Kerja Restoran di Jepang: Banyak Keuntungan dan Gaji Tinggi!

Negara Jepang tidak hanya menarik dari segi wisata, tetapi juga memiliki daya tarik tersendiri di bidang kuliner makanan. Ketika berlibur atau pergi ke Jepang, mencoba makan di restoran-restoran Jepang menjadi suatu keharusan dan daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Artikel ini akan membahas informasi penting tentang kerja restoran di Jepang, mulai dari keuntungan, persyaratan umum, hingga bidang kerja restoran di Jepang.

 

A. Keuntungan kerja restoran di Jepang

1. Gaji yang tinggi

Saat bekerja di negara Sakura, para pekerja akan mendapatkan gaji yang tinggi, yaitu berkisar antara Rp15,000,000 sampai Rp30,000,000 per bulan. Besaran gaji yang didapatkan saat bekerja di restoran Jepang tergantung pada wilayah tempat bekerja, jam kerja, dan shift kerja.

2. Meningkatkan kemampuan berbahasa Jepang

Bekerja di restoran Jepang akan membuat Hunters semakin mahir berbahasa Jepang karena akan bertemu dengan ratusan pelanggan setiap harinya. Oleh karena itu, bidang kerja sebagai pelayan restoran dapat menjadi pilihan yang tepat bagi Hunters yang ingin semakin mahir berbahasa Jepang.

3. Mempelajari keramahan pelayan Jepang

Jepang terkenal dengan pelayanan restorannya yang baik dan juga keramahan para pelayan Jepang. Para pekerja di restoran Jepang akan menyapa dan mengucapkan salam dengan ramah kepada setiap orang yang datang ke tempat usaha mereka. Oleh karena itu, memiliki kemahiran berbahasa Jepang menjadi syarat utama untuk bisa bekerja di bidang ini.

 

B. Persyaratan umum

1. Pria maupun wanita diperbolehkan mendaftar.

2. Pendaftar berusia minimal 18 tahun.

3. Tinggi dan berat badan proporsional.

4. Pendidikan minimal SMA/SMK/Paket C.

5. Tidak memiliki riwayat penyakit jantung,TBC, dan patah tulang.

6. Memiliki sertifikat mahir bahasa Jepang minimal di level JLPT N4 atau JFT A2 atau NAT level 4.

7. Memiliki sertifikat kemampuan Food Service Industry Skills Proficiency Test.

 

Baca Juga : Kerja di Pabrik Pengolahan Makanan di Jepang dengan Gaji yang Tinggi

 

C. Bidang kerja restoran di Jepang

1. Pelayan restoran

Jepang terkenal dengan pelayanan yang sopan santun karena semangat Omotenashi orang Jepang. Dengan bekerja di bidang ini, Hunters akan mempelajari bagaimana cara orang Jepang melayani pelanggan, mulai dari menyapa, menerima pesanan, dan menyajikannya.

2. Staff dapur

Staff dapur di restoran Jepang dituntut untuk bekerja dengan cepat agar bisa menyajikan makanan secara cepat dan tepat. Dengan bekerja di bidang ini, Hunters akan mempelajari bagaimana efisiensi waktu dan pengalaman yang didapat akan berguna saat ingin membuka restoran sendiri.

3. Jasa pengantaran makanan

Seperti halnya di Indonesia, orang Jepang juga banyak menggunakan layanan pengantaran makanan online. Karena tingginya peminat jasa makanan online di Jepang, saat ini Jepang banyak membuka restoran khusus pengantaran online atau tidak menyediakan layanan makan di tempat. Oleh karena itu, pekerja di posisi bidang pekerjaan ini sangat diperlukan.

 

Rekomendasi bimbingan persiapan kerja restoran di Jepang

Ingin lolos kerja restoran di Jepang? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan kerja di luar negerimu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan kerja di luar negeri? Cek program Work Abroad Academy dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.