10 Keuntungan Kerja di Luar Negeri yang Perlu Kamu Tahu

Kerja di luar negeri merupakan impian bagi banyak orang. Sebab, orang yang bekerja di luar negeri tentu akan mendapatkan pengalaman yang berbeda dibandingkan dengan orang yang bekerja di dalam negeri. 

Selain pengalaman, orang yang bekerja di luar negeri tentunya juga akan mendapatkan beberapa keuntungan yang boleh jadi tidak akan didapatkan oleh orang yang bekerja di dalam negeri. 

Lantas, apa saja, sih, keuntungan kerja di luar negeri? Oleh karena itu, berikut ini Schoters rangkum 10 keuntungan bagi orang yang bekerja di luar negeri. Simak sampai habis, ya, Hunters!

10 Keuntungan Kerja di Luar Negeri

1. Mendapat kesempatan belajar bahasa dan budaya baru

Jika Hunters kerja di luar negeri, sudah pasti kamu harus menguasai bahasa asing dan beradaptasi dengan budaya baru. Sebagai contoh, jika Hunters kerja di Jepang, sudah pasti kamu harus menguasai bahasa Jepang sekaligus beradaptasi dengan budayanya.

Ini merupakan suatu keuntungan yang bisa Hunters dapatkan ketika kamu bekerja di luar negeri. Sebab, saat kerja di luar negeri, Hunters akan terdorong untuk belajar bahasa dan budaya di negara tempat kamu bekerja. Dengan begitu, kemampuan bahasa asing sekaligus pengetahuanmu tentang budaya luar juga bakal meningkat.

2. Mendapat kesempatan beasiswa luar negeri

Selain mendapat kesempatan untuk belajar bahasa dan budaya baru, saat kerja di luar negeri, Hunters juga bisa mendapat kesempatan untuk memperoleh beasiswa. Ini juga merupakan salah satu keuntungan yang akan Hunters dapatkan jika kamu bekerja di luar negeri.

Misalnya, ketika Hunters dapat memberikan kinerja baik saat kerja di luar negeri, perusahaan tempat Hunters bekerja bisa saja memberikanmu kesempatan untuk melanjutkan studi di kampus-kampus bergengsi. Hal itu bertujuan agar Hunters bisa memperkaya wawasan sehingga kamu bisa terus memberikan kontribusi lebih terhadap perusahaan. 

3. Mengenal work habit orang luar

Tak dapat dipungkiri, saat bekerja di luar negeri, Hunters juga harus beradaptasi dengan work habit orang luar. Sebagai contoh, orang Korea terkenal dengan kedisiplinan mereka terhadap suatu aturan. Sebab, orang Korea memang telah dididik keras untuk menjadi orang yang disiplin sejak mereka berusia kanak-kanak.

Oleh karena itu, saat bekerja di Korea, Hunters akan bertemu orang-orang yang terbiasa taat terhadap aturan. Mereka akan selalu mengerjakan tugas yang diberikan oleh atasan secara on time. Selain itu, tidak seperti di Indonesia, mereka juga tidak akan pulang sebelum jam pulang kantor berbunyi.

Hal tersebut juga merupakan salah satu keuntungan yang akan Hunters dapatkan ketika bekerja di luar negeri. Sebab, saat kerja di luar negeri, kamu bisa mengenal work habit orang luar yang tentunya bisa bermanfaat untuk mengembangkan diri, seperti halnya work habit orang Korea yang terkenal disiplin dan selalu patuh terhadap aturan yang berlaku.

 

Baca Juga: Cara Melamar Kerja di Luar Negeri

 

4. Memperluas jejaring

Salah satu keuntungan saat Hunters kerja di luar negeri adalah memperluas jejaring. Sebab, ketika Hunters bekerja di luar negeri, kamu tentunya akan berjumpa dengan orang dari berbagai latar belakang, baik latar belakang pendidikan, latar belakang profesi, ras, budaya, dan lain sebagainya.

Sebagai contoh, saat Hunters bekerja di Jerman, sudah pasti kamu akan bertemu dengan orang Jerman. Namun, saat Hunters bekerja di Jerman, kamu juga bakal punya kesempatan untuk bertemu dengan orang-orang Eropa lainnya. Sebab, ada banyak orang-orang Eropa yang bekerja di Jerman, mengingat Jerman saat ini sedang kekurangan tenaga kerja. 

5. Mendapat kesempatan karier yang lebih mudah

Umumnya, kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan di luar negeri terbilang lebih mudah. Apalagi, di negara-negara yang saat ini sedang kekurangan tenaga kerja, seperti Jerman, misalnya.

Jika Hunters melamar kerja di Jerman, tentunya peluang kamu untuk lolos sangatlah besar. Sebab, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, negara yang terletak di Eropa Barat itu saat ini sedang gencar merekrut tenaga-tenaga asing untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja dalam negeri.

6. Menambah kepercayaan diri 

Kerja di luar negeri juga bisa menambah kepercayaan diri, lho, Hunters! Sebab, ketika kamu bekerja di luar negeri, kamu akan mendapatkan pengalaman, bahasa, hingga budaya baru.

Hal tersebut juga menjadi salah satu keuntungan ketika Hunters kerja di luar negeri. Dengan bekal pengalaman, bahasa, dan budaya baru yang Hunters dapatkan selama bekerja di luar negeri, kamu jadi lebih PD saat bertemu orang baru. 

7. Meningkatkan kualitas CV 

Bekerja di luar negeri juga bisa membuat CV Hunters menjadi lebih menarik. Ini juga menjadi salah satu keuntungan jika Hunters bekerja di luar negeri. Sebab, pengalaman kerja di luar negeri akan membuat CV kamu lebih istimewa dari yang lain.

Sebagai contoh, saat melamar kerja di perusahaan lokal, rekruter tentu lebih melirik CV kandidat yang punya pengalaman kerja di luar negeri. Hal itu lantaran kandidat yang punya pengalaman kerja di luar negeri boleh jadi lebih berkualitas daripada kandidat yang hanya punya pengalaman kerja di dalam negeri.

 

Baca Juga: Info Kerja ke Luar Negeri

 

8. Peluang mendapatkan gaji yang lebih kompetitif

Umumnya, kisaran gaji karyawan di luar negeri lebih besar daripada karyawan di Indonesia. Itu terjadi lantaran negara-negara luar, terutama di Eropa, memiliki jumlah upah minimum yang lebih tinggi daripada di Indonesia.

Sebagai contoh, menurut data yang dirilis Eurostat pada 2020 lalu, upah minimum di Jerman mencapai angka 1.584 euro atau setara Rp27,4 juta per bulan. Hal ini tentu amat kontras dengan apa yang terjadi di Indonesia. Sebab, jumlah upah minimum per bulan di Indonesia tidak ada yang menyentuh angka puluhan juta rupiah.

Oleh karena itu, jika Hunters bekerja di luar negeri, kesempatan kamu untuk mendapatkan gaji yang lebih kompetitif terbuka lebar. Sebab, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, Hunters bisa mendapatkan upah minimum yang lebih besar daripada di Indonesia.

9. Mendapat kesempatan berwisata di luar negeri

Jika Hunters kerja di luar negeri, Hunters tentunya bakal punya kesempatan untuk pergi ke tempat-tempat wisata yang belum pernah kamu kunjungi sebelumnya. Ini juga menjadi salah satu keuntungan yang kamu dapatkan ketika kamu kerja di luar negeri.

Sebagai contoh, jika Hunters bekerja di Jepang, kamu mungkin bisa mengunjungi tempat-tempat wisata, seperti, misalnya, Tokyo Tower, Disneyland Jepang, Universal Studio Jepang, dan masih banyak lagi. Hal itu bisa Hunters lakukan di sela-sela kesibukanmu sebagai karyawan.

10. Menambah personal skill 

Selain menambah kepercayan diri, bekerja di luar negeri juga bisa menambah personal skill-mu, lho, Hunters! Sebab, jika kamu bekerja di luar negeri, kamu akan mendapatkan skil-skil baru.

Beberapa di antaranya, seperti, kemampuan bahasa asing, kemampuan bernegosiasi dengan orang, kemampuan membangun jejaring, dan lain sebagainya.

Keuntungan Lain Kerja di Luar Negeri

Selain itu, ketika Hunters kerja di luar negeri, kamu juga bakal mendapat kesempatan untuk bergaul dengan orang dari berbagai latar belakang dan mendapat pengalaman kerja di perusahaan internasional.

Nah, setelah mengetahui beberapa keuntungan di atas, apakah Hunters jadi tertarik untuk bekerja di luar negeri? Tulis di kolom komentar, ya!

Rekomendasi Bimbingan Persiapan Kerja di Luar Negeri

Ingin kerja di luar negeri? Yuk, konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan kerja di luar negerimu makin terarah.

Butuh program lain untuk persiapan kerja di luar negeri? Cek program Work Abroad Academy dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.