9 Alasan Kenapa Kamu Harus S2 dan S3

Kuliah di Luar Negeri, 21 Okt 2022

Banyak dari kalian yang mungkin berfikir bahwa dengan kuliah S1 saja sudah merasa cukup lalu bekerja, ada yang memilih untuk lanjut ke jenjang S2 bahkan S3. Berikut beberapa alasan yang membuat kalian berfikir bahwa kalian harus lanjut S2 dan S3.

1. Menjadikan Kamu Lebih Unggul

Sudah banyak orang-orang yang menyandang gelar sarjana di berbagai belahan dunia. Hal inilah yang menjadikan situasi menjadi sangat kompetitif dan sulit mendapatkan pekerjaan. Memilih untuk lanjut kuliah S2 akan membuatmu selangkah lebih unggul dibandingkan dengan lulusan sarjana.

2. Pertumbuhan Intelektual

Sebagian orang merasa enggan untuk lanjut kuliah S2 karena menganggapnya tidak jauh berbeda dengan S1. Hal ini jelas keliru mengingat saat kamu melanjutkan pendidikan S2, kamu akan berhubungan dengan banyak penelitian yang secara otomatis mengembangkan kemampuan intelektualmu.

3. Pengalaman yang Tidak Ternilai Harganya

Kuliah di luar negeri pasti berbeda dengan dalam negeri, disni kamu akan terbiasa kompetetif bersaing dengan orang dari luar negeri  dan mendapatkan pengalaman yang luar biasa.

4. Membentuk Karakter yang Lebih Matang

Mungkin memang benar jika di banyak perusahaan, lulusan S1 dan S2 akan mengawali karier dengan besaran gaji yang sama. Namun, lulusan S2 dianggap memiliki ilmu yang lebih mendalam dengan mata kuliah sesuai dengan minat. Selain itu, memutuskan lanjut kuliah S2 juga akan mematangkan karaktermu sehingga menjadi kandidat unggulan di dunia kerja.

5. Mendalami Ilmu yang Diminati

Mungkin banyak di antara kita yang mengikuti saran dari orang tua dalam memilih jurusan S1. Hal ini dilakukan karena ketidaktahuan anak minat dan bakat sebenarnya. Nah, di jenjang S2 ini kamu memiliki kesempatan untuk mengubah jalan hidup dengan memilih jurusan idaman.

6. Memilih Kelas Sesuai dengan Keinginan

Jika saat S1 ada banyak mata kuliah wajib yang harus diambil, hal ini tidak berlaku saat kamu memutuskan untuk lanjut kuliah S2. Jenjang S2 mengizinkan mahasiswanya untuk memilih kelas sesuai dengan minat mereka. Jika ada kuliah wajib, biasanya kamu hanya perlu mengambilnya satu per semester.

Nah, kalau sebelumnya kamu malas masuk kuliah karena pelajarannya tidak sesuai dengan minat maka kamu tidak perlu mengkhawatirkan hal tersebut saat melanjutkan pendidikan di S2.

7. Berkesempatan untuk Menduduki Jabatan dan Meraih Gaji yang Lebih Tinggi

Di banyak perusahaan, para lulusan master yang mencari pekerjaan berhasil mendapatkan level posisi lebih tinggi. Penelitian pun mengungkapkan bahwa profesional yang menyandang gelar master rata-rata dapat melakukan pekerjaan lebih baik dibandingkan lulusan sarjana.

8. Mendapatkan Pengalaman Belajar yang Lebih Luas

Saat memutuskan untuk melanjutkan studi di jenjang master, kamu akan mendapat bekal ilmu yang lebih dibandingkan saat duduk di bangku sarjana dulu.

9. Menjalin Pertemanan Baru

Sekolah pascasarjana dianggap sebagai tempat yang bagus untuk menjalin pertemanan dan mendapatkan koneksi baru. Kamu akan berada di kelompok yang sama untuk mengerjakan suatu proyek tertentu. Sering kali koneksi yang terjalin di sekolah pascasarjana akan memuluskan jalan kamu dalam menempuh karier.

Nah, itu dia alasan penting kenapa kamu perlu lanjut kuliah S2. Jadi, tidak perlu lagi bingung atau ragu untuk melanjutkan studi kamu ke jenjang yang lebih tinggi. Program master akan membuka peluang lebih lebar untuk mendalami bidang yang ingin kamu kuasai.

 

~Schoters~

The Largest Online Scholarship Platform