Pahami Syarat Kerja di Jerman serta Gaji dan Budayanya

Kerja di Jerman memiliki banyak arti sehingga banyak orang yang salah memahami arti dari bekerja di Jerman. Bekerja di Jerman itu banyak jenisnya, untuk lebih jelas, mari simak penjelasan di bawah ini secara seksama agar kamu tidak salah mengartikannya.

 

Kerja di Jerman Sebagai Profesional

Kerja di Jerman sebagai profesional adalah kamu bekerja sesuai dengan latar belakang pendidikan dan keahlian yang kamu miliki dengan menggunakan visa kerja karena pendidikan dan keahlian kamu telah diakui setara dengan pendidikan dan keahlian di Jerman. Kisaram gaji mulai dari 2500–4000 per bulan, tergantung dengan profesi dan pengalaman kamu.

Persyaratan kerja di Jerman sebagai profesional

1. Lulusan Sarjana atau Diploma di Indonesia atau lulusan S1 Jerman.

2. Memiliki kemampuan bahasa Jerman level B2.

3. Untuk lulusan Indonesia, pendidikan dan keahlian kamu sudah diakui dan setara dengan pendidikan dan keahlian di Jerman. Artinya kamu sudah melakukan penyetaraan profesi atau biasa disebut Annerkenung.

 

Kerja di Jerman Dalam Rangka Proses Penyetaraan Profesi/Annerkenung

Hunters, bekerja di Jerman sesuai dengan latar belakang pendidikan dan keahlian yang kamu miliki dengan menggunakan visa kerja tetapi dalam rangka untuk memenuhi proses penyetaraan profesi karena pendidikan dan keahlian kamu tidak diakui setara dengan pendidikan dan keahlian di Jerman. Gaji mulai 1900–3000 per bulan, tergantung dengan profesi dan pengalaman kamu.

Persyaratan kerja di Jerman untuk proses penyetaraan profesi

1. Khusus untuk lulusan sarjana atau diploma di Indonesia.

2. Memiliki kemampuan bahasa Jerman level B2.

3. Memiliki pengalaman kerja yang sesuai dengan latar belakang pendidikan minimal 2 tahun.

 

Kerja di Jerman sebagai Ausbildung

Program ausbildung adalah  program pendidikan keahlian dan profesi di Jerman untuk mendapatkan keahlian dan sertifikasi keahlian. Saat Ausbildung, kamu akan dilatih dulu sampai mendapatkan keahlian yang setara dengan di Jerman. 

Di tahun ketiga Ausbildung, kamu akan menjalani Ujian Sertifikasi Keahlian yang diselenggarakan oleh negara. Jika lulus, maka akan mendapatkan Sertifikasi Keahlian yang dikeluarkan oleh pemerintah Jerman sehingga kamu dapat bekerja di Jerman. Gaji mulai 850–1300 per bulan, tergantung dengan profesi yang kamu pilih.

Persyaratan Ausbildung

1. Minimal lulusan SMA sederajat

2. Memiliki kemampuan bahasa Jerman level B1/B2.

 

Kerja di Jerman sebagai Sukarelawan (FSJ/BFD)

FSJ/BFD adalah program sukarelawan atau volunteer selama satu tahun. Program ini bukan untuk mendapatkan keahlian yang diakui di Jerman, sehingga setelah selesai program ini kamu juga tidak bisa langsung bekerja di Jerman. Untuk bisa bekerja di Jerman, kamu harus mengikuti Ausbildung terlebih dahulu. Gaji yang diberikan berkisar dari 600–700 per bulan.

Persyaratan FSJ/BFD

1. Minimal lulusan SMA sederajat dari semua jurusan

2. Memiliki kemampuan bahasa Jerman level A2/B1.

 

Baca Juga: Simak Berbagai Sertifikasi Bahasa Jerman Untuk Kerja dan Kuliah di Jerman

 

Kerja di Jerman sebagai Aupair

Aupair adalah program pertukaran budaya khusus untuk generasi muda yang belum menikah dengan usia maksimal 27 tahun. Selama Aupair, kamu akan tinggal bersama orang tua angkat di Jerman. Selain itu, kamu memiliki kesempatan untuk mempelajari budaya Jerman dan belajar bahasa Jerman. Uang saku yang diberikan mulai 200–350 per bulan. Disebut uang saku karena biaya hidup kamu sudah ditanggung oleh orang tua angkat di Jerman.

Perlu diketahui, aupair bukanlah program untuk mendapatkan keahlian yang diakui di Jerman, sehingga setelah selesai program ini kamu tidak bisa begitu saja langsung bekerja di Jerman. 

Persyaratan Aupair

1. Minimal lulusan SMA sederajat dari semua jurusan.

2. Memiliki kemampuan bahasa Jerman level A1/A2.

 

Budaya Kerja di Jerman

Orang Jerman, terkenal dengan etos kerjanya yang sangat baik. Berikut ini penjelasannya:

1. Tepat waktu

Orang Jerman terkenal dengan pribadi yang tepat waktu. Oleh karena itu, apabila kamu telat, kamu akan dianggap telah melakukan suatu dosa yang besar. Bahkan, apabila akan ada rapat pada suatu waktu, mereka sudah berkumpul di tempat rapat 5 menit sebelum rapat dimulai dan sudah bersiap-siap untuk memulainya. Hal ini tentunya bisa kamu pelajari dan tiru agar kamu menjadi seseorang yang lebih disiplin dan menghargai waktu.

2.    Selalu bekerja sama dalam tim

Selalu merasa bertanggung jawab terhadap tugas yang dimilikinya ke orang lain adalah salah satu etos kerja orang Jerman. Contohnya, apabila seorang individu tidak selesai mengerjakan tugasnya, pekerjaan tersebut akan dibagikan ke orang lain dalam timnya. Meskipun terdengar memiliki rasa solidaritas tinggi, hal ini tetap dianggap kurang etis dan tidak profesional. Sehingga, pekerja di Jerman selalu berusaha membereskan pekerjaannya sendiri agar tidak merepotkan anggota tim lainnya. 

3.    Waktu bekerja adalah untuk bekerja

Orang-orang Jerman selalu melakukan pekerjaannya ketika memang waktunya bekerja. Mereka tidak suka membuka hal-hal lain yang tidak ada hubungannya dengan pekerjaan. Sehingga, mereka jarang terdistraksi untuk melakukan hal lain yang tidak ada kaitannya dengan pekerjaan. Hal ini, tentunya adalah sesuatu yang bisa kamu tiru agar produktivitas kerja meningkat.

 

Baca Juga: Ketahui Serba-Serbi Bahasa Jerman yang Wajib Kamu Tahu!

 

Rekomendasi Bimbingan Persiapan Kerja di Jerman

Ingin kerja di Jerman? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan daftar universitasmu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan dapat kerja di Jerman? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

kerja di jerman