fbpx

3 Tips Atasi Ragu untuk Mengejar Mimpi Kuliah di Luar Negeri

Tips & Trik

Scholarship Hunters punya mimpi untuk kuliah di universitas di luar negeri, tapi gak percaya diri karena merasa kurang mampu untuk meraihnya?

Seringkali, kita tidak sadar bahwa rasa ragu atau takut untuk mencoba merupakan salah satu rintangan dalam mencapai tujuan besar dalam hidup. Fenomena ini disebut mental block, salah satu situasi yang dapat menghambat kamu mencapai tujuan. Bagaimana caranya mengatasi mental block untuk meraih impian ke luar negeri? Berikut tiga tips mengatasi mental block untuk meraih impian kuliah ke luar negeri.

Baca juga: 10 Negara Terbaik untuk Kuliah di Luar Negeri 

  1. Kemauan yang Tinggi, Be Persistent!

Meraih beasiswa di luar negeri merupakan perjalanan yang cukup menantang atau challenging. Hal ini seringkali membuat Hunters merasa berkecil hati dan merasa tak mampu mencapainya. Terlebih, persyaratan yang membutuhkan waktu juga menjadi salah satu kekhawatiran utama ketika ingin mencoba mendaftar beasiswa ke luar negeri.

Lantas bagaimana? Kunci untuk meraih beasiswa ke luar negeri adalah memiliki kemauan dan persistensi yang tinggi untuk mengulik informasi beasiswa dan meningkatkan kemampuan diri. Percayalah bahwa, “if there is a will, there is a way”, kemauan dan persistensi yang tinggi akan membukakan jalan untuk meraih impian kalian. So, increase your willingness and be persistent!

2. Pantang Menyerah, Great Things Take Time

Kesalahan yang lazim dilakukan oleh Hunters adalah terlalu cepat menyerah. Kegagalan seringkali dilihat sebagai sesuatu yang absolut dan tidak bisa diubah. Bahkan terkadang rasanya dunia tidak adil karena satu kegagalan.

Mulai saat ini, Hunters harus memahami bahwa failure is a process.

Ya! Kegagalan merupakan bagian dari proses untuk mencapai tujuan besar kita. Terlebih, mengejar beasiswa kuliah ke luar negeri dan bersaing dengan pelajar di seluruh penjuru dunia merupakan tujuan besar yang diimpikan banyak orang. Tujuan yang besar juga membutuhkan usaha dan tekad yang kuat.

“Gagal, coba lagi! Gagal lagi, coba terus!”

Ketahuilah bahwa satu kegagalan bukanlah akhir dari segalanya. 

Baca juga: Kenali Rahasia Belajar Maudy Ayunda Lulus dari Stanford

3. Tentukan Target yang Realistis, Be Realistic!

Setelah meningkatkan kemauan dan tekad untuk meraih tujuan, menjadi realistis sangat penting untuk menentukan rencana mendaftar kuliah ke luar negeri. Rencana mendaftar kuliah ke luar negeri harus disesuaikan dengan kemampuan dan pengalaman kalian.

Menjadi realistis dan berkecil hati beda ya, Hunters! Dengan melakukan realistic planning, Hunters akan lebih mudah menentukan aksi atau action plan yang harus dilakukan ke depannya. Selain itu, rencana yang realistis juga akan membantu kalian untuk mengatur ekspektasi agar tidak mudah kecewa dalam perjalanan mencari kuliah ke luar negeri. 

Nah, ketiga tips di atas merupaka top three tips untuk mengatasi mental block meraih impian kuliah ke luar negeri.

Namun, bagaimana cara mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari? Yuk simak podcast “Atasi Mental Block untuk Meraih Mimpi” bersama Radyum Ikono (CEO Schoters)  melalui https://player.inspigo.id/lFlZmVkgXm

Pin It on Pinterest

Share This