Kerja Perikanan di Korea Selatan: Gaji hingga Persyaratannya

Kerja perikanan di Korea Selatan bisa menjadi pilihan karier yang layak Hunters pertimbangakan. Sebab, sektor perikanan dan kelautan di Korea rupanya amat berkembang. Sektor tersebut menjadi salah satu penyumbang terbesar pendapatan nasional di Korea.

Dilansir laman Statista, pada 2024 ini, pendapatan nasional yang diterima dari hasil sektor industri perikanan dan kelautan di Korea mencapai angka 14,68 miliar dolar Amerika Serikat atau setara Rp237 triliun. Oleh karena itu, tak ayal jika kerja perikanan di Korea menjadi salah satu pilihan karier yang layak Hunters pertimbangakan.

Gaji Kerja Perikanan di Korea

Jika Hunters kerja perikanan di Korea, kamu juga akan mendapatkan gaji yang cukup tinggi. Sebab, rata-rata gaji per bulan pekerja perikanan di Korea rupanya lebih tinggi daripada pekerja perikanan di Indonesia. 

Tercatat, jika Hunters kerja di sektor perikanan di Korea pada 2024 ini, kamu akan mendapatkan gaji sebesar 1.100.00 KRW hingga 4.690.000 KRW per bulan. Jika dikonversi ke dalam kurs rupiah, jumlah gaji tersebut setara dengan Rp12,9 juta hingga Rp55,9 juta per bulan. Cukup tinggi, bukan?

 

Baca Juga: Info Lengkap Kerja Pertanian di Jepang

 

Jenis Kerja Perikanan di Korea

Ada beberapa jenis kerja perikanan di Korea yang perlu Hunter ketahui. Sebab, jenis kerja di sektor perikanan di Korea ternyata sangat luas.

Dengan kata lain, jika Hunters bekerja di sektor perikanan di Korea, kamu tidak akan hanya mengerjakan hal-hal yang berkaitan dengan pembudidayaan atau penangkapan ikan saja, tetapi juga mengerjakan hal-hal yang berkaitan dengan manajemen perikanan. 

Adapun jenis kerja di sektor perikanan di Korea Selatan, antara lain, sebagai berikut:

  1. Fish Hatchery Technician;
  2. Mariculture Specialist;
  3. Seaweed Farmer;
  4. Commercial Fisherman;
  5. Fishery management;
  6. Fish Farm Manager;
  7. Fisheries Observer;
  8. Seafood Processor.

 

Syarat Kerja di Sektor Perikanan di Korea

Jika Hunters ingin kerja perikanan di Korea, tentunya, ada beberapa persyaratan yang harus kamu penuhi. Adapun persyaratan yang harus dipenuhi, antara lain, sebagai berikut:

  1. Sertifikat bahasa TOPIK minimal level 2;
  2. Visa kerja Korea;
  3. Surat catatan kriminal (SKCK);
  4. Ijazah pendidikan terakhir;
  5. Dan dokumen pendukung lainnya.

 

Baca Juga: Info Lengkap Kerja Perikanan di Jepang

 

Keuntungan Kerja Perikanan di Korea

Selain mendapatkan gaji yang lumayan tinggi, Hunters juga bisa mendapatkan keuntungan lain saat kamu bekerja di sektor perikanan di Korea. Salah satu keuntungan yang bakal kamu dapatkan adalah mengenal bagaimana ilmu pengelolaan dan pembudidayaan perikanan di Korea.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, sektor perikanan di Korea Selatan sangatlah maju. Hal tersebut disebabkan oleh penggunaan teknologi perikanan di Korea yang tepat guna dan tepat sasaran. Selain itu, keuntungan lain yang bisa Hunters dapatkan adalah bisa mengenal budaya kerja perikanan di Korea yang sudah amat modern. Hal tersebut dibuktikan dengan menjamurnya startup di bidang akuakultur.

Beberapa di antaranya, seperti Meatbox, Ice & V, JJ & Company, Nemo, Sanho Ocean Tech, Tidepool, dan masih banyak lagi. Startup-startup tersebutlah yang juga membantu industri perikanan di Korea untuk menghasilkan produksi perikanan yang berkualitas tinggi.

Nah, itu dia, Hunters, informasi lengkap mengenai kerja perikanan di Korea. Jadi, apakah kamu tertarik bekerja di sektor perikanan dan kelautan di Korea Selatan?

Rekomendasi Bimbingan Persiapan Kerja di Korea Selatan

Ingin kerja perikanan di Korea? Yuk, konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan kerja di luar negerimu makin terarah.

Butuh program lain untuk persiapan kerja di luar negeri? Cek program Work Abroad Academy dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.