Kerja di Jepang untuk Wanita: Peluang, Syarat, dan Tantangan

Ada banyak peluang kerja di Jepang untuk wanita. Sebab, di Jepang, wanita bisa mengisi kebutuhan pekerjaan di berbagai bidang. 

Lantas, peluang kerja di Jepang apa saja yang bisa diisi oleh wanita? Untuk mengetahui hal tersebut, mari simak bersama ulasannya di bawah ini!

Peluang Kerja di Jepang untuk Wanita

1. Bidang Industri Perhotelan dan Pariwisata

Peluang kerja di Jepang untuk wanita yang pertama berasal dari bidang industri perhotelan dan pariwisata. Negeri Sakura menjadi salah satu tujuan populer para wisatawan. Tak hanya wisatawan domestik, tetapi juga wisatawan mancanegara. 

Banyak sekali hotel, restoran, dan tempat wisata yang membutuhkan tenaga kerja tambahan, terutama dalam hal pelayanan terhadap wisatawan mancanegara. Ini merupakan salah satu peluang kerja di Jepang untuk wanita. Mereka dapat menjadi pemandu wisata, pelayan restoran, hingga staf hotel.

2. Bidang Kesehatan

Peluang pekerjaan di Jepang untuk wanita di bidang kesehatan terbilang cukup tinggi. Apalagi untuk seorang wanita. Di Jepang, seorang wanita bisa bekerja di bidang Kesehatan sebagai perawat. 

Di Jepang, perawat dibagi menjadi dua jenis, yakni perawat rumah sakit dan perawat lansia (caregiver). Perawat lansia di Jepang termasuk salah satu pekerjaan bergaji tinggi untuk wanita. Gaji perawat lansia di Jepang berkisar 200.000 yen hingga 600.000 yen atau setara Rp21,7 juta hingga Rp 63,6 juta per bulan.

 

Baca Juga: Simak Cara Kerja di Jepang Berikut Ini

 

3. Bidang Layanan dan Jasa

Salah satu sektor yang menawarkan peluang pekerjaan di Jepang untuk wanita adalah sektor layanan dan jasa. Wanita lulusan SMA dapat bekerja sebagai pelayan di cafe atau restoran, asisten penjualan di ritel dan toko-toko, hingga menjadi staff administrasi di sebuah perusahaan. 

Pekerjaan di sektor layanan dan jasa ini tergolong lebih fleksibel dan dapat memberikan banyak pengalaman yang penuh pembelajaran dalam melakukan interaksi dengan pelanggan.

Syarat Umum Kerja di Jepang untuk Wanita

Untuk bisa bekerja di Jepang, ada beberapa persyaratan umum yang harus disiapkan dan dipenuhi. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Mampu berkomunikasi dengan bahasa Jepang

Kemampuan berbahasa Jepang yang baik menjadi persyaratan penting kerja di Jepang untuk wanita. Keterampilan dalam berbahasa Jepang yang baik akan memudahkan komunikasi dengan partner kerja maupun atasan. 

2. Pendidikan dan keterampilan

Walaupun wanita lulusan SMA dapat menemukan peluang kerja di Jepang, pendidikan dan keterampilan yang tinggi dapat meningkatkan peluang kerja di Jepang untuk wanita.

3. Visa kerja dan izin kerja

Hunters yang ingin bekerja di Jepang harus memperoleh visa dan izin kerja yang sah dan sesuai. Adapun beberapa jenis visa kerja yang harus dipersiapkan, seperti visa kerja teknis dan visa kerja terampil.

 

Baca Juga: Simak Syarat Kerja di Jepang Berikut Ini

 

Tantangan Kerja di Jepang untuk Wanita

Walaupun banyak sekali peluang kerja di Jepang untuk wanita, ada pula beberapa tantangan yang mungkin kedepannya akan dihadapi. Tantangan tersebut, yakni perbedaan budaya kerja yang signifikan antara Indonesia dan Jepang

Jepang memiliki budaya kerja yang keras, disiplin, dan teratur. Hal tersebut tentu akan menjadi sedikit culture shock bagi para wanita yang baru pertama kali kerja di Jepang. 

Nah, itu dia, Hunters, penjelasan mengenai peluang kerja di Jepang untuk wanita. Jangan lupa dicatat, ya! Semoga bermanfaat!

Rekomendasi Bimbingan Persiapan Kerja di Jepang

Ingin kerja di Jepang? Yuk, konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan kerja di Jepang semakin terarah.

Butuh program lain untuk persiapan kerja di luar negeri? Cek program Work Abroad Academy dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.