnya. 

GIST Campus - source studyinkorea

Baca Juga: Beasiswa dan Universitas Terbaik di Korea Selatan

4. Beasiswa UST

University of Technology and Science (UST) Korea Selatan memiliki 32 kampus yang tersebar di 8 kota, loh. UST juga merupakan universitas pascasarjana yang berada di bawah pengelolaan Kementerian Sains dan ICT, Korea Selatan. Kelebihan kuliah di UST adalah tunjangan yang cukup besar, untuk jenjang S2  setara KRW 1,2 juta per bulan atau setara 15 juta rupiah. Saat kuliah di sini kamu juga bekerja di institut riset di bawah pemerintah Korea Selatan loh.

UST campus - source studyinkorea

 

5. Beasiswa UNIST

Ulsan National Institute of Science and Technology (UNIST) merupakan universitas teknik yang berlokasi di kota Ulsan, Korea Selatan. Cakupan beasiswa ini berupa tunjangan biaya kuliah dan biaya hidup sebesar KRW 9,600,000/tahun. Program studi yang ditawarkan beasiswa ini adalah sebagai berikut:

• Mechanical Engineering
• Urban and Environmental Engineering
• Materials Science and Engineering
• Energy and Chemical Engineering
• Nuclear Engineering
• Design
• Biomedical Engineering
• Biological Science
• Industrial Engineering
• Artificial Intelligence
• Electrical Engineering
• Computer Science and Engineering
• Physics
• Mathematical Sciences
• Chemistry
• Business Administration

UNIST - source: Timeshighereducation

Baca Juga: Tips Membuat Essay yang Juara untuk Beasiswa

 

Kalau kamu bingung mau mulai pendaftaran beasiswa luar negeri dari mana, kamu bisa  konsultasi ke expert beasiswa di Schoters untuk persiapan dokumen, esai, dan informasi beasiswa dengan lengkap dalam bimbingan yang jam-nya fleksibel!

Tunggu apa lagi, lihat informasi dan jadwal beasiswa-beasiswa luar negeri di kalender beasiswa Schoters dan segera daftarkan dirimu!

 

Pin It on Pinterest

Share This