Daftar Peluang Kerja di Jepang untuk Orang Indonesia

Saat ini, peluang kerja di Jepang untuk orang Indonesia terbuka lebar. Sebab, Jepang saat ini sedang mengalami penurunan penduduk yang signifikan. Ini menyebabkan Jepang membutuhkan banyak tenaga kerja. 

Lantas, peluang kerja apa saja yang ada di Jepang untuk orang Indonesia? Untuk mengetahui hal tersebut, berikut Schoters sajikan ulasannya. Simak sampai habis, ya, Hunters! 

Lowongan Kerja di Jepang Untuk Orang Indonesia

1. Bidang Pertanian

Peluang kerja di Jepang untuk orang Indonesia yang pertama datang dari sektor pertanian. Sektor pertanian di Jepang sangat berkembang dengan baik berkat dukungan kemajuan teknologi dan informasi. 

Namun, sektor pertanian di Jepang tergolong sepi peminat. Sebab, pekerjaannya banyak dilakukan di pedesaan. Selain melakukan budidaya tanaman, para petani di Jepang juga melakukan pemeliharaan hewan ternak secara umum. 

 

Baca Juga: Info Kerja Pertanian di Jepang

 

Peluang kerja di Jepang untuk orang Indonesia di bidang pertanian ini bisa menjadi pilihan bagi tenaga kerja Indonesia yang ingin bekerja di Jepang. Sebab, Indonesia merupakan negara agraris yang sebagian besar penduduknya bekerja sebagai petani.

2. Bidang Kesehatan

Bidang kesehatan menjadi salah satu peluang kerja yang paling banyak dilamar oleh tenaga kerja dari Indonesia, terutama perawat. Di Jepang, ada dua jenis perawat yang sedang dibutuhkan, yakni perawat lansia dan perawat rumah sakit. 

Perawat lansia biasanya bertugas memperhatikan dan mengontrol kesehatan para lansia seperti menemani terapi hingga rutinitas minum obat. Sementara itu, perawat rumah sakit bertugas untuk merawat pasien dari semua kalangan dan semua jenis penyakit.

3. Bidang Engineer

Peluang kerja di Jepang untuk orang Indonesia selanjutnya adalah di bidang engineer. Jepang menjadi salah satu negara yang memiliki kemajuan dari sektor industri. 

Hal tersebut menyebabkan industri ini membutuhkan banyak tenaga kerja. Tenaga kerja yang dibutuhkan sudah pasti harus memahami teknik dan permesinan. 

Persyaratan yang Dibutuhkan pada Lowongan Kerja di Jepang untuk Orang Indonesia

Terdapat beberapa persyaratan yang harus kamu penuhi apabila berminat bekerja di Jepang. Berikut persyaratan umum untuk kamu yang ingin bekerja di Jepang:

1. Fasih menggunakan bahasa Jepang

Keterampilan komunikasi dalam bahasa Jepang sangat penting untuk bekerja di Jepang. Kamu bisa belajar bahasa Jepang melalui internet atau mengikuti kursus bahasa Jepang.

2. Medical check up

Persyaratan yang penting untuk kamu yang ingin bekerja di Jepang adalah melakukan medical check up karena Jepang sangat berfokus pada kesehatan fisik dan mental calon pekerja yang berasal dari luar negeri.

3. Riwayat pendidikan

Tidak ada persyaratan pendidikan tertentu yang diwajibkan untuk bekerja di Jepang, namun tingkat pendidikan berpengaruh terhadap jenis pekerjaan yang akan kamu dapat. Semakin tinggi tingkat pendidikan maka akan semakin bagus pekerjaan yang akan didapat.

Setiap pekerjaan memiliki persyaratan khusus tersendiri, jadi jangan pernah disamakan antara satu pekerjaan dengan pekerjaan yang lain. 

Tips Mendaftar Lowongan Kerja di Jepang Untuk Orang Indonesia

Apabila kamu ingin mendaftar lowongan kerja di Jepang untuk Indonesia, kamu wajib memahami bagaimana budaya kerja di Jepang. Berikut tips yang bisa kamu lakukan untuk mendaftar lowongan kerja di Jepang untuk orang Indonesia:

  1. Carilah pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan dan keahlianmu.
  2. Pelajari bahasa Jepang atau Inggris supaya mudah dalam proses wawancara.
  3. Persiapkan dokumen lamaran dengan baik.
  4. Harus mudah beradaptasi karena Jepang sangat berbeda dengan Indonesia.
  5. Percaya diri pada saat wawancara kerja.
  6. Pelajari dan Pahami budaya dan adat di Jepang.
  7. Pahami adab dan budaya kerja di Jepang.

 

Baca Juga: Ketahui Tips Kerja di Jepang Berikut Ini

 

Bagi Hunters yang ingin mendapatkan peluang kerja di Jepang untuk orang Indonesia, pahami lowongan yang tersedia dan sesuaikan dengan keahlian yang kamu miliki. 

Perlu dipersiapkan juga segala keperluan yang akan kalian gunakan untuk mendaftar lowongan tersebut seperti yang telah dijelaskan sebelumnya supaya mudah untuk melamar pekerjaan di Jepang. 

Rekomendasi Bimbingan Persiapan Kerja di Jepang 

Ingin kerja di Jepang? Yuk, konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan kerja di Jepang semakin terarah.

Butuh program lain untuk persiapan kerja di luar negeri? Cek program Work Abroad Academy dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.