Peluang Kerja Pertanian di Jerman, Apa Saja?

Kerja pertanian di Jerman bisa menjadi pilihan menarik bagi para jobseeker di Indonesia. Sebab, Hunters akan mendapatkan gaji yang terbilang tinggi jika kamu bekerja di sektor pertanian di Jerman. 

Hal tersebut lantaran sektor pertanian di Jerman ternyata sangat maju. Mereka memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk menghasilkan produk pertanian yang berkualitas tinggi, baik untuk kebutuhan konsumsi dalam negeri maupun untuk kebutuhan ekspor.

Sebagai negara dengan sektor pertanian yang maju, Jerman menjadi negara yang paling diandalkan soal ekspor pertanian bagi seluruh negara dunia. Menurut International Trade Administration, pada 2021, negara yang berbentuk kerajaan ini menjadi negara pengekspor hasil pertanian terbesar ke-3 di dunia sesudah China dan Amerika Serikat (AS). 

 

Baca Juga: Peluang Kerja Pertanian di Korea

 

Macam-macam Hasil Pertanian di Jerman

Berbicara hasil pertanian, Jerman memiliki beberapa komoditas andalan yang biasa mereka produksi. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut: 

1. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan menjadi salah satu komoditas andalan pertanian di Jerman. Jenis kacang yang biasa diproduksi, antara lain, seperti kacang almond, kacang pistachios, kacang pecans kacang hazelnuts, dan kacang walnuts. Biasanya, Jerman mengekspor kacang-kacangan tersebut ke Turki dan AS.

2. Buah-buahan

Selain kacang-kacangan, buah-buahan juga menjadi salah satu komoditas andalan pertanian di Jerman. Menurut Food Agricultural Organization, beberapa jenis buah yang biasa diproduksi, antara lain, apel, anggur merah, stroberi, ceri, semangka, pome, alpukat, dan masih banyak lagi.  

3. Sayur-sayuran

Pertanian di Jerman juga menghasilkan produksi sayur-sayuran. Beberapa di antaranya, seperti Brokoli, Bayam, Kubis, Seladan, Ketimun, dan lain sebagainya. 

4. Sereal

Lebih lanjut, pertanian di Jerman juga menghasilkan produksi sereal. Sebab, sereal merupakan salah satu hasil pertanian utama di Jerman. Beberapa jenis sereal yang paling sering diproduksi, yakni Kacang Hijau, Barley, Rye, Gandum, dan Gandum Hitam,  

5. Susu

Susu merupakan hasil dari subsektor pertanian, yakni peternakan. Susu juga menjadi salah satu hasil pertanian di Jerman. Beberapa olahan susu yang menjadi produksi andalan pertanian di Jerman adalah mentega, yogurt, dan keju. 

Jenis Kerja Pertanian di Jerman

Setelah membahas berbagai hal mengenai pertanian di Jerman, pada bagian ini, Schoters akan menjelaskan jenis pekerjaan pertanian di Jerman yang bisa Hunters coba. 

Informasi ini penting diketahui bagi kamu yang ingin bekerja di bidang pertanian di Jerman. Adapun jenis-jenis kerja pertanian di Jerman adalah sebagai berikut:

  1. Agronomist;
  2. Agricultural Salesperson;
  3. Agricultural Inspector;
  4. Agricultural Observer;
  5. Agricultural Laborer;
  6. Farm Worker;
  7. Horticulturist;
  8. Plant Breeder;

 

Gaji Kerja Pertanian di Jerman

Jika Hunters bekerja di bidang pertanian di Jerman, kamu akan mendapatkan gaji yang cukup tinggi. Dilansir laman Glassdoor, rata-rata gaji per bulan seorang pekerja pertanian mencapai angka 2000 euro atau setara dengan Rp34 juta. Cukup tinggi, bukan? 

 

Baca Juga: Peluang Kerja Pertanian di Jepang

 

Cara Kerja Pertanian di Jerman Lewat Program Ausbildung

Jika Hunters ingin kerja di bidang pertanian di Jerman, kamu bisa mengikuti program Ausbildung Farmer. Ausbildung Farmer sendiri merupakan sebuah program pelatihan vokasional di bidang pertanian dari pemerintah Jerman yang berdurasi selama 2,5 hingga 3 tahun.

Setelah lulus dari program ini, Hunters bisa langsung bekerja di bidang pertanian di Jerman atau di negara-negara Eropa lainnya. Oleh karena itu, program Ausbildung Farmer ini sangat direkomendasikan bagi Hunters yang ingin kerja pertanian di Jerman.

Adapun syarat-syarat yang harus Hunters penuhi jika kamu ingin mengikuti program Ausbildung Farmer adalah sebagai berikut:

  1. Sertifikat kompetensi bahasa Jerman B1 atau B2 dari Goethe Institute.
  2. Motivation letter yang ditulis dengan bahasa Jerman.
  3. CV yang ditulis dengan bahasa Jerman.
  4. Surat lamaran yang ditulis dalam bahasa Jerman.
  5. Ijazah pendidikan terakhir dan transkrip nilai yang diterjemahkan ke dalam bahasa Jerman oleh penerjemah tersumpah.

 

Nah itu dia, Hunters, info lengkap mengenai kerja pertanian di Jerman. Jadi, apakah kamu tertarik bekerja di bidang pertanian di Jerman?

Rekomendasi Bimbingan Persiapan Pertanian Kerja di Jerman

Ingin kerja pertanian di Jerman? Yuk, konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan kerja di luar negerimu makin terarah.

Butuh program lain untuk persiapan kerja di luar negeri? Cek program Work Abroad Academy dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.