Simak Peluang Kerja di Jepang untuk Lulusan SMK

Dunia kerja di Jepang terus membutuhkan tenaga kerja terampil dari berbagai jenjang pendidikan, termasuk lulusan SMK. Para pelajar SMK banyak sekali dibutuhkan untuk mengisi lowongan kerja di Jepang untuk lulusan SMK.

Di Jepang, lulusan SMK memiliki banyak peluang kerja di berbagai sektor dengan gaji yang kompetitif. Sebab, saat ini, Jepang sedang kekurangan SDM lokal yang dapat mengisi posisi kosong di setiap perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja. Oleh karena itu, Jepang membuka banyak lowongan untuk lulusan SMK.

Lantas, peluang kerja di Jepang apa saja yang bisa diisi oleh pekerja lulusan SMK? Berikut beberapa peluang kerja di Jepang untuk lulusan SMK yang bisa Hunters coba!

 

Baca Juga: Simak Cara Kerja di Jepang untuk Pekerja Asing

 

Lowongan Kerja di Jepang Untuk Lulusan SMK

1. Bidang administrasi

Peluang kerja di Jepang untuk lulusan SMK pertama datang dari bidang administrasi. Bekerja di bidang administrasi di Jepang bisa Hunters jadikan pilihan yang tepat jika kamu punya ijazah SMK. Jika Hunters bekerja di bidang administrasi, kamu akan bertugas untuk mengelola data dan mengatur dokumen. 

Peluang kerja di Jepang untuk lulusan SMK di bidang administrasi ini bagi lulusan SMK yang ingin bekerja di lingkungan yang terstruktur dan dinamis. Selain itu,  Bidang ini juga menjadi salah satu yang paling banyak dilamar oleh tenaga kerja Indonesia, lho

2. Bidang pertanian

Jepang menjadi salah satu negara yang berhasil mengelola pertanian dengan baik. Sayangnya, petani di Jepang kebanyakan berusia lanjut sehingga mereka kurang maksimal dalam bekerja. Oleh karena itu, Jepang membutuhkan banyak tenaga kerja di Jepang untuk Lulusan SMK di bidang pertanian. 

Pertanian di Jepang juga telah dikelola dengan teknologi yang canggih sehingga mampu menghasilkan produk pertanian dengan kualitas yang tinggi. Lingkungan kerja di bidang pertanian Jepang memiliki keunikan dibandingkan dengan negara lain, termasuk Indonesia. 

Sebab, pekerja di bidang pertanian di Jepang tidak hanya terpaku pada satu tugas, melainkan didistribusikan ke berbagai bagian, seperti bekerja di lahan, di bagian pengemasan, ataupun di bidang distribusi hasil pertanian. Ini menunjukkan bahwa sistem kerja di bidang pertanian Jepang lebih fleksibel dan memberikan kesempatan bagi para pekerja untuk mempelajari berbagai aspek dalam proses produksi dan distribusi hasil pertanian.

3. Bidang perhotelan

Jepang termasuk negara yang banyak menerima wisatawan mancanegara. Oleh karena itu, Jepang membutuhkan banyak tenaga kerja di bidang perhotelan bagi para lulusan SMK. 

Ada banyak peluang kerja di Jepang untuk lulusan SMK di bdang perhotelan. Beberapa di antaranya adalah, seperti resepsionis, housekeeping, dan pelayanan restoran di hotel.

4. Bidang Industri

Selain bekerja di bidang perhotelan, lulusan SMK di Jepang juga bisa bekerja di pabrik yang bergerak di berbagai bidang industri. Peluang kerja ini cocok bagi para lulusan SMK. Sebab, pabrik-pabrik di Jepang saat ini membutuhkan banyak tenaga kerja lulusan SMK yang terampil.

5. Bidang Manufaktur

Lulusan SMK juga bisa bekerja di sektor manufaktur di Jepang. Ini merupakan peluang kerja yang sangat cocok bagi para lulusan SMK. Sebab, mereka punya keterampilan yang bisa membantu sektor manufaktur untuk berkembang. Apalagi, sektor manufaktur di Jepang juga sangat maju sehingga peluang kerja di sektor ini untuk para lulusan SMK cukup tinggi.

 

Baca Juga: Kerja Pabrik di Jepang

 

Syarat Kerja di Jepang untuk Lulusan SMK

Jika Hunters ingin melamar kerja di Jepang untuk lulusan SMK, ada beberapa persyaratan yang tentunya perlu kamu penuhi. Untuk rinciannya adalah sebagai berikut:

  1. Berusia minimal 19-25 tahun.
  2. Sehat jasmani dan tidak memiliki riwayat penyakit yang serius.
  3. Memiliki tinggi tubuh yang ideal dengan minimal tinggi badan 160 cm untuk laki-laki dan 155 cm untuk perempuan.
  4. Tidak memiliki penyakit buta warna.
  5. Tidak menderita penyakit cacat tulang.
  6. Minimal pendidikan SMA/SMK Sederajat.

 

Jepang menawarkan banyak peluang kerja yang menarik bagi lulusan SMK dengan gaji yang kompetitif, budaya kerja yang disiplin, dan kesempatan untuk mempelajari bahasa dan budaya baru. 

Jika Hunters yang ingin mendapatkan peluang kerja di Jepang untuk lulusan SMK, kamu bisa mengikuti program bimbingan kerja di luar negeri kerja melalui platform Schoters!

Rekomendasi Bimbingan Persiapan Kerja di Jepang

Ingin kerja di Jepang? Yuk, konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan kerja di Jepang semakin terarah.

Butuh program lain untuk persiapan kerja di luar negeri? Cek program Work Abroad Academy dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.